Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Psikonsumen segmentasi pasar afra

  • Als Erste(r) kommentieren

Psikonsumen segmentasi pasar afra

  1. 1. SEGMENTASI PASAR OLEH : AFRA PRITAMI BALQIS 10.21.001
  2. 2. Swastha & Handoko (1997) kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam satuan– satuan pasar yang bersifat homogen. proses pembagian pasar keseluruhanPride & Ferrel (1995) menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa. Kotler, 2005) terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama
  3. 3. Segmentasi adalah membagi pasar menjadi kelompokpembeli yang terbedakan dengan kebutuhan,karakteristik, atau tingkah laku berbeda yangmungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaranterpisah.Ada Tiga (3) tahap yang dilewati oleh pemasar untuksampai pada keputusan melakukan segmentasi pasaryaitu :1. Pemasaran Massal :Penjual terlibat dalam produk massal, distribusimassal, dan promosi massal dari suatu produk untukseluruh pembeli.2. Pemasaran produk yang beraneka ragamPenjual memproduksi beberapa produk yangmenunjukkan bentuk, mode, kualitas, ukuran danseterusnya yang berbeda. Mereka dirancang untukmenawarkan keanekaragaman pembeli untuk menariksegmen yang berbeda.3. Pemasaran Sasaran :Penjual membedakan segmen pasar utama,menetapkan satu atau lebih segmen-segmen inisebagai sasaran.
  4. 4.  Pemasaran Massal Proses yg tjd pada produksi, distribusi dan promosidilakukan scr massal (kebutuhan setiap konsumen sama) Pemasaran Relung Berfokus pd sub-segmen (relung), mpy ciri bawaan ygkhas, yg mungkin mncari kombinasi sejumlah manfaat ygkhusus. Pemsaran Mikro dlm perancangan dan pemrograman pemasarandisesuaikan btl dg selera individu dan lokasi spesifik ygmeliputi pemasaran lokal & individual
  5. 5. Pemasaran SegmentasiPemasaran Massal 1. Berasal dari persaingan yang semakin1. Berasal dari cara produksi gencar. massal 2. Objektifnya adalah memenangkan2. Objektifnya adalah persaingan dengan memperoleh mendapatkan laba keuntungan yang normal melalui kegiatan- maksimum kegiatan yang memuaskan kelompok-3. Konsumen diberlakukan kelompok konsumenyang berbeda. sama diseluruh wilayah 3. Konsumen yang memiliki mkarakter yang geografi dengan produk dan berbeda diberlakukan berbeda-beda promosi yang sama dengan produk dan cara komunikasi yang4. Bersifat statis, sama dari berbeda waktu ke waktu. 4. Segmentasi bersifat dinamis, segmen-5. Strategi perusahaan segmen baru bermunculan dan produk- defensif, bertahan dari produk baru dibutuhkan untuk menjangkau waktu ke waktu dengan segmen baru tersebut. membentengi diri melalui 5. Strategi perusahaan adaftif, responsive anggaran iklan yang besar terhadap perubahan-perubahan selera dan perbedaan cara kerja pasar. Dasarnya adalah riset konsumen produksi. mengimbangi kegiatan pesaing.
  6. 6. Memungkinkan kita untuk lebih fokusmasuk ke pasar sesuai keunggulankompetitif perusahaan kita. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
  7. 7. A. Segmentasi Apriori. Segmentasi yang dilakukan sebelum suatu produk diluncurkan kepasar. Contoh : pendekatan geografis, demografis, psikografis, dan perilakuB. Segmentasi Post-Hoc Segmentasi yang dilakukan setelah produk diluncurkan, setelah konsumen datang data lalu dikumpulkan diolah dan data itu dapat dipakai untuk menunjukkan siapa mereka.
  8. 8. geographicbehavior Market demographi al Segmentation c psychograph ic
  9. 9. 1. Mengidentifi 3. Mengevaluasi 5. Mengidentifikasi kasi variable daya tarik konsep posisi Segmentasi dan masing-masing yang memungkin segmentasi segmen. kan. pasar. 6. Memilih, 4. Memiih segmen mengembangkan2. Mengembang segmen sasaran dan meng kan bentuk komunikasikan segmen yang konsep penetapan menghasilkan posisi yang dipilih Menentukan posisi produk (product positioning) sehingga bisa dirasakan konsumen dalam setiap segmen yang dijadikan ditargetkan sebagai produk yang memberikan kepuasan lebih baik daripada berbagai penawaran lainnya.
  10. 10. 1. Tahap Survey Periset melakukan wawancara untuk mencari penjelasan dan memusatkan perhatian pada kelompok untuk memperoleh pandangan terhadap motivasi konsumen, sikap dan perilaku. a. Data yang dikumpulkan : b. Sifat dan peringkat kepentingan mereka. c. Kesadaran merek dan peringkat merek. d. Pola penggunaan produk. e. Sikap terhadap golongan produk. f. Demografi, Psikografi, dan mediografi dari responden.2. Tahap Analisis. a. Membuat analisis factor pada data untuk membuang variable yang berkorelasi tinggi. b. Analisis kelompok untuk penetapan jumlah segmen maksimum.3. Tahap Pembentukan . Masing-masing kelompok sekarang dibentuk dengan persyaratan perbedaan sikap, perilaku, demografi, psikografidan kebiasaan konsumsi media mereka.
  11. 11. Mudah diaksesTerukurSubstansialDapat dibedakanDapat di lakukan tindakan tertentuLayak
  12. 12.  Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar. Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif. Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
  13. 13.  1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek. 2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan. 3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon. 4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa. Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.
  14. 14. Di sisi affect, kognitif, perilaku dan lingkungan terjadinyaproses pemasaran, pemasar dpt melakukan 3 hal:• 1) tentukan konsep produk & gmbaran konsumen potensialnya.• 2) adakan fokus group utk mngethui selera segmen2 yg berbeda dlm hal atribut, kegunaan & nilai produk.• 3) penelitian tambahan utk mngethui segmen sasaran yg potensial—besar kecilnya dan pemahaman yg lbh baik thd segmen tsb
  15. 15. Pasar sasaran adalah kumpulan pembeli dengan kebutuhan atau karakteristik serupa yang akan dilayani oleh perusahaanMacam-macam pasar sasaran :A. Pasar sasaran jangka pendek dan masa depan.1. Pasar sasaran jangka pendek adalah pasar yang ditekuni hari ini yang direncanakan akan dijangkau dalam waktu dekat, pasar inilah yang menghasilkn penjualan dalam waktu dekat.2. Pasar masa depan adalah pasar tiga atau lima tahun dari sekarang mungkin pasar harus merubah produk, mengubah pasar sasaran, menambah atau menguranginya.B. Pasar sasaran Primer dan Sekunder.1. Pasar primer adalah sasaran utama produk perusahaan mereka terdiri dari konsumen-konsumen yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan.2. Pasar Sekunder adalah pasar yang terdiri dari konsumen-konsumen yang sering dianggap penting tapi jumlahnya cukup besar.
  16. 16. • Merupakan cara produk didefinisikan olh konsumen berdasarkan bbrapa atribut penting (citra produk dlm benak dibanding produk pesaing)• Strategi positioning: 1. Mengidentifikasi keunggulan bersaing yg mungkin 2. Memilih keungulan pesaing yg tepat 3. Mgkomunikasikan & mnyampaikan posisi yg telah dipilih• Keunggulan thd pesaing yg diperoleh krn menawarkan kpd konsumen nilai yg lebih besar, melalui harga lebih murah, mmberikan sjumlah mnfaat yg lbh bnyk, dpt dijadikan sbg alasan utk mnetapkan harga lbh tinggi
  17. 17. Positioning juga merupakan tindakan untuk merancang penawaran dan citra perusahaan agar menempati suatu posisi kompetitif yang berarti & berbeda dalam benak pelanggan sasaranStrategi menempatkan posisi :Pemasar dapat mengikuti beberapa strategi penetapan posisi, yaitu :1. Penenntuan posisi menurut atribut, menghubungkan produk dengan cirri tertentu.2. Penenntuan posisi menurut manfaat, menhubungkan produk dengan manfaat khusus bagi pelanggan.
  18. 18. 3. Penenntuan posisi menurut peristiwa penggunaan, menghubungkan produk dengan suatu kegunaan/penerapan.4. Penenntuan posisi menurut pemakai, menghubungkan produk dengan seseorang atau kelompok pemakai.5. Penenntuan posisi menurut pesaing, mengidentifikasi produk dengan menggunakan pesaing sebagai titik acuan6. Penenntuan posisi menurut katagori produk, meng hubungkan produk dengan produk lain dalam kelas produk yang serupa.7. Penentuan posisi menurut kualitas/harga, menggunakan harga sebagai petunjuk kualitas yang lebih tinggi. Kualitas yang lebih tinggi dicerminkan oleh lebih banyak keistimewaan dan atau pelayanan.
  19. 19. a. Pemasaran lokal perancangan merk & promosi spy sesuai bnr (spesifik) dg kebutuhan & keinginan kelompok pelanggan lokal (kota, pemukiman)b. Pemasaran individual perancangan produk & pemasaran disesuaikan bnr dg kebutuhan & pereferensi pelanggan scr individual. Disebut juga dg one to one marketting / pemasaran yg disesuaikan kebutuhan & pemasaran pasar satu orang.
  20. 20.  Silabus dan Materi dari Dosen Pembimbing mata kuliah Psikologi Konsumen, Ibu Ayu Purnamasari, S.Psi, MA Budiarto Teguh. Seri Diktat Kuliah Dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit Gunadarma;1993. h52-54 https://www.google.co.id/  http://www.makeallhappen.com/marketing/segmentasi- pasar-memahami-kebutuhan-pelanggan.html  http://agung21winarto.wordpress.com/2010/12/20/segme ntasi-pasar/  http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7964/B AB+IV.+SEGMENTASI+PASAR.doc  http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/segmentasi- pasar-definisi-manfaat-dan.html
  21. 21. • Amrowati : ―Apa yang dimaksud strategi adaftif, responsive, terhadap perubahan selera pasar pada Slide Perbedaan antara Pemasaran Massal dan Pemasaran Segmentasi ?‖• Dewi : ―Apa yang dimaksud Segmentasi Post-Hoc dan berikan contoh !―• Novia : ―Jelaskan Slide tentang Langkah-Langkah Segmentasi Pasar dan Berikan contoh !―• Tri : ―Apa yang dimaksud perusahaan dapat mendeteksi secara dini pada Slide Manfaat Segmentasi Pasar ?‖• Hendra & Nena : ―Berikan contoh Pasar Sasaran Jangka Pendek !‖
  22. 22. • Chandra : ―Berikan contoh Pasar Sasaran Primer dan Sekunder!‖• Oktaberi : ―Jelaskan dan beri contoh tentang strategi Positioning !‖

×