Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Die SlideShare-Präsentation wird heruntergeladen. ×

Management Resto Bar Term 10 Memahami tentang Bartending.pptx

Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Wird geladen in …3
×

Hier ansehen

1 von 21 Anzeige

Weitere Verwandte Inhalte

Weitere von Hospitality Industry (20)

Aktuellste (20)

Anzeige

Management Resto Bar Term 10 Memahami tentang Bartending.pptx

  1. 1. Manajemen Restoran & Bar Term -10 Memahami tentang Bartending Compiled by Saeful Anwar
  2. 2. Materi Pembelajaran 1. Pengertian Bartender 2. Job Desk Bartender 3. Bartender Karir
  3. 3. Bartender Adalah… Dalam bahasa Inggris, bartender punya arti yang beragam. Bisa disebut dengan, barman, barkeep, barmaid, barkeeper, barperson, dan bar attendant sedangkan bahasa Indonesia bartender artinya pramutama bar. Bartender adalah orang yang bertugas meracik dan menyajikan minuman beralkohol kepada tamu sebuah bar. Tidak hanya meracik, sorang Bartender/ pramutama bar diharapkan dapat menciptakan resep minuman baru. Dengan harapan, sebuah bar dapat memiliki ciri khas yang akan menarik pelanggan lebih banyak, dan menjadi pelanggan tetap bar tersebut. Dalam praktiknya, beberapa barman melakukan aksi dan pertunjukan ketika meracik minuman. Aksinya ini juga akan memikat pembeli, dan salah satu hiburan yang menarik bagi para pelanggan.
  4. 4. Job Deskn Bartender Adalah… Ada beberapa tugas pokok seorang barman yang perlu diketahui. 1. Menyajikan minuman kepada tamu, baik minuman beralkohol maupun non alkohol. 2. Menciptakan resep baru berikut dengan kisaran harga yang cocok untuk minuman yang dibuatnya. 3. Berinteraksi dengan pelanggan, menerima pesanan, dan menyajikan makanan ringan apabila diperlukan. 4. Memahami apa yang diinginkan pelanggan, dan memberikan rekomendasi menu. Hal ini menjadi penting, karena tidak semua pelanggan yang datang adalah pelanggan lama. Tawarkan minuman sesuai dengan suasana hati pelanggan. 5. Melakukan perhitungan stock bahan, dan memastikan ketersediaan bahan. 6. Membersihkan peralatan sebelum dan sesudah bar dibuka. 7. Kadang kala bertindak sebagai kasir langsung, untuk ukuran bar yang minimalis.
  5. 5. Syarat Menjadi Bartender Syarat Menjadi Bartender adalah 1. Berlatar belakang ilmu managemen perhotelan. 2. Memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam meracik minuman. 3. Berpenampilan menarik, rapi, dan sehat. Karena bartender biasanya bekerja dalam posisi berdiri mulai dari 8-10 jam per hari. 4. Menguasai kemampuan mixology minuman 5. Kemampuan untuk melayani pelanggan 6. Memiliki kemampuan management persedian bahan. 7. Memiliki attitude yang baik. 8. Penguasaan bahasa asing (Inggris).
  6. 6. Peralatan Bartender
  7. 7. Peralatan Bartender 1. Cocktail Shaker, Jigger Cup, & Cocktail Strainer Alat yang digunakan pramutama bar untuk shaking atau mengocok minuman. Terdiri dari tiga bagian, yaitu shaker, penyaring (stainer) dan sloki takar (jigger cup).
  8. 8. Peralatan Bartender 2. Mixer Glass & Long Bar Spoon Gelas besar untuk mengaduk minuman campuran tanpa juice, syrup, atau cream (cukup diaduk saja). Biasanya digunakan untuk membuat campuran wiski. Sendok panjang untuk men-stir atau mengaduk minuman campuran, yang kadang-kadang juga digunakan sebagai alat untuk menakar.
  9. 9. Peralatan Bartender 3. Bottle Opener Alat untuk membuka tutup botol minuman yang terbuat dari kaleng, seperti bir, coca cola, soda, fanta, sprite, dan sebagainya.
  10. 10. Peralatan Bartender 4. Corck Screw Alat untuk membuka tutup botol yang terbuat dari gabus, misalnya botol anggur. Alat ini ada beberapa macam tipe. Pada gambar di atas, cork dapat digunakan untuk membuka botol pada umumnya. Dan screw yang bawah digunakan untuk membutka botol wine.
  11. 11. Peralatan Bartender 5. Cutting Board & Bar Knife Alat untuk memotong buah – buahan, orange, lemon, dan sebagainya. Ada yang terbuat dari kayu dan ada pula yang terbuat dari plastik.
  12. 12. Peralatan Bartender 6. Orange Squeezer Alat ini digunakan untuk memeras lemon, lime, orange, dan sebagainya.
  13. 13. Peralatan Bartender 7. Cocktail Glass Digunakan untuk menuangkan coctail dan menyajikannya kepada pelanggan.
  14. 14. Peralatan Bartender 8. Champagne Glass Gelas yang digunakan untuk menyajikan minuman jenis champagne.
  15. 15. Peralatan Bartender 9. Wine Glass Gelas yang dikhususkan untuk menyajikan red wine maupun white wine. Namun biasanya untuk white wine menggunakan gelas yang sedikit runcing.
  16. 16. Bartender KARIR Bartender yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, lebih punya potensi untuk berkarir di restoran luar negeri. Namun sudahkah kamu tau posisi atau jabatan yang berada di atas bartender? 1. Asistan Bartender. Bertugas membantu semua tugas-tugas pokok seorang bartender. Asistan bartender adalah posisi awal seseorang sebelum menjadi seorang pramutama bar. 2. Bartender Posisi bartender adalah posisi yang didapat ketika seseorang sudah dianggap lulus melewati masa percobaan. Dan dinyatakan layak untuk berjalan secara mandiri. 3. Bar Captain Bertanggung jawab akan kegiatan di bar mulai dari standar peracikan minuman, SDM bartender hingga pengelolaan pelayanan dan log book barang. 4. Bar Manager Seseorang yang bertugas mengawasi kerja bartender dan mengevaluasi penjualan hingga pembelian dan jalannya kegiatan di unit usaha.
  17. 17. Peran KARIR 1. Bartender Bartender merupakan pekerjaan bartending yang paling umum ada pada bar. Bartender lebih memfokuskan pekerjaannya kepada pengunjungnya, yang berarti setiap bartender berkewajiban untuk membuat agar setiap pengunjung tetap nyaman berada di bar. 2. Mixologist/ahli miksologi Mixologist merupakan pekerjaan bartending yang memiliki skill yang lebih spesifik mengenai bagaimana cara meracik minuman. Ahli miksologi lebih dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat resep baru cocktail dan sirup, serta merancang resep musiman. Kebanyakan mixologist mengikuti pendidikan atau pelatihan khusus bartending. 3. Bar back/bartender assistant Pekerjaan menjadi asisten bartender ini merupakan pekerjaan bartending yang paling cocok diisi oleh orang yang belum memiliki pengalaman apapun mengenai pekerjaan bartender. Seperti namanya, seorang bar back harus mem- backup pekerjaan bartender-nya, atau membantu pekerjaan bartender, seperti menyiapkan bahan dan mengisi kembali stok bahan.
  18. 18. Bartender KARIR 4. Sommelier Sommelier merupakan pekerjaan bartending yang khusus membuat wine. Seorang sommelier juga merupakan seseorang yang terlatih untuk membuat wine selama bertahun-tahun. Sommelier sehari-harinya bekerja membuat wine, menawarkan resep wine kepada pengunjung, dan melatih pekerja lain untuk membuat wine. Karena membuat wine sangatlah berbeda dengan membuat minuman beralkohol lain, maka seorang sommelier tidak dituntut untuk bisa membuat cocktail atau menyediakan bir. 5. Cicerone Cicerone merupakan pekerjaan bartending yang khusus membuat bir. Ia juga merupakan orang yang ahli dalam membuat resep, rasa, dan gaya dari sebuah bir. Ia juga mampu mencocokkan makanan agar sesuai dengan bir yang ia akan sajikan. Seorang cicerone sudah memiliki sertifikat Cicerone, sehingga mereka sudah memiliki pengetahuan bir yang cukup banyak.
  19. 19. Soft Skill yang Perlu Dimiliki Bartender 1. Kemampuan mengingat 2. Kemampuan mencampur dan mempersiapkan bahan minuman 3. Kemampuan dalam memperhatikan detail 4. Kemampuan berkomunikasi 5. Kemampuan beradaptasi 6. Kemampuan bekerjasama dalam tim 7. Kemampuan dalam membangun relasi 8. Kemampuan multitasking 9. Kemampuan bekerja dengan efisien 10.Kemampuan mempertahankan kualitas minuman 11.Kemampuan untuk tetap mempertahankan kebersihan dan kerapian 12.Kemampuan untuk berinovasi
  20. 20. Expected Salary Bartender  Salary Explorer menyebutkan bahwa gaji rata-rata bartender di Indonesia adalah sebesar Rp5.100.000,- per bulannya. Sumber ini juga menyebutkan bahwa gaji rata-rata bartender di Indonesia yang terendah adalah sebesar Rp2.760.000,- per bulan, dan gaji tertingginya sebesar Rp7.710.000,-  Indeed menyebutkan bahwa gaji rata-rata bartender di Indonesia Rp2,986,695,- per bulannya per 2021 ini. Dengan pendapatan tertinggi di Jakarta yang mencapai rerata Rp3,467,369,-  Quipper Campus menyebutkan bahwa gaji rata-rata bartender di Indonesia adalah sekitar Rp3.500.000,- hingga Rp5.000.000,-.  Salary Expert menyebutkan bahwa gaji rata-rata bartender di Bali, Indonesia, adalah sebesar Rp80.385.981,- per tahunnya, atau sekitar Rp6.698.000,- per bulannya. Gaji terendah yang didapat oleh bartender di Bali adalah sebesar Rp63.774.641,- per tahun, atau sekitar Rp5.314.000,- per bulan, sementara gaji tertinggi yang didapat oleh bartender di sana adalah sebesar Rp95.413.489,- per tahun, atau sekitar Rp7.951.000,- per bulannya.
  21. 21. References • https://hotelier.id/pengertian-bartender/ • https://www.workmate.asia/id/blog/bartende r-gaji-dan-skill-yang-di-cari-di-indonesia

×