Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Silabus Training “Effective BUILDING & ASSET MANAGEMENT” (dikaitkan dengan ISO 55001)

Narasumber: Kanaidi, SE., M.Si., cSAP
HP. 0812 2353 284, WA: 0877 5871 1905
e-mail : kanaidi63@gmail.com atau kanaidi@yahoo.com

  • Als Erste(r) kommentieren

Silabus Training “Effective BUILDING & ASSET MANAGEMENT” (dikaitkan dengan ISO 55001)

  1. 1. SilabusTraining: “Effective BUILDING & ASSET MANAGEMENT” (dikaitkan dengan ISO 55001) DESKRIPSI TRAINING (Durasi 2 hari) Aktiva tetap yang merupakan kekayaan perusahaan yang memiliki wujud (tangible fixed assets), mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun, dan diperoleh perusahaan untuk melakukan kegiatan perusahaan, bukan untuk dijual kembali. Dalam kaitan ini, sangat dibutuhkan suatu kegiatan manajemen dalam mengelola penggunaan dana yang ditujukan dalam rangka meningkatkan control atau pengawasan terhadap aktiva tetap dan revaluasi aktiva tetap yang disesuaikan dengan nilai wajar yang berbasis pada nilai pasar. Building & Asset Management sebagai suatu ilmu dan seni yang memandu pengelolaan kekayaan, yang mencakup proses merencanakan kebutuhan aset, mendapatkan, menginventarisasi, melakukan legal audit, menilai, mengoperasikan, memelihara, membaharukan atau menghapuskan, hingga mengalihkan aset dipandang perlu dilakukan secara efektif dan efisien. Terhadap aset sebagai kekayaan perusahaan dibutuhkan adanya pengelola (Asset Management) yang baik. Hal tersebut terkait dengan penggunaan dana yang ditujukan dalam rangka meningkatkan control atau pengawasan terhadap aktiva tetap dan revaluasi aktiva tetap, mengingat juga
  2. 2. keberadaan aset akan mempengaruhi performansi strategik perusahaan. Building & Asset Management yang efektif akan memberikan kontribusi pada efisiensi penggunaan kapital, nilai ekonomi sumber daya, produktifitas, dan kualitas serta merupakan masukan yang berharga bagi pengambilan keputusan stratejik sehingga dapat mengelola aset yang dimiliki secara efisien. Terlebih lagi dengan adanya/ dikaitkan dengan Standard_ISO 55001. Dengan demikian, diharapkan akan dapat dicapai produktifitas maksimum pada seluruh siklus hidup aset. Di samping itu, atas pengelolaan aset dimaksud diharapkan tewujudnya minimisasi biaya selama umur aset bersangkutan (to minimise the whole life cost of assets), dapat dihasilkannya laba yang maksimum (profit maximum) atas pengelolaan aset, dan dapat terjadinya tingkat pencapaian penggunaan serta pemanfaatan aset secara optimum (optimizing the utilization of assets). Pada pelatihan ini akan dibahas secara komprehensif tentang Konsep, Ruang Lingkup dan Tujuan Manajemen Aset, Siklus Alur Aset, Gambaran umum Pengadaan Aset, Pentingnya Inventarisasi Aset. Pengoperasian dan Pemeliharaan Aset, Penggudangan Aset, Pelaporan Manajemen Aset, Metode Lelang, Penghapusan dan Pengalihan Aset. Melalui pelatihan ini juga diharapkan agar terjadi pengambilan keputusan yang tepat dalam manajemen aset, sehingga aset yang dikelola berfungsi secara efektif dan efisien, serta bernilai tinggi. SASARAN PESERTA Para manajer, supervisor, dan staf bagian pengelolaan, pergudangan dan administrasi building dan aset, serta personil lainnya yang ingin meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya tentang Building & Asset Management.
  3. 3. TUJUAN & MANFAAT TRAINING 1. Menjelaskan kepada peserta mengenai pentingnya pengelolaan aset (aktiva tetap) dilakukan secara professional. 2. Membekali peserta dengan berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian aset, memahami struktur organisasi beserta tugas dan tanggung-jawab pengelola aset, teknik penilaian aset dan penyusutannya, dsb. 3. Secara umum pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan pesertanya dalam mengelola aktiva tetap perusahaan. METODE TRAINING Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain : 1. Secara Online Training, dilakukan :  Penyajian/penyampaian materi secara online training,  Dengan dukungan multimedia dan aplikasi tertentu,  Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion mengenai Konsep, Ruang Lingkup dan Tujuan Manajemen Aset, Siklus Alur Aset, Gambaran umum Pengadaan Aset, Pentingnya Inventarisasi Aset. Pengoperasian dan Pemeliharaan Aset, Penggudangan Aset, Pelaporan Manajemen Aset, Metode Lelang, Penghapusan dan Pengalihan Aset.  Evaluasi pada akhir pelatihan mencakup kedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta. 2. Secara Offline Training, dilakukan :  Penyajian/penyampaian materi di dalam kelas,  Dengan dukungan multimedia, games & simulation/role-play,  Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion mengenai Konsep, Ruang Lingkup dan Tujuan Manajemen Aset, Siklus Alur Aset, Gambaran umum Pengadaan Aset, Pentingnya Inventarisasi Aset. Pengoperasian dan Pemeliharaan Aset, Penggudangan Aset, Pelaporan Manajemen Aset, Metode Lelang, Penghapusan dan Pengalihan Aset.  Evaluasi pada akhir pelatihan mencakup kedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta. DURASI TRAINING 1. Secara Online Training (2 Sesi) :  Sesi I : Hari/Tanggal … (Pukul 10.00-12.00 dan 13.00-15.00) Selama 4 jam (3 jam Pemaparan Online oleh Narasumber & 1 jam Simulasi/Praktek serta Tanya jawab).  Sesi II: Hari/Tanggal … (Pukul 10.00-12.00 dan 13.00-15.00) Selama 4 jam (3 jam Pemaparan Online oleh Narasumber & 1 jam Simulasi/Praktek serta Tanya jawab).
  4. 4. 2. Secara Offline Training (2 Hari) :  Hari I : Hari/Tanggal … (Pukul 08.00 s/d 16.00) Selama 7 jam (4 jam Pemaparan Materi oleh Narasumber & 3 jam Simulasi/Praktek serta Tanya jawab).  Hari II: Hari/Tanggal … (Pukul 08.00 s/d 16.00) Selama 7 jam (4 jam Pemaparan Materi oleh Narasumber & 3 jam Simulasi/Praktek serta Tanya jawab). MATERI TRAINING Hari ke-1: 1. Konsep dan Ruang Lingkup Manajemen Aset (ISO 55001).  Memahami pengertian dan ruang lingkup Manajemen Aset.  Mengenali aset yang berwujud (tangible) dan aset yang tidak berwujud (intagible).  Mengetahui perspektif tentang aset dari sudut pandang Ekonomi dan dari sudut pandang Akuntansi.  Mengetahui Siklus Alur Aset  Memahami tujuan Manajemen Aset 2. Prinsip & Isu Penting Manajemen Aset.  Memahami pentingnya Manajemen Aset  Memahami Prinsip Manajemen Aset  Mengetahui Permasalahan dalam Pengelolaan Aset. 3. Interaksi Lingkungan dalam Manajemen Aset. (ISO 55001) 4. Perencanaan Manajemen Aset (ISO 55001):  Mengetahui Kebijakan dan Anggaran yang terkait dengan perencanaan Manajemen Aset:  Memahami pentingnya perencanaan dalam Manajemen Aset.  Memahami Prosedur Perencanaan Kebutuhan & Perawatan Aset. 5. Pengadaan Aset.  Mengetahui gambaran umum Pengadaan Aset  Memahami Prinsip Pengadaan Aset.  Memahami Etika dalam Pengadaan Aset. Hari ke-2: 6. Manajemen Penggudangan Aset.  Memahami pentingnya Inventarisasi Aset.  Memahami prosedurPenerimaan,Pemeriksaan & Penyaluran Barang.  Mengetahuiapasajaaktifitasdalam PenggudanganAset. 7. Kodifikasi dan Sistem Informasi Aset:  Pengelompokan dan perencanaan kodifikasi Aset  Sistem Informasi Manajemen Aset.  Langkah – langkahimplementasi Sistem InformasiManajemenAset 8. Manajemen Keuangan dan Penilaian Aset.  Keterkaitan Manajemen Keuangan dan Penilaian Aset.  Pengertian dan Prinsip-prinsip Dasar Penilaian Aset.
  5. 5. 9. Pengukuran dan Evaluasi Aset.  Atribut Pengukuran dan Evaluasi Aset.  Penaksiran nilai ekonomis yang wajar. 10.Aset & Sumber Daya Manusia_(ISO 55001):  Struktur Organisasi, Tugas dan Wewenang dalam pengelolaan Aset (ISO 550001)  Mengatasi Konflik yang terkait dengan Aset. 11.Pelaporan Manajemen Aset.  Berbagai kemungkinan atas Aset.  Dokumen penatausahaan Aset.  Pelaporan penggunaan, pembaharuan, penyusutan, penghapusan, pemusnahan, dan pengalihan Aset. 12.Study Kasus Manajemen Aset. NARASUMBER KANAIDI, SE., M.Si., cSAP adalah : - Seorang yang enerjik, humoris, dan sangat memotivasi. Berjiwa muda, sukses beberapa kali sebagai Dosen Favorite di beberapa Perguruan Tinggi. - Beliau suka menulis dan sudah berhasil menerbitkan beberapa buku di bidang Advertising, e-Marketing, juga Buku Koperasi & UMKM dan Kewirausahaan hasil karya beliau dan telah berhasil dipublikasikan. Terlebih lagi beliau adalah seorang yang Certified di Bidang Enterprise Resources Planning (ERP) & System, Aplications, and Product in Data Processing (SAP), spesialisasi Sales and Distribution. - Di samping itu, beliau adalah seorang praktisi yang berpengalaman lebih dari 30-an tahun berkerja di suatu Perusahaan BUMN besar di Indonesia, dengan berbagai posisi jabatan: mulai dari Manajer UPT, Kepala Kantor di beberapa Kota di Indonesia s.d di tingkat Kantor Pusat. - Beliau juga menggeluti aktivitas bisnis dan memiliki pengalaman sedemikian inten dalam Inventory, Warehousing and Asset Management, serta Purchasing Management dan materi terkait lainnya di era digital 4.0.
  6. 6. - Beliau juga seorang Blogger yang rajin mengelola sedemikian banyak Blog dan beberapa web komersial, yang menghasilkan passive income yang cukup spektakuler. - Beliau seorang Trainer dan Pemateri/Instruktur/Narasumber yang sukses di beberapa kegiatan Training dan Workshop/Seminar di berbagai Perusahaan di Indonesia. - Terlebih lagi, beliau adalah seorang konsultan dan peneliti marketing yang berdedikasi dengan sedemikian banyak karya ilmiah yang beliau hasilkan dan publikasikan. ============================================== INFORMASI Lengkap/ hubungi (NARASUMBER): Kanaidi, SE., M.Si., cSAP HP. 0812 2353 284, WA: 0877 5871 1905 e-mail : kanaidi63@gmail.com atau kanaidi@yahoo.com -------------------------------------------------------------------------- Training SejenisSEBELUMNYA:
  7. 7. ============================================== INFORMASI Lengkap/ hubungi (NARASUMBER): Kanaidi, SE., M.Si., cSAP HP. 0812 2353 284, WA: 0877 5871 1905 e-mail : kanaidi63@gmail.com atau kanaidi@yahoo.com --------------------------------------------------------------------------

×