PRANCIS MUNGKIN ADALAH NEGARA PALING ROMANTIS DI DUNIA. SEMUA HAL TENTANG PRANCIS
PASTINYA LANGSUNG MEMBANGKITKAN ROMANSA ...
1. MARSEILLE: KOTA KUNO DIPINGGIR PANTAI
MARSEILLE ADALAH KOTA KEDUA TERPADAT PENDUDUKNYA DI PRANCIS SETELAH PARIS DAN DIL...
2. FESTIVAL TRANSHUMANCE (MARSEILLE SEBAGAI IBUKOTA BUDAYA EROPA)
FESTIVAL TRANSHUMANCE ADALAH FESTIVAL YANG SANGAT UNIK D...
3. MAKANAN KHAS MARSEILLE: BOILLABAISSE
KALAU KE MARSEILLE, TIDAK LENGKAP JIKA ANDA TIDAK MENCICIPI MASAKAN MARSEILLE YANG...
4. LOKASI WISATA TERBAIK DI MARSEILLE
BEGITU MENJEJAKKAN KAKI PERTAMA KALI DI KOTA MARSEILLE ANDA AKAN DISUGUHI OLEH
HAMPA...
5. SAVON DE MARSEILLE OLEH-OLEH KHAS MARSEILLE
SATU HAL LAGI YANG MENARIK DARI MARSEILLE ADALAH SAVON DE MARSEILLE ATAU SA...
5. SAVON DE MARSEILLE OLEH-OLEH KHAS MARSEILLE
SATU HAL LAGI YANG MENARIK DARI MARSEILLE ADALAH SAVON DE MARSEILLE ATAU SA...
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×

Marseille, Bagian Indah Lain dari Prancis

1.213 Aufrufe

Veröffentlicht am

Veröffentlicht in: Reisen
0 Kommentare
0 Gefällt mir
Statistik
Notizen
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Keine Downloads
Aufrufe
Aufrufe insgesamt
1.213
Auf SlideShare
0
Aus Einbettungen
0
Anzahl an Einbettungen
2
Aktionen
Geteilt
0
Downloads
12
Kommentare
0
Gefällt mir
0
Einbettungen 0
Keine Einbettungen

Keine Notizen für die Folie

Marseille, Bagian Indah Lain dari Prancis

  1. 1. PRANCIS MUNGKIN ADALAH NEGARA PALING ROMANTIS DI DUNIA. SEMUA HAL TENTANG PRANCIS PASTINYA LANGSUNG MEMBANGKITKAN ROMANSA CINTA, BAHKAN BAHASA PRANCIS DIANGGAP SEBAGAI BAHASA PALING SEKSI DI DUNIA. BILA KITA BICARA PRANCIS, PASTI LANGSUNG TERBAYANG KOTA PARIS DAN MENARA EIFELNYA YANG MENJULANG TINGGI. PADAHAL, BANYAK HAL LAIN TENTANG PRANCIS YANG JUGA MENARIK UNTUK DITELUSURI. SALAH SATU DI ANTARANYA KOTA MARSEILLE. KOTA YANG TIDAK HANYA CANTIK KARENA LOKASINYA YANG BERADA DI TEPI PANTAI, TETAPI JUGA PENUH DENGAN KEKAYAAN BUDAYA DAN TRADISI UNIK. MARSEILLE MUNGKIN BELUM BISA DITANDINGKAN DENGAN PARIS DALAM HAL KETENARANNYA, TAPI KEMOLEKAN KOTA INI DIPASTIKAN AKAN MEMBUAT ANDA MELUPAKAN PARIS SEJENAK. BERIKUT INI KAMI AKAN TAYANGKAN BEBERAPA HAL UNIK TENTANG MARSEILLE, BEBERAPA DI ANTARANYA BAHKAN TIDAK AKAN ANDA TEMUI DI TEMPAT LAIN DI DUNIA. SELAMAT MENYAKSIKAN TAYANGAN KAMI DAN BERSIAPLAH TERPESONA DENGAN KEINDAHAN KOTA MARSEILLE.
  2. 2. 1. MARSEILLE: KOTA KUNO DIPINGGIR PANTAI MARSEILLE ADALAH KOTA KEDUA TERPADAT PENDUDUKNYA DI PRANCIS SETELAH PARIS DAN DILIHAT DARI LUAS WILAYAHYA MERUPAKAN KOTA KETIGA TERLUAS DI PRANCIS SETELAH LYON. TERLETAK DI SELATAN PRANCIS MENGHADAP LAUT MEDITERRANIAN MENJADIKAN MARSEILLE KOTA YANG SANGAT STRATEGIS UNTUK PERSINGGAHAN KAPAL-KAPAL ASING. KONON MARSEILLE DIBANGUN KIRA-KIRA 600 TAHUN SEBELUM MASEHI OLEH PARA PELAUT ASING TERUTAMA PEDAGANG DARI SPANYOL, PORTUGIS DAN ITALIA YANG PERTAMA KALI SINGGAH DI KOTA INI. JADI, MEMASUKI ABAD MILENIUM INI, MARSEILLE MERAYAKAN HARI JADINYA YANG KE-2600. PENDIRI MARSEILLE KALA ITU MENYEBUTNYA ‘MASSILIA’, ARTINYA KOTA DI PINGGIR LAUT. BANYAKNYA PEDAGANG ASING MEMBUAT TERBENTUKNYA BAHASA UNIK DI MARSEILLE YANG DIPAKAI SAMPAI SEKARANG. SALAH SATUNYA BAHASA PROVENSAL, SEBENARNYA MERUPAKAN GABUNGAN ANTARA LOGAT DAN DIALEK BAHASA SPANYOL, ITALI DAN BAHASA PRANCIS. DI MASA MENDATANG, SELAIN UNIK, BAHASA PROVENSAL JUGA MEMPERKAYA KHAZANAH BUDAYA DAN PENINGGALAN SEJARAH DI MARSEILLE. SELAIN TERKENAL DENGAN KOTA PELABUHAN, CIRI KHAS LAIN DARI MARSEILLE ADALAH KOTA YANG BERDIRI DI ATAS BUKIT-BUKIT CADAS, GEDUNG-GEDUNG MODEREN YANG BERDAMPINGAN DENGAN BANGUNAN TUA DI HAMPIR SETIAP SUDUT KOTANYA, DAN PENDUDUKNYA YANG SEBAGIAN BESAR ADALAH IMIGRAN DARI AFRIKA UTARA SEPERTI ALGERIA, MAROKO, TUNISIA DAN NEGARA-NEGARA DI AFRIKA BEKAS JAJAHAN PRANCIS. SAKING UNIKNYA KOTA INI, SEORANG MUSISI PRANCIS TERINSPIRASI MENCIPTAKAN LAGU KEBANGSAAN PRANCIS DENGAN JUDUL ‘LA MARSEILLAISE’, YANG ARTINYA KURANG LEBIH WANITA DARI MARSEILLE.
  3. 3. 2. FESTIVAL TRANSHUMANCE (MARSEILLE SEBAGAI IBUKOTA BUDAYA EROPA) FESTIVAL TRANSHUMANCE ADALAH FESTIVAL YANG SANGAT UNIK DI MARSEILLE. FESTIVAL INI MERUPAKAN BAGIAN DARI PERAYAAN PENETAPAN MARSEILLE SEBAGAI IBUKOTA BUDAYA EROPA. YANG MENARIK DARI FESTIVAL INI ADALAH DISERTAKANNYA PARADE RIBUAN DOMBA DAN KUDA DALAM PENUTUPAN FESTIVAL. ADA SEKITAR 3000 DOMBA YANG IKUT SERTA PADA PARADE TAHUN INI. PARADE DIPIMPIN OLEH SEORANG PENUNGGANG KUDA CANTIK BERNAMA CAMILE YANG MENGENDARAI TIGA EKOR KUDA SEKALIGUS, CAMILE ADALAH ANGGOTA DARI KELOMPOK PENUNGGANG KUDA THEATRE DU CENTAURE YANG TURUT BERPARTISIPASI DALAM PARADE TERSEBUT. FESTIVAL INI SENDIRI BERLANGSUNG SEJAK 17 MEI SAMPAI 9 JUNI, DIIKUTI OLEH RATUSAN PENGGEMBALA DARI ITALIA DAN PRANCIS. RIBUAN DOMBA BERKUMPUL DI DEPAN MUSEUM PERADABAN EROPA DAN MEDITERANIAN DI MARSEILLE SEBELUM MENGIKUTI PARADE, KEMUDIAN RIBUAN DOMBA ITU BERJALAN TERATUR MENYUSURI JALAN-JALAN YANG DILALUI PARADE. BISA DIBAYANGKAN, JALANAN JADI DIDOMINASI WARNA PUTIH BULU DOMBA, SEPERTI LAUTAN DOMBA, DAN LUCUNYA MEREKA BERJALAN BEGITU TERATUR DAN TIDAK MENIMBULKAN KEKACAUAN. MENGGEMBALAKAN BINATANG TERNAK MUSIMAN UNTUK MENCARI RUMPUT MEMANG MERUPAKAN KEGIATAN TRADISIONAL MASYARAKAT EROPA DI MASA LAMPAU. TERUTAMA DI PELABUHAN TUA OLD PORT MARSEILLE. DAN PARADE INI TERINSPIRASI DARI TRADISI TERSEBUT.
  4. 4. 3. MAKANAN KHAS MARSEILLE: BOILLABAISSE KALAU KE MARSEILLE, TIDAK LENGKAP JIKA ANDA TIDAK MENCICIPI MASAKAN MARSEILLE YANG TERKENAL DI SELURUH DUNIA, YAITU BOUILLABAISE, SEMACAM SUP IKAN. GASTRONOMI MARSEILLE INI AUTENTIK DAN SANGAT SEDERHANA, SUP IKAN BUKAN BERARTI MAKANAN DIGENANGI AIR, TETAPI MASAKAN IKAN DENGAN SAUS KUNING YANG TENTU SAJA DIMASAK DENGAN MINYAK ZAITUN. DALAM MASAKAN BOUILLABAISSE DAPAT ANDA TEMUKAN BEBERAPA JENIS IKAN BERBEDA. DI DAERAH PELABUHAN TUA VIEUX PORT MARSEILLE, BANYAK BERJEJER RESTORAN YANG MENYAJIKAN MENU BOUILLABAISE. HARGANYA PUN BERVARIASI, TETAPI ANDA HARUS CERMAT MEMILIH, KARENA TERKADANG RESTORAN-RESTORAN TERSEBUT TIDAK MENYAJIKAN BOUILLABAISE ASLI DENGAN RASANYA YANG KHAS LEZAT MENDUNIA. BOUILLABAISE ASLI BISA DITEMUKAN DI RESTORAN YANG TERPERCAYA DAN HARGANYA PUN TIDAK SEMURAH BOUILLABAISE TIDAK ASLI KARENA BOULLABAISE ASLI ITU MURNI DARI IKAN, SEDANGKAN YANG TIDAK ASLI KADANG DICAMPUR KERANG. JADI, KALAU SUDAH KE MARSEILLE, JANGANLAH MAU RUGI MAKAN BOULLABAISE BUKAN ASLI. BIASANYA BOUILLABAISE INI DIMAKAN DENGAN ROTI KERING YANG DIOLESI TARTINE.
  5. 5. 4. LOKASI WISATA TERBAIK DI MARSEILLE BEGITU MENJEJAKKAN KAKI PERTAMA KALI DI KOTA MARSEILLE ANDA AKAN DISUGUHI OLEH HAMPARAN LAUT MEDITERRANIA SEJAUH MATA MEMANDANG, DEBURAN OMBAK DI PANTAI DAN TERIAKAN BURUNG CAMAR. MEMASUKI PUSAT KOTA, KITA AKAN MENEMUKAN KATEDRAL ST. VICTOR, BANGUNAN KUNO PENINGGALAN JAMAN ROMAWI ABAD IV MASEHI. DARI GEREJA ST. VICTOR, KITA MENYUSURI PINGGIR PANTAI MENUJU PUSAT KOTA. AROMA LAUT AKAN TERUS MENEMANI KITA HINGGA KE PELABUHAN TUA ‘VIEUX PORT’. DARI PELABUHAN TUA KITA BISA MENYEWA PERAHU UNTUK MENUJU SEBUAH PULAU KECIL TEMPAT BERDIRINYA CHATEAU D’IF , BANGUNAN KOKOH ABAD VI YANG JUGA MERUPAKAN PENINGGALAN BANGSA ROMAWI. CHATEAU D’IF DULUNYA ADALAH BENTENG PERTAHANAN YANG DIPAKAI PARA PEROMPAK UNTUK MENYIMPAN HARTA MEREKA. DARI KEJAUHAN, KITA JUGA AKAN DAPAT MELIHAT SIMBOL KOTA MARSEILLE, NOTRE DAME DE LA GARDE YANG ARTINYA BUNDA PELINDUNG KAMI. NOTRE DAME DE LA GARDE MEMANG BERUPA PATUNG EMAS BUNDA MARIA YANG TERLETAK DI ATAS PUNCAK KATEDRAL, YANG LETAKNYA SENDIRI DI ATAS BUKIT CADAS. KALAU ANDA BERWISATA KE MARSEILLE SEMPATKANLAH BERKUNJUNG KE KATEDRAL INI, SELAIN DAPAT MELIHAT PEMANDANGAN INDAH DARI ATAS BUKIT TERUTAMA PADA MALAM HARI, PERJALANAN ANDA JUGA DIKATAKAN LENGKAP APABILA ANDA SUDAH MENGUNJUNGI NOTRE DAME DE LA GARDE. TETAPI, LENGKAP BELUM BERARTI PUAS BUKAN?. TAK PUAS RASANYA APABILA WISATA TIDAK DIISI DENGAN WAKTU UNTUK SHOPPING. MARSEILLE PUNYA TEMPAT YANG TEPAT UNTUK ITU, YAITU PUSAT PERBELANJAAN DI RUE CANEBIÈRE DAN RUE ST. FERRÉOL. WISATAWAN YANG INGIN MEMBELI OLEH-OLEH, BISA MENGHABISKAN UANGNYA DI SINI. BANYAK ORANG LEBIH SENANG BELANJA DI MARSEILLE DARIPADA BERBELANJA DI PARIS KARENA MENURUT MEREKA HARGA-HARGA SOUVENIR DI PARIS BISA JAUH LEBIH MAHAL.
  6. 6. 5. SAVON DE MARSEILLE OLEH-OLEH KHAS MARSEILLE SATU HAL LAGI YANG MENARIK DARI MARSEILLE ADALAH SAVON DE MARSEILLE ATAU SABUN MARSEILLE. SABUN YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN DARI KATA “MARSEILLE” INI MERUPAKAN SABUN TRADISIONAL YANG BERASAL DARI MINYAK NABATI DAN TELAH DIBUAT SECARA TRADISIONAL DI MARSEILLE SEJAK 600 TAHUN YANG LALU. DOKUMENTASI PEMBUAT SABUN PERTAMA DI WILAYAH ITU TERCATAT PADA SEKITAR TAHUN 1370, PADA TAHUN 1688, LOUIS KE-14 MENGELUARKAN PERATURAN YANG MEMBATASI PENGGUNAAN NAMA SAVON DE MARSEILLE PADA SABUN YANG DIBUAT DI DAERAH MARSEILLE DAN SEKITARNYA, DAN HANYA BOLEH MENGGUNAKAN MINYAK ZAITUN. SAMPAI SAAT INI PERATURAN TERSEBUT MASIH DITERAPKAN, MESKIPUN PERATURAN TERSEBUT TIDAK MEMBOLEHKAN PENGGUNAAN MINYAK NABATI LAIN. PADA TAHUN 1913 SABUN MARSEILLE DIPRODUKSI SECARA MASSAL OLEH LEBIH DARI 132 PERUSAHAAN PEMBUAT SABUN DI MARSEILLE. HINGGA SAAT INI HANYA TINGGAL SEDIKIT PABRIK SABUN YANG MASIH BEROPERASI MENGHASILKAN SABUN MARSEILLE. SECARA TRADISIONAL, SABUN DIBUAT DENGAN MENCAMPURKAN AIR LAUT DARI LAUT MEDITERANEAN DENGAN MINYAK ZAITUN, SODA ABU DAN LYE BERSAMA DALAM TONG BESAR. CAMPURAN INI KEMUDIAN DIPANASKAN SELAMA BEBERAPA HARI DENGAN PENGADUKAN KONSTAN. CAMPURAN KEMUDIAN DIENDAPKAN DAN SETELAH SIAP DITUANG KE DALAM CETAKAN DAN DIBIARKAN MENGERAS. SEMENTARA MASIH BELUM TERLALU KERAS BIASANYA SABUN MARSEILLE DIPOTONG MENJADI BATANG-BATANG DAN DISTEMPEL, KEMUDIAN BARU DIBIARKAN MENGERAS SEMPURNA. SELURUH PROSES DAPAT BERLANGSUNG SELAMA SEBULAN SAMPAI SABUN SIAP DIGUNAKAN.
  7. 7. 5. SAVON DE MARSEILLE OLEH-OLEH KHAS MARSEILLE SATU HAL LAGI YANG MENARIK DARI MARSEILLE ADALAH SAVON DE MARSEILLE ATAU SABUN MARSEILLE. SABUN YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN DARI KATA “MARSEILLE” INI MERUPAKAN SABUN TRADISIONAL YANG BERASAL DARI MINYAK NABATI DAN TELAH DIBUAT SECARA TRADISIONAL DI MARSEILLE SEJAK 600 TAHUN YANG LALU. DOKUMENTASI PEMBUAT SABUN PERTAMA DI WILAYAH ITU TERCATAT PADA SEKITAR TAHUN 1370, PADA TAHUN 1688, LOUIS KE-14 MENGELUARKAN PERATURAN YANG MEMBATASI PENGGUNAAN NAMA SAVON DE MARSEILLE PADA SABUN YANG DIBUAT DI DAERAH MARSEILLE DAN SEKITARNYA, DAN HANYA BOLEH MENGGUNAKAN MINYAK ZAITUN. SAMPAI SAAT INI PERATURAN TERSEBUT MASIH DITERAPKAN, MESKIPUN PERATURAN TERSEBUT TIDAK MEMBOLEHKAN PENGGUNAAN MINYAK NABATI LAIN. PADA TAHUN 1913 SABUN MARSEILLE DIPRODUKSI SECARA MASSAL OLEH LEBIH DARI 132 PERUSAHAAN PEMBUAT SABUN DI MARSEILLE. HINGGA SAAT INI HANYA TINGGAL SEDIKIT PABRIK SABUN YANG MASIH BEROPERASI MENGHASILKAN SABUN MARSEILLE. SECARA TRADISIONAL, SABUN DIBUAT DENGAN MENCAMPURKAN AIR LAUT DARI LAUT MEDITERANEAN DENGAN MINYAK ZAITUN, SODA ABU DAN LYE BERSAMA DALAM TONG BESAR. CAMPURAN INI KEMUDIAN DIPANASKAN SELAMA BEBERAPA HARI DENGAN PENGADUKAN KONSTAN. CAMPURAN KEMUDIAN DIENDAPKAN DAN SETELAH SIAP DITUANG KE DALAM CETAKAN DAN DIBIARKAN MENGERAS. SEMENTARA MASIH BELUM TERLALU KERAS BIASANYA SABUN MARSEILLE DIPOTONG MENJADI BATANG-BATANG DAN DISTEMPEL, KEMUDIAN BARU DIBIARKAN MENGERAS SEMPURNA. SELURUH PROSES DAPAT BERLANGSUNG SELAMA SEBULAN SAMPAI SABUN SIAP DIGUNAKAN.

×