Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Ikhtiar, Do'a, dan Tawakal dalam Menghadpi covid 19

880 Aufrufe

Veröffentlicht am

Ikhtiar, Do'a, dan Tawakal dalam Menghadpi covid 19

Veröffentlicht in: Bildung
  • Loggen Sie sich ein, um Kommentare anzuzeigen.

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Ikhtiar, Do'a, dan Tawakal dalam Menghadpi covid 19

  1. 1. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A
  2. 2. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Payung patah melayang di angkasa Hari selasa pergi ke istana Berlindunglah kepada Allah Yang Maha Kuasa Dari segala wabah dan bencana Macan lapar mati dipanah Rusa lari karena diburu Jangan Keluar dari rumah Jika tidak ada perlu Bagus mempesona sarang lebah Jati Indonesia menjadi sarangnya Virus Corona sedang mewabah Hati-hati jaga diri dan keluarga Macan dan Singa menyantap mangsa Buaya dan cicak putus ekornya Jangan lengah tetap waspada Supaya tak terkena virus Corona
  3. 3. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Ikhtiar Ikhtiar berasal dari bahasa arab yaitu ‫ار‬‫ي‬‫اخت‬ yang berarti berusaha mencari hasil yang lebih baik. Adapun menurut istilah ikhtiar berarti berusaha dengan mengerahkan segala kemampuan yang ada untuk meraih suatu harapan dan keinginan yang dicita-citakan, Dengan istilah yang lain, ikhtiar adalah berusaha denga sungguh-sungguh, sepenuh hati, dan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya.
  4. 4. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Apa yang bisa kita iktiarkan atau yang bisa kita usahakan berkaitan dengan kovid19? Apabila kita ingin selamat dari acaman virus Corona yang mematikan itu, maka kita harus memperhatikan petunjuk dari para ahli di bidang kesehatan sebab merekalah yang secara khusus mendalami ilmu di bidang ini, yaitu kita menghindari berkumpul dalam jumlah besar dalam waktu dan tempat yang sama. Alasannya adalah hal semacam ini berpotensi menularkan dan menyebarkan virus Corona dengan terjadinya kontak fisik secara langsung di antara orang-orang yang berkumpul itu.
  5. 5. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Apakah usaha atau ikhtiar kita agar terhindar dari tertular atau menularkan virus Corona memiliki dasar di dalam ajaran Islam yaitu disebutkan dalam Q.S. Ar- Ra’d:11 “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”. Merujuk pada ayat tersebut, ancaman virus Corona bisa saja akan terus berlangsung sampai adanya usaha-usaha nyata bagi kita. Karena kita sebagai pelajar dan warga masyarakat maka harus mengikuti apa yang disampaikan oleh pemerintah
  6. 6. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Menurut bahasa doa berasal dari Bahasa Arab ‫الدعاء‬ yang berasal dari kata “ ‫داعي‬,‫يدعو‬,‫دعاء‬ atau ‫داعى‬,‫يدعو‬,‫دعوة‬ “ memiliki bermacam-macam arti, yaitu menyeru, memanggil, memohon, dan atau meminta. Pengertian “‫الدعاء‬ “ pada umumnya diartikan sebagai suatu permohonan keinginan yang besar kepada Allah SWT. Dengan demikian doa merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting dalam diri manusia, dan doa juga merupakan suatu cara atau jalan agar manusia selalu ingat kepada Allah SWT. Maka secara tidak langsung doa merupakan dzikir kepada Allah SWT.
  7. 7. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Doa sering dilupakan oleh manusia, karena manusia masih banyak yang menganggap bahwa doa itu kurang penting, sehingga manusia tidak mengakui keberadaan doa tersebut. Padahal, doa menjadi salah satu sebab tertolaknya suatu bencana, dengan kata lain doa bisa dikatakan sebagai perisai atau senjata. Di samping itu doa adalah obat penawar yang paling manjur, sehingga ia menjadi musuh bagi bala (petaka). Doa dapat menolaknya, menghilangkannya, menyembuhkannya, atau meringankannya, jika bala tersebut telah turun.
  8. 8. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Allah akan menjawab atau memberikan ijabah atau mengabulkan terhadap apa yang menjadi permohonan kita dalam menghadapi berbagai macam persoalan termasuk virus Corona jika kita berdoa kepada Allah SWT, sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Baqarah:186
  9. 9. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku berta-nya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran Q.S. Al-Baqarah: 186 Adapun hikmah berdoa kepada Allah SWTdalam kaitannya dengan ikhtiar adalah bahwa ikhtiar batin ini akan mendekatkan kita kepada Allah SWT, oleh karena itu doa akan memperlancar tercapainya apa yang kita ikhtiarkan dan apa yang kita inginkan. Hikmah lain dari berdoa adalah kita akan terhindar dari sifat sombong, congkak dan angkuh karena apabila kita berhasil ini bukan semata-mata karena ikhtiar kita sendiri, tapi karena izin Allah.
  10. 10. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Selain melakukan ikhtiar dan doa kepada Allah dalam upaya kita melepaskan diri dari ancaman virus Corona, ada satu hal lagi yang tidak boleh kita tinggalkan, yakni tawakal. Seperti kita ketahui dan mungkin sering kita alami bahwa tidak setiap yang kita usahakan atau mohonkan akan tercapai dengan segera sebagaimana kemauan kita. Allah-lah yang mengatur seluruh alam dengan segala permasalahannya.
  11. 11. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A
  12. 12. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Dengan demikian Tawakal berarti berserah diri kepada Allah dengan segala takdir atau ketentuan-Nya setelah adanya Ikhtiar atau usaha dengan sungguh-sungguh. Adapun ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan tawakal adalah Q.S. Ali Imran:159 ....apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal
  13. 13. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Corona Petanda Apa; Segera Sirna Tanpa Korban Nyawa Oleh: Prof Dr KH Akhmad Mujahidin, S.Ag, M.A.g (Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau) Ya Allah, segalanya di tanganMu. Meski sudah berusaha dengan penuh. Misteri dibalik apa yang terjadi tidak tahu. Para dokter dan ahli kesehatan sudah berpeluh. Upayakan bisa usir corona setiap waktu. Namun katanya sih…masih tetap tidak mau. Masih saja datang dan senang mengganggu. Sebagai manusia sudah berusaha. Dengan memakai cara dan usaha apa saja. Mengapa ya Allah…corona tidak mau enyah. Bahkan justru menakut-nakuti siapa saja.
  14. 14. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Mereka seperti burung ababil yang menyerang Raja Abraha. Tapi kami yang beragama juga bisa saja kena. Mengapa ya Allah….sungguh kami hampir putus asa. Semua panik seperti tertekan ketakutan luar biasa. Hanya Engkau yang tahu misteri. Meskipun orang bilang ini pandemi dan epidemi. Entahlah yang benar-benar tidak diketahui. Mungkin ini sebuah simbol yang menunjuki. Sesungguhnya kami sudah tidak lagi bersahabat di bumi. Sering perankan drama palsu tidak asli. Ya Allah….tetap kami mohon ampuni. Segala khilaf dan salah yang tidak terhitung lagi. Ilahi… lastu lilfirdausi ahla, wa la aqwa ‘ala naril jahimi. Fahabli taubatau waghfir dzunubi. Fainnaka ghafirudzanbil adzimi.
  15. 15. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Daftar Pustaka  Departemen Agama, 2006, Al-Qur’an dan Terjemahnya Standar Depag. Jakarta: Departemen Agama RI.  Sumber:https://www.kompasiana.com/wiwin10587/5e971901d541df62 16185d23/pantun-nasehat-terkait-virus-corona  Sumber: https://uin-suska.ac.id/2020/03/19/sajak-dan-doa-untuk- corona/  Sumber:https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan- ikhtiar/66750/3  Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/118042/pentingnya-ikhtiar- -doa--dan-tawakal-menghadapi-virus-corona.  Sumber: https://ridwan202.wordpress.com/istilah-agama/doa
  16. 16. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A Sebelum pembelajaran ini selesai bapak akan membacakan doa terlebih dahulu, mudah-mudah wabah korona yang ada saat ini cepat berakhir. ‫اخل‬ ‫الشركرين‬ ‫ا‬ ‫محد‬ Dengan menyebut nama-Mu yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Engkau tidak pernah pilih kasih dan tidak pernah pilih sayang, dan sayang-Mu tidak terbilang. Yaa Allah pada hari ini kami bermunajat kepada-Mu untuk keselamatan bangsa dan negara yang kami cintai ini. Yaa Allah angkatlah wabah corona yang sedang melanda ummat manusia di permukaan bumi pada saat ini. Yaa Allah Yaa Salam, Negara kami yang sedang dilanda wabah corona, sehingga saat ini kami merasa takut, cemas, dan was-was, oleh karena itu, wahai Zat Yang Maha Kuasa, selamatkanlah Bangsa dan Negara kami dari wabah korona. Yaa Allah Yaa Ghoffar, Engkau Maha Pengampun, kami sadar sudah terlalu banyak dosa dan kesalahan yang telah kami perbuat selama ini, untuk itu Yaa Allah ampuni semua dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan. ‫بنر‬‫اتنر‬‫ىف‬‫الد‬‫نير‬‫حسنة‬‫اخل‬
  17. 17. DOA N E X S IKTIAR H O M ETAWAKAL P U S T A K A T E M A

×