Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Kekhasan bangsa indonesia

  • Als Erste(r) kommentieren

Kekhasan bangsa indonesia

  1. 1. BANGGA SEBAGAIBANGSA INDONESIA TRIANY SYAFRILIA 2EA21 19210684 UNIVERSITAS GUNADARMA
  2. 2. KATA PENGANTAR P u j i d a n s yu k u r k i t a p a n j a t k a n k e h a d i r a t A l l a h S W T ,k a r e n a dengan limpahan karunia dan nikmat-Nya saya dapatmenyelesaikan makalah ini. Tak lupa shalawat serta salam semoga tetap tercurahp a d a N a b i a k h i r z a m a n Muhammad SAW, kepada paraS a h a b a t n ya , k e l u a r g a , s e r t a s a m p a i k e p a d a k i t a selaku umatnya.Amin. Makalah bertema “Wawasan Nusantara ” ini kami buat untuk memenuhitugas SoftSkill yang diberikan dosen mata kuliah “PendidikanKewarganegaraaan”. Dan semoga, selain memenuhi tugas tersebut,makalah ini dapat bermanfaat bagi khalayak pembaca pada umumnya dan sayakhususnya. Kritik dan saran sangat saya harapkan dalam upaya perbaikandalam m e m b u a t m a k a l a h . K a r e n a s a n g a t s a ya s a d a r i p e m b u a t a nm a k a l a h i n i m a s i h b a n ya k kekurangan. Bekasi, Mei 2012 Triany Syafrilia
  3. 3. BAB IIA. Kekhasan Bangsa Indonesia .................................................................................1 1. Kebhinnekaan dan Keberagaman ...................................................................1 2. Kekayaan Alam ..............................................................................................4 3. Bangsa Ramah dan Suka Gotong Royong .....................................................5B. Rasa Bangga sebagai Anak Indonesia..................................................................6 1. Mau Belajar dan Bekerja Keras .....................................................................6 2. Bersikap Terpuji .............................................................................................7C. Kesimpulan..........................................................................................................11
  4. 4. A. Kekhasan Bangsa Indonesia Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang istimewa dan unik. Keunikan dan keistimewaan Indonesia terletak pada kekayaan dan keanekaragaman yang dimilikinya, baik berupa budaya, alam, maupun sikap masyarakatnya yang terkenal ramah. 1. Kebhinnekaan dan Keberagaman Bangsa Indonesia memiliki semboyan atau moto "Bhinneka Tunggal Ika". Semboyan ini diambil dari kalimat dalam kitab Sutasoma karya Mpu Tantular. Bhinneka Tunggal Ika bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu. Artinya, meskipun bangsa Indonesia memiliki perbedaan dalam asal suku bangsa dan budaya serta adat istiadat, tetapi mereka tetap satu juga, yakni bangsa Indonesia. Banyaknya suku bangsa dan budaya tidak membuat bangsa Indonesia terpecah. Bahkan keanekaragaman itu menjadikan setiap suku bangsa yang ada menyadari akan kelebihan dan kelemahannya. a. Suku Bangsa Suku bangsa adalah kesatuan manusia atau masyarakat yang tinggal dan berdiam dalam suatu wilayah tertentu. Bangsa Indonesia terbentuk dari berbagai kelompok suku yang ada di seluruh Nusantara. Sukusuku itu terbentang dari provinsi paling Barat, yaitu Nanggroe Aceh Darussalam hingga wilayah paling timur, yakni Papua. Beberapa suku bangsa yang ada di tanah air itu antara lain adalah suku bangsa Batak, Minangkabau, Jawa, Sunda, Betawi, Madura, Minahasa, Bugis, Dayak, Asmat, dan Dani. Suku-suku bangsa itu hidup di tengah-tengah masyarakat pada umumnya. Mereka menjalankan kehidupan dengan berbagai macam ragam profesi. Ada yang menjadi petani, pedagang, nelayan, dokter, dan tentara. Meski profesi mereka berbeda-beda, namun semua itu tidak menghalangi mereka untuk mengabdi kepada tanah air tercinta, yakni Indonesia.
  5. 5. Selain suku bangsa di atas, ada pula suku bangsa yang terkenal karena keunikannya. Suku bangsa itu antara lain adalah suku bangsa Anak Dalam dan Baduy. Kedua suku bangsa itu dianggap unik karena masih tinggal di pedalaman yang terpencil dan hidup secara sederhana. Mereka masih mempertahankan budayanya secara kuat. Kedua suku bangsa itu hidup dari hasil tanah dan hutan tempat mereka tinggal. Persebaran Suku Bangsa di Indonesia Daerah Suku Bangsa Nangroe Aceh Darussalam Aceh, Gayo, Anak Jame Sumatera Utara Karo, Mandailing, Toba Sumatera Barat Minangkabau, Mentawai Riau Melayu, Sakai Jambi Melayu, Kerinci Bengkulu Enggano, Rejang Sumatra Selatan Musi, Semende, Anak Dalam Lampung Abung, Pesisir, Pubian Jawa Barat Sunda, Baduy Banten Banten DKI Jakarta Betawi Jawa Tengah Jawa Yogyakarta Jawa Jawa Timur Jawa, Madura, Tengger Bali Bali Nusa Tenggara Barat Sasak, Sumba, Dompu Nusa Tenggara Timur Rote, Alor, Ende Kalimantan Barat Melayu, Kayau, Manyuke Kalimantan Timur Dayak, Punan, Ngaju Kalimantan Tengah Kapuas, Ngaju Kalimantan Selatan Aba, Bukit, Dusun Deyah Sulawesi Utara Minahasa, Gorontalo, Sangir Sulawesi Tengah Toll-Toll, Banggal, Buol Bugis, Sulawesi Selatar Makasar, Toraja Mapute, Tolawu, Selawesi Tenggara Tolaki Ambon, Tidore, Ternate Maluku Asmat, Dani Papuab. Budaya Daerah Banyaknya suku bangsa pang hidup di Indonesia membuat budayayang ada di tanah air juga menjadi beraneka ragam. Setiap suku bangsadan daerah memiliki budayanya masing-masing.. Budaya suku bangsa itutumbuh dan berkembang kaena dipelihara oleh masing-masing sukubangsa testebut.
  6. 6. Budaya suku bangsa yang ada di tanah air meliputi bahasa, senitari, musik, cara berpakaian, dan makanan. Bahasa daerah menjadikekayaan tersendiri yang dapat dibanggakan oleh setiap suku bangsakarena antarsatu wilayah atau daerah saja kadang memiliki bahasa yangberbeda. Tidak heran jika bangsa lain di dunia mengakui kekayaan bahasadi Indonesia. Setiap daerah mempunyai upacara adat masing-masing, misalnyadalam hal perkawinan. Mulai dari acara melamar sampai dengan pestaperkawinan sangat banyak acara adat yang sangat menarik dan unik. Tari-tarian daerah juga sangat beragam. Semua daerah mempunyai tariandaerah masing-masing. Di bidang pakaian, warisan budaya yang terkenal di seluruh duniaadalah kerajinan batik. Beberapa daerah yang terkenal akan industri batikmeliputi Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan. Busana asli suku bangsa yang ada di Indonesia dari Sabang sampaiMerauke memang berbeda, tetapi sekaligus menjadi ciri bagi masing-masing daerah. Seni musik tradisional di Indonesia amat beragam. Setiap provinsidi Indonesia memiliki musik tradisional dengan ciri khasnya masing-masing. Musik tradisional dikenal oleh semua rakyat Indonesia bahkanhingga ke mancanegara. Rumah adat di setiap daerah menjadi ciri khas daerah tersebut.Adakah persamaan dan perbedaan rumah adat yang ada di Indonesia? Jikakamu teliti memerhatikan pasti ada persamaan dan perbedaan. Jika kamuingin mengetahui rumah adat di Indonesia, sekali-kali kunjungilah TamanMini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta. Di sana kamu akan mendapatkansegala hal mengenai rumah adat di Indonesia.
  7. 7. Daerah dan Rumah Adat di Indonesia Daerah Rumah Adat Nangroe Aceh Darussalam Rumah gayo Sumatera Utara Balai batak toba Sumatera Barat Rumah gadang Riau Rumah melayu Jambi Rumah panggung Bengkulu Bumbungan lima Sumatra Selatan Limas Lampung Nuwo sesat Jawa Barat Kasepuhan DKI Jakarta Kebaya Jawa Tengah Joglo Yogyakarta Joglo Jawa Timur Situbondo Bali Gapura candi bentar Nusa Tenggara Barat Dalam loka samawa Nusa Tenggara Timur Wogo Kalimantan Barat Rumah panjang Kalimantan Timur Rumah lamin Kalimantan Tengah Rumah bentang Kalimantan Selatan Rumah banjar Sulawesi Utara Rumah bolaang mongondaw Sulawesi Tengah Rumah souraja Sulawesi Selatan Rumah tongkonan Selawesi Tenggara Laikas Maluku Baileo Papua Honai2. Kekayaan Alam Bangsa Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, baik berupa flora, fauna, maupun barang-barang tambang. Flora atau dunia tumbuhan di Indonesia menghasilkan tanaman padi, teh, kopi, rempah- rempah, dan karet serta hasil hutan seperti kayu dan rotan. Tanaman- tanaman itu menjadi sumber kekayaan bagi negara. Fauna atau dunia hewan di tanah air menghasilkan berbagai macam hewan asli Indonesia. Anoa, komodo, harimau, burung cenderawasih, dan badak, merupakan sebagian di antaranya. Hewan-hewan itu menjadi bahan penelitian bagi ilmuwan di tanah air dan asing. Hewan-hewan itu juga menjadi kekayaan bangsa yang mendatangkan banyak wisatawan asing. Kunjungan wisatawan itu menghasilkan pendapatan bagi negara.
  8. 8. Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar. Tanah di Indonesia menghasilkan berbagai macam barang tambang, seperti minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, dan emas. Indonesia bahkan menjadi negara pengekspor gas alam terbesr kedua di dunia. Bahan tambang itu diperoleh dengan cara pengeboran. Bahan Tambang di Indonesia Daerah Bahan Tambang Pulau Buton Aspal Bukit Asam Batu bara Riau Bauksit Padalarang, Cibinong Batu kapur Arun Gas alam Cilacap, Cepu, Dumai Minyak bumi Sumatra Selatan Limas Yogyakarta Mangan Muntok, Singkep Timah Tembagapura, Meulaboh Emas3. Bangsa Ramah dan Suka Gotong Royong Keramahantamahan merupakan sifat dan watak bangsa Indonesia. Sifat dan watak ini dianggap menjadi akar dari bangsa Indonesia. Bukan bangsa Indonesia bila tidak mempunyai sikap ramah. Karena itu, sikap ramah ini sepatutnya menjadi kebanggaan bagi bangsa. Keramahtamahan memiliki manfaat ganda. Sikap ramah akan membuat hubungan antar kelompok di dalam masyarakat selalu rukun dan menunjukkan sikap kasih sayang. Selain itu, dalam hubungan dengan bangsa luar, sikap ramah akan memperkuat citra positif bangsa Indonesia di mata dunia internasional. Beberapa sikap ramah yang dapat ditunjukkan antara lain sebagai berikut. a. Suka menegur dan menyapa orang lain. b. Tidak gampang curiga dan menaruh prasangka. c. Berusaha untuk selalu menebar senyum. d. Menolong orang yang kesusahan. e. Tidak pelit dan selalu mau berbagi. Tidak hanya ramah yang menjadi sifat dan watak bangsa Indonesia. Gotong royong juga merupakan watak asli bangsa Indonesia pada umumnya. Apa yang terjadi jika pada masa kemerdekaan bangsa Indonesia enggan untuk bergotong royong dalam melawan penjajah? Pasti bangsa Indonesia sulit untuk merdeka.
  9. 9. Dengan gotong royong, bangsa Indonesia dapat menjaga kerukunan antarkelompok masyarakat. Gotong royong juga akan memperkuat budaya asah, asih, dan asuh di tengah masyarakat. Kesenjangan antar masyarakat secara perlahan dapat terkikis dengan budaya gotong royong. Orang yang kuat berusaha membantu orang yang lemah. Orang yang lemah tidak segan untuk menerima bantuan orang yang kuat. Sikap apakah yang dapat ditampilkan dalam budaya gotong royong di tengah masyarakat? Ada beberapa sikap kegiatan yang dapat dilakukan sebagai wujud gotong royong, yakni sebagai berikut. a. Bekerja bakti membenahi sarana lingkungan, seperti saluran air atau got. b. Mengeluarkan dana untuk membangun jalan-jalan di sekitar. c. Bekerja sama dalam menolong orang-orang atau warga masyarakat yang mengalami penderitaan akibat bencana alam atau kemiskinan.B. Rasa Bangga sebagai Anak Indonesia Sebagai warga negara Indonesia, kita sepatutnya bangga sebagai bangsa Indonesia. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia tersebut harus ditunjukkan dengan perilaku yang positif. Perilaku positif sebagai wujud dan bentuk kebanggaan itu antara lain adalah mau belajar dan bekerja keras, bersikap terpuji, serta siap memenuhi panggilan bangsa. Bangga dengan alamnya yang indah, budaya yang unik, dan keramahan orang Indonesia saja tidak cukup. Kita harus berusaha keras untuk memajukan negeri kita, supaya bangsa kita bisa maju dan disegani bangsa lain. 1. Mau Belajar dan Bekerja Keras Apakah yang dapat kita lakukan sebagai pelajar dalam menampilkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia? Banyak sekali! Pernahkah kamu dengar para pelajar Indonesia yang berhasil dalam ajang Olimpiade Fisika di tingkat dunia? Tidak hanya membawa medali emas bagi dirinya sendiri, tapi mereka juga berhasil mengibarkan sang merah putih di tingkat dunia. Mereka memang pelajar. Namun, apa yang mereka lakukan tidak jauh dengan apa yang dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan. Mereka adalah pelajar yang penuh semangat dan tidak mudah menyerah.
  10. 10. Hal yang sangat penting yang dapat dilakukan para pelajar untuk mewujudkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia adalah bekerja keras dan belajar keras. Dengan bekerja dan belajar keras, kita akan menjadi generasi yang tangguh, terampil, dan teruji. Segala cobaan dan tantangan tidak membuat kita mudah menyerah. Kalaupun kalah, kekalahan itu akan menjadi cambuk bagi kita untuk maju dan menjadi yang terbaik. Indonesia hanya bisa maju bila generasi yang mewarisinya adalah para pelajar yang penuh semangat dan mau bekerja keras. Para pelajar yang lemah dan malas akan tersingkir. Mereka tidak akan kuat menghadapi persaingan dengan masyarakat atau bangsa lain. Hanya pelajar yang tangguh yang akan mampu menjadi generasi penerus di negeri ini2. Bersikap Terpuji Apakah sikap terpuji itu? Pernahkah kamu melakukan sikap dan perbuatan yang terpuji? Bagaimanakah tanggapan orang lain saat kamu melakukan perbuatan terpuji? Sikap terpuji merupakan sikap yang menampilkan wujud dan pancaran kebenaran hati nurani. Sikap terpuji banyak macamnya. Kasih sayang terhadap orang tua, jujur dan bersikap apa adanya, tidak sombong, suka menolong, lembut terhadap yang lemah, menghormati dan menghargai orang yang lebih tua, merupakan sebagian dari sifat terpuji. Sikap dan perbuatan terpuji dapat dilakukan di mana saja. Di rumah, sekolah, atau lingkungan masyarakat merupakan tempat yang cocok bagi kita untuk melakukan sikap terpuji. Di rumah kita bisa menghargai dan menghormati ayah dan ibu. Kita juga rukun dengan saudara atau kerabat. Di sekolah kita tidak suka mengancam teman sendiri. Dengan teman, kita menunjukkan sikap bersahabat. Di lingkungan masyarakat, kita bersikap ramah dan bergaul dengan siapa saja. Jika semua pelajar yang ada di Indonesia cinta terhadap sikap dan perbuatan terpuji, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar. Hal ini dikarenakan masing-masing pribadi berusaha menjaga sikapnya di hadapan orang lain. Mereka tidak puas jika belum menunjukkan sikap terpuji sebagai wujud kecintaan terhadap bangsa dan negara.
  11. 11. Selain di bidang olahraga, ada juga pelajar yang mengharumkannama bangsa di bidang ilmu pengetahuan. Misalnya, beberapa pelajarpernah menjadi wakil bangsa Indonesia untuk mengikuti olimpiade fisikadan olimpiade matematika. Pada ajang tingkat internasional itu, merekameraih juara. Kamu pun bisa seperti mereka. Kamu bisa menjadi wakil bangsaIndonesia untuk tampil di dunia internasional. Syaratnya, kamu harus rajinbelajar dan banyak membaca buku. Jika kita seorang olahragawan, kita siap untuk bertarung menge-luarkan segala tenaga di berbagai turnamen. Apabila kita pelajar yangberprestasi, kemampuan dalam ilmu pengetahuan itu harus dikeluarkandemi keharuman nama bangsa dan negara. Bagaimana kalau kita tidak memiliki kemampuan apa-apa? Apayang dapat kita sumbangkan kepada bangsa dan negara? Setiap orang pastipunya kemampuan. Setiap orang bisa memberikan apa yang ada padadirinya terhadap negara. Hanya kadangkala ada orang yang belum dapatmenemukan bakat dan kemampuannya. Karena itu, sikap yang paling bijakadalah berusaha untuk menemukan dan mengembangkan bakat itu untukdisumbangkan kepada negara.
  12. 12. Kesimpulan1. Masyarakat Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa, bahasa, dan budaya.2. Tanah Indonesia memiliki kekayaan yang berlimpah, baik flora, fauna, maupun barang-barang tambang.3. Sikap ramah sebagai bangsa Indonesia dapat ditunjukkan dengan sikap belajar dan bekerja keras, bersikap terpuji, dan siap memenuhi panggilan negara.

    Als Erste(r) kommentieren

    Loggen Sie sich ein, um Kommentare anzuzeigen.

  • SriCatur

    Dec. 3, 2017

Aufrufe

Aufrufe insgesamt

11.223

Auf Slideshare

0

Aus Einbettungen

0

Anzahl der Einbettungen

2

Befehle

Downloads

59

Geteilt

0

Kommentare

0

Likes

1

×