Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.
A. Pelaku-pelaku Kegiatan Ekonomi 
Pelaku ekonomi dalam sebuah perekonomian sebenarnya tidak hanya terdiri atas 
konsumen ...
B. Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi 
1. Rumah Tangga Konsumen (Household Sector) 
Dalam kegiatan ekonomi, konsumen pada dasar...
a. Mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi. 
b. Meningkatkan kesempatan kerja. 
c. Mengen...
C. Diagram Siklus Antarpelaku Ekonomi (Circular Flow Diagram) 
Interaksi antarpelaku ekonomi dapat digambarkan dalam Diagr...
Bagan 3.2 
Circular Flow Diagram Ekonomi Tertutup 
Pasar Faktor 
Produksi 
uang uang 
Pajak dan jasa pelayanan Jasa Pelaya...
2. Model Ekonomi Terbuka 
Model ekonomi terbuka terdiri atas empat rumah tangga, yaitu Rumah Tangga 
Konsumen (RTK), Rumah...
merupakan perekonomian domestik. Perekonomian dikatak tertutup (closed 
economy) jika tidak melakukan interaksi dengan sek...
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×

Peran pelaku kegiatan ekonomi

Ähnliche Bücher

Kostenlos mit einer 30-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen

Ähnliche Hörbücher

Kostenlos mit einer 30-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen
  • Loggen Sie sich ein, um Kommentare anzuzeigen.

Peran pelaku kegiatan ekonomi

  1. 1. A. Pelaku-pelaku Kegiatan Ekonomi Pelaku ekonomi dalam sebuah perekonomian sebenarnya tidak hanya terdiri atas konsumen dan produsen, tetapi juga pemerintah dan masyarakat luar negeri. Dengan demikian, pelaku ekonomi dalam perekonomian empat sektor terdiri atas sektor Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), sektor Rumah Tangga Pemerintah (RTG), dan sektor Rumah Tangga Luar Negeri (RTLN) 1. Sektor Rumah Tangga Konsumen (Households Sector) Sektor rumah tangga konsumen memiliki faktor-faktor produksi yang dibutuhkan untuk proses produksi barang dan jasa bagi perusahaan, pemerintah maupun sektor luar negeri. 2. Sektor Rumah Tangga Produsen (Business Sector) Sektor rumah tangga produsen sangat berkaitan erat dengan sektor rumah tangga konsumen, pemerintah, dan luar negeri karena tanpa sektor-sektor ini kegiatan produksi dari perusahaan tidak akan berguna sama sekali. 3. Sektor Pemerintah (goverment Sector) Sektor pemerintah memiliki kewenangan politik untuk mengatur kegiatan masyarakat dan perusahaan. Fungsi utama pemerintah adalah menyediakan barang publik. Untuk menjalankan fungsinya, pemerintah melakukan pengeluaran berupa pembelian barang dan jasa dari sektor perusahaan dan pengeluaran-pengeluaran untuk sektor rumah tangga. 4. Sektor Luar Negeri (Foreign Sector) Rumah Tangga Luar Negeri (RTLN) disebut juga sektor perekonomian dunia, ketika semua negara-negara di dunia melakukan kegiatan ekspor dan impor barang maupun jasa. Seperti halnya sektor-sektor ekonomi lainnya, sektor luar negeri juga sangat bergantung dengan sektor ekonomi lainnya. Sektor luar negeri berperan sebagai pengimpor dan pengekspor dari dan ke sektor rumah tangga konsumsi, perusahaan, dan pemerintah.
  2. 2. B. Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi 1. Rumah Tangga Konsumen (Household Sector) Dalam kegiatan ekonomi, konsumen pada dasarnya berperan sebagai pelaku kegiatan konsumsi. Selain itu, konsumen juga dapat berperan sebagai produsen yaitu produsen faktor-faktor produksi. Berikut merupakan peran rumah tangga konsumen dalam kegiatan ekonomi a. Sebagai pembeli. Hal ini ditunjukkan dengan membeli dan menggunakan barang dan jasa yang dihasilkan rumah tangga produsen. b. Sebagai penyedia (supplier). Sektor rumah tangga konsumen merupakan pemilik faktor-faktor produksi, seperti tanah, tenaga kerja dan modal, yang dibutuhhkan untuk proses produksi barang dan jasa bagi perusahaan, pemerintah, maupun sektor luar negeri. c. Sebagai pembayar pajak kepada pemerintah, baik secara langsung maupun tidak langsung. 2. Rumah Tangga Produsen (Business Sector) Sebagai pelaku ekonomi, produsen atau perusahaan memiliki peranan yang penting dalam perekonomian, yaitu sebagai berikut : a. Sebagai mitra usaha pemerintah dalam pengelolaan dan penyediaan kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. b. Membantu dalam menggerakkan jalannya roda perekonomian nasional. c. Menjadi sumber pendapatan negara melalui pajak yang dibayarkan perusahaan. d. Membantu menciptakan dan membuka kesempatan kerja. 3. Rumah Tangga Pemerintah Rumah tangga pemerintah meliputi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dalam menjalankan roda perekonomian, rumah tangga pemerintah tentunya memiliki peran yang tidak kalah penting dibanding RTK dan RTP. Adapun peranan rumah tangga pemerintah dalam kegiatan ekonomi meliputi hal-hal berikut ini :
  3. 3. a. Mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi. b. Meningkatkan kesempatan kerja. c. Mengendalikan tingkat harga dan inflasi d. Dapat bertindak sebagai pembeli dan penyedia dipasar barang dan jasa. e. Menarik pajak langsung maupun pajak tidak langsung. f. Membangun fasilitas umum dari hasil pajak. g. Mendorong pemerataan pendapatan masyarakat. h. Mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitasnya. 4. Rumah Tangga Luar Negeri Adapun peran dan fungsi rumah tangga luar negeri adalah melakukan kegiatan ekspor impor, pertukaran tenaga kerja, melakukan investasi didalam negeri, memberikan bantuan dan pinjaman luar negeri, membayar pajak langsung maupun tidak langsung kepada pemerintah.
  4. 4. C. Diagram Siklus Antarpelaku Ekonomi (Circular Flow Diagram) Interaksi antarpelaku ekonomi dapat digambarkan dalam Diagram Siklus Antarpelaku Ekonomi. Diagram siklus interaksi ini merupakan sebuah model yang menggambarkan bagaimana interaksi para pelaku ekonomi menghasilkan pendapatan yang digunakan sebagai pengeluaran dalam upaya memaksimalkan nilai kegunaan setiap para pelaku ekonomi. Diagram siklus antarpelaku ekonomi merupakan model sederhana untuk menganalisis kegiatan ekonomi. Model ekonomi sederhana yang dapat digambarkan dengan Circular Flow Diagram, yaitu sebagai berikut. Bagan 3.1 Circular Flow Diagram Tenaga Kerja, Tanah, dan skill Pasar Faktor Produksi Rumah Tangga Produsen Upah, Sewa, Bunga, dan Laba uang uang uang uang 1. Model Ekonomi Tertutup Tenaga Kerja, Tanah, dan skill Pasar Barang Rumah Tangga Konsume n Upah, Sewa, Bunga, dan Laba Model ekonomi tertutup terdiri atas tiga rumah tangga pelaku kegiatan ekonomi, yaitu Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP). Dan Rumah Tangga Pemerintah (RTP). Dalam circular Flow Diagram dijelaskan mengenai diagram aliran pendapatan pada perekonomian tertutup yang hanya melibatkan tiga pelaku kegiatan ekonomi. Untuk lebih jelasnya perhatikan Bagan 3.2 berikut :
  5. 5. Bagan 3.2 Circular Flow Diagram Ekonomi Tertutup Pasar Faktor Produksi uang uang Pajak dan jasa pelayanan Jasa Pelayanan Rumah Tangga Pemerintah Uang dan jasa pelayanan Pajak Tenaga Kerja, Tanah, dan skill Rumah Tangga Produsen Tenaga Kerja, Tanah, dan skill Rumah Tangga Konsume n uang uang Pasar Barang Upah, Sewa, Bunga, dan Laba Upah, Sewa, Bunga, dan Laba Berdasarkan Bagan 3.2 dapat dilihat perekonomian tertutup sektor rumah tangga konsumen akan menjual faktor produksi kepada sektor produsen agar memperoleh pendapatan. Dalam hal ini, sektor rumah tangga konsumen akan memberikan faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal, atau keahlian pada perusahaan. Sebagai balasan atas faktor produksi yang diberikan oleh sektor rumah tangga konsumen, sektor produsen akan memberikan balas jasa berupa sewa untuk tanah, upah atau gaji bagi tenaga kerja, bunga atau sewa untuk modal, dan keuntungan bagi keahlian. Kemudian Rumah Tangga Pemerintah (RTP) menggunakan pendapatan dari pajak untuk membeli barang dan jasa dari pasar produksi dan rumah tangga produsen. Barang dan jasa tersebut dipergunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  6. 6. 2. Model Ekonomi Terbuka Model ekonomi terbuka terdiri atas empat rumah tangga, yaitu Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), dan Rumah Tangga Pemerintah (RTG), dan Rumah Tangga Luar Negeri (RTLN). Untuk lebih jelasnya perhat ikan Bagan 3.3 berikut. Bagan 3.3 Diagram siklus Antarpelaku Ekonomi Terbuka Pasar Faktor Produksi uang uang Tenaga Kerja, Tanah, dan skill Pajak dan jasa pelayanan Jasa Pelayanan Rumah Tangga Pemerintah Uang dan jasa pelayanan Pajak Rumah Tangga Luar Negeri Tenaga Kerja, Tanah, dan skill Rumah Tangga Konsumen Ekspor dan Impor Ekspor dan Impor uang uang Pasar Barang Rumah Tangga Produsen Upah, Sewa, Bunga, dan Laba Upah, Sewa, Bunga, dan Laba Berdasarkan Bagan 3.3 dapat dilihat bahwa dalam perekonomian terbuka hampir semua negara didunia pada saat ini melakukan interaksi dengan negara lain sehingga interaksi ekonomi juga melibatkan sektor luar negeri. Sektor rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, dan rumah tangga pemerintah
  7. 7. merupakan perekonomian domestik. Perekonomian dikatak tertutup (closed economy) jika tidak melakukan interaksi dengan sektor luar negeri. Adapun perekonomian suatu negara dikatakan terbuka (open economy) apabila terjadi interaksi dengan sektor luar negeri yang ditandai dengan adanya mekanisme ekspor dan impor.

×