Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Die SlideShare-Präsentation wird heruntergeladen. ×

BIAYA_PRODUKSI.pptx

Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Wird geladen in …3
×

Hier ansehen

1 von 18 Anzeige

Weitere Verwandte Inhalte

Aktuellste (20)

Anzeige

BIAYA_PRODUKSI.pptx

  1. 1. BIAYA PRODUKSI REGITA CAHYANI 11220350
  2. 2. —Pengertian Biaya “Biaya adalah pengeluaran ekonomis yang diperlukan untuk perhitungan proses produksi. Biaya ini didasarkan pada harga pasar yang berlaku dan pada saat proses ini sudah terjadi maupun belum terjadi.”
  3. 3. Biaya produksi adalah akumulasi dari semua biaya-biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau barang. Biaya- biaya ini meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya operasional barang / pabrik, dan lain sebagainya. Biaya produksi ini harus diakumulasi secara cermat untuk kemudian dihitung dan dibandingkan dengan laba kotor perusahaan. Pengertian biaya produksi
  4. 4. BIAYA PRODUKSI Biaya produksi adalah keseluruhan biaya produksi ekonomi yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi suatu barang. Biaya produksi ini memiliki definisi yang berbeda dengan biaya operasional. Bedanya dengan biaya operasional adalah biaya operasional merupakan biaya atau pengeluaran oleh suatu perusahaan untuk mendukung sistem kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Yang termasuk kedalam biaya operasional adalah seperti biaya perlengkapan toko, biaya asuransi, biaya tagihan telepon / listrik / air untuk perusahaan, biaya iklan, biaya pajak, biaya pengiriman, biaya perlengkapan kantor, biaya perawatan alat-alat kantor / perusahaan atau biaya perawatan mesin, dan lain sebagainya.
  5. 5. Biaya produksi dan non produksi Biaya produksi berbeda dengan biaya non produksi. Perbedaannya adalah biaya non produksi merupakan biaya yang erat kaitannya dengan fungsi pengembangan, pemasaran / distribusi, layanan pelanggan, desain maupun administrasi pada umumnya. Menurut ilmu ekonomi, biaya non produksi dapat dibagi kedalam dua kategori yakni biaya penjualan yang melingkupi tentang biaya pemasaran / distribusi, dan pelayanan kepada pelanggan. Serta yang kedua adalah mengenai administrasi yang melingkupi biaya pengembangan, adminitrasi umum dan pengembangan.
  6. 6. MENURUT PARA AHLI PENGERTIAN BIAYA PRODUKSI MENURUT PENDAPAT PARA AHLI
  7. 7. —Abdul Halim (1988: 5) “Definisi biaya produksi adalah akumulasi biaya yang berkaitan langsung dengan proses produksi suatu barang dan direkonsiliasi dengan pendapatan pada periode dimana barang tersebut dijual.”
  8. 8. MENURUT PARA AHLI “Pengertian biaya produksi adalah biaya yang terkait dengan produksi suatu barang, yaitu jumlah bahan langsung, upah langsung, dan biaya pabrik umum.” “Pengertian biaya produksi adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk memproses bahan baku dalam produk jadi, yang siap dijual.” -Mulyadi (1995: 14) —Amin Widjaja Tunggal (1993: 1)
  9. 9. MENURUT PARA AHLI “Biaya produksi adalah total biaya yang terkait dengan proses pembuatan barang dan penyediaan jasa.” “Pengertian biaya produksi adalah semua biaya yang terkait dengan barang yang diproduksi, di mana ada unsur biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya pabrik umum.” -M. Nafarin (2009: 497) -Hansen & Mowen (2002: 24)
  10. 10. Fungsi Dan Tujuan Penentuan Biaya Produksi Untuk Menetapkan Biaya Produksi Untuk Mengendalikan Biaya Untuk Membantu Dalam Pengambilan Keputusan
  11. 11. Secara umum, biaya produksi dapat dibagi menjadi 5 (lima) jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis biaya produksi, diantaranya: 1. Biaya tetap (Fixed Cost / FC), yaitu biaya pada periode tertentu dengan kuantitas tetap dan tidak tergantung pada hasil produksi perusahaan. Misalnya, sewa gedung, pajak perusahaan, biaya administrasi, dll. 2.Biaya variabel (Variable Cost / VC), yaitu biaya yang jumlahnya dapat bervariasi sesuai dengan hasil produksi perusahaan. Artinya, semakin tinggi hasil produksi,semakin tinggi biaya variabel. Misalnya, biaya tenaga kerja, biaya bahan baku yang dikeluarkan berdasarkan kuantitas produksi. 3. Total Cost (Total Cost/TC), yaitu merupakan total dari semua biaya tetap dan variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk jadi dalam periode tertentu. 4. Biaya rata-rata(Average Cost/AC),yaitu jumlah biaya produksi per unit yangdiproduksi. Biaya rata-rata dihitung dengan membagi biaya total dengan jumlah produk yang dihasilkan. 5. Biaya marjinal (Marginal Cost / MC), yaitu merupakan biaya tambahan yang diperlukan untuk menghasilkan satu unit produk jadi.Biaya biaya ini timbul Ketika ekspansi produksi dilakukan untuk meningkatkan jumlah barang yang diproduksi. Fungsi Dan Tujuan Penentuan Biaya Produksi
  12. 12. Unsur-Unsur Biaya Produksi 1. Direct Material Cost (Biaya Bahan Baku Langsung) Biaya ini adalah bahan yang digunakan langsung untuk menghasilkan produk jadi yang siap dipasarkan. Bahan baku ini mencakup semua bahan yang dapat diidentifikasi secara fisik sebagai bagian dari produk jadi. 2. Direct Labour Cost (Biaya Tenaga Kerja Langsung) Pekerja mengkonversi bahan baku langsung menjadi produk jadi yang siap dipasarkan. Tenaga kerja langsung adalah biaya untuk semua pekerja langsung yang berada dan diberdayakan untuk secara langsung mengelola kegiatan produksi. 3. Factory Overhead (Biaya Overhead Pabrik) Biaya overhead pabrik adalah semua biaya pembuatan yang tidak langsung kembali ke produk tertentu. Beberapa elemen biaya overhead pabrik, yaitu:  Bahan Baku Tidak Langsung dan Biaya Tenaga Kerja  Biaya Penyusutan (depresiasi ) dan Amortisasi Aset Tetap (aktiva tetap)  Biaya Perbaikan dan Pemeliharaan Mesin dan Biaya Listrik dan Air  Biaya Asuransi Pabrik dan Biaya Umum Lainnya
  13. 13. Teori Biaya Produksi Oleh Adam Smith 1. Analisis Biaya Produksi Untuk menghitung total biaya tetap (Total Fixed Cost) adalah menambahkan biaya tetap (FC) dengan biaya variabel (VC).Total biaya (TFC) adalah total biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk membeli semua kebutuhan barang dan jasa yang akan digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan / memproduksi suatu barang. Total biaya tetap dihitung untuk mendapatkan faktor-faktor produksi yang tidak dapat berubah dalam kuantitas.
  14. 14.  Total variable cost (TVC) adalah total biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan faktor produksi variabel.  Cara menghitung biaya tetap rata-rata (AFC) adalah dengan total biaya dibagi dengan jumlah produksi.  Cara untuk menghitung biaya variabel rata-rata (AVC) adalah membagi biaya variabel total (TVC) dengan jumlah produksi.  Cara menghitung biaya total rata-rata (CA) adalah dengan total biaya dibagi dengan jumlah produksi.  Biaya marjinal (MC) diperoleh dengan menambahkan biaya produksi yang digunakan untuk meningkatkan produksi suatu unit barang / produk.
  15. 15. Teori Biaya Produksi Oleh Adam Smith 2. Membuat Laporan Biaya Produksi. Laporan biaya produksi juga disebut laporan harga pokok produksi. Perhitungan laporanm biaya produksi ini memprioritaskan perhitungan 3 hal, yaitu:  Data produksi. Dimana laporan harus dibuat mengenai perincian jumlah produk yang melewati proses pembuatan, jumlah produk yang telah selesai, dan jumlah total produk yang diproduksi dari awal hingga selesai dalam suatu periode.  Biaya dibebankan. Dimana laporan harus dibuat mengenai rincian harga satuan per produk / per item, yang mencakup biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan
  16. 16.  Perhitungan harga pokok. Dimana laporan harus dibuat mengenai perincian biaya produk saat barang telah selesai diproduksi, dan masuk ke departemen produksi, untuk memasuki gudang tempat pengemasan dan penyimpanan produk jadi tersebut.
  17. 17. Perbedaan Biaya Produksi dan Biaya Non-Produksi Biaya produksi berbeda dari biaya non-produksi. Perbedaannya adalah bahwa biaya nonproduksi adalah biaya yang berkaitan erat dengan pengembangan umum, pemasaran / distribusi, layanan pelanggan, desain, dan fungsi administrasi. Bergantung pada ekonomi, biaya non-produksi dapat dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu: 1. Biaya penjualan yang mencakup biaya pemasaran / distribusi dan layanan pelanggan. 2. Biaya administrasi yang mencakup biaya pengembangan, administrasi umum dan pengembangan.
  18. 18. Terimakasih! REGITA CAHYANI 11220350 1EA24

×