Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.
DISUSUN OLEH :
NUNUNG AYU NOVI
RUGAYAH
YUNISA
INDAH ARIYANTI
FICKY LAMATA JAYA AGUNG
WINDASARI
CLAUDIAZ AAN PRAYOGA
Mikrobiologi berasal dari bahasa Yunani yaitu
Mikros = kecil
Bios = hidup, dan Logos = ilmu
Mikrobiologi adalah ilmu yang ...
Sejarah kehidupan mikroba dinyatakan oleh
aristoteles (384 SM) makhluk hidup yang kecil
(mikroorganisme, mikroba, jasad re...
 Pada tahun 1860 louis pasteur membuktikan
bahwa abiogenesis merupakan sesuatu yang
tidak mungkin, maka ia memperkuat den...
 Louis pasteur pada tahun 1854
mengemukakan tentang germ theory of
disease, menyatakan bahwa salah satu
penyebab penyakit...
 Pada tahun 1864 joseph lister, seorang ahli
bedah berkebangssaan inggris , mendeteksi
infeksi yang terjadi pada luka. de...
 Aplikasi mikrobiologi dalam bidang
kebidanan akan meliputi mikroba yang
terkait dengan penyakit akibat hubungan
seksual ...
 Taksonomi adalah ilmu klasifikasi yang
mengelompokan mikroba menjadi kategori-
kategori berbagai tingkatan, menguraikan
...
Kedudukan mikroba pada posisi yang sulit,
karena sebagai mikroba terletak diantara
tumbuhan dan binatang. Haekel (1866)
me...
 Yaitu nama suatu mikroba terdiri atas dua
suku kata. kata pertama menunjukan nama
Genus sedangkan kata yang kedua
menunj...
 Istilah flora normal merujuk beberapa
populasi sekelompok mikroba yang mendiami
kulit dan selaput mukosa hewan dan manus...
Bagian-bagian dari sel terdiri dari membran
sel, mesosom, nukleus, ribosom, pili, kapsul,
dinding sel, membran sitoplasma.
 Ada beberapa cara penggolongan bakteri
yaitu:
1. Berdasarkan kemampuan
memepertahankan zat asam
2. Berdasarkan reaksi te...
 Cara perkembangan bakteri dapat terjadi
dengan spora dan tanpa spora.
 Perkembangbiakan mikroba dengan cara
prakmitasi ...
Interaksi (hubungan timbal balik) antara kuman
dan hospes bisa berupa :
1.Sintrofisme
2. Kompetisi
3. Simbiosis
a. simbios...
 Flora dalam tubuh manusia dapat menetap
atau transient. Mikroba normal yang
menetap tersebut dapat dikatakan tidak
menye...
THANK YOU
THANK YOU
THANK YOU
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×
Nächste SlideShare
Mikrobiologi dasar
Weiter
Herunterladen, um offline zu lesen und im Vollbildmodus anzuzeigen.

7

Teilen

Herunterladen, um offline zu lesen

Konsep dasar mikrobiologi

Herunterladen, um offline zu lesen

Ähnliche Bücher

Kostenlos mit einer 30-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen

Ähnliche Hörbücher

Kostenlos mit einer 30-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen

Konsep dasar mikrobiologi

  1. 1. DISUSUN OLEH : NUNUNG AYU NOVI RUGAYAH YUNISA INDAH ARIYANTI FICKY LAMATA JAYA AGUNG WINDASARI CLAUDIAZ AAN PRAYOGA
  2. 2. Mikrobiologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Mikros = kecil Bios = hidup, dan Logos = ilmu Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk yang terlalu kecil untuk di lihat secara jelas dengan mata telanjang.
  3. 3. Sejarah kehidupan mikroba dinyatakan oleh aristoteles (384 SM) makhluk hidup yang kecil (mikroorganisme, mikroba, jasad renik) itu berasal dari benda mati (awal dari paham spontaneous generation) kemudian di pertegas oleh needham (1750), menyatakan bahwa mikroba terjadi secara spontan dari benda-benda tidak hidup dalam suatu cairan bahan organik. Spallanzani merintis teori biogenesis dan faham ini dilanjutkan oleh Schultzee dan Schwann (1836) yang berlawanan dengan teori aristoteles.
  4. 4.  Pada tahun 1860 louis pasteur membuktikan bahwa abiogenesis merupakan sesuatu yang tidak mungkin, maka ia memperkuat dengan adanya omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo. Perkembangan dibidang mikrobiologi menjadi pesat ketika seorang peneliti Belanda yang bernama anthony leeuwenhook  Pada tahun 1685, ia mengembangkan alat besar sederhana menjadi mikroskop. Sehingga ia mendapatkan julukan sebagai orang yang meletakkan dasar-dasar mikrobiologi.
  5. 5.  Louis pasteur pada tahun 1854 mengemukakan tentang germ theory of disease, menyatakan bahwa salah satu penyebab penyakit adalah kuman. Karena jasa nya yang banyak louis kemudian di juluki sebagai father of mikrobiology.kemudian robert kock , 1876 menemukan kuman penyeban penyakit anthrak, yang disebut bacillus antrhacis. Selain itu, robert kock telah menemukan penyakit septicaemia, ia juga menemukan kuman TBC serta kuman kolera pada tahun 1884
  6. 6.  Pada tahun 1864 joseph lister, seorang ahli bedah berkebangssaan inggris , mendeteksi infeksi yang terjadi pada luka. denga kata lain ia telah menemukan antiseptik yaitu uisters antiseptic yang juga sebagai germ destroying methode.  penemuan lain dalam mikrobiologi adalah loeffler (1884) menemukan kuman penyebab diptheria.kemudian neisser (1879) menemukan bakteri penyebab penyakit kelamin gonorrchea. kitasato (1884) menemukan kuman penting sebaga penyebab penyakit tetanus yaitu clostridium tetani. ia jga menemukan penyakit pes (sampar).
  7. 7.  Aplikasi mikrobiologi dalam bidang kebidanan akan meliputi mikroba yang terkait dengan penyakit akibat hubungan seksual (PHS) DAN PENYAKIT menular lainnya yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus serta infeksi parasit lainnya di dalam kehamilan. Diantara mikroba tersebut dapat menjadi perantara sehingga wanita terinfeksi mikroba yang lainnya (infeksi sekunder ).
  8. 8.  Taksonomi adalah ilmu klasifikasi yang mengelompokan mikroba menjadi kategori- kategori berbagai tingkatan, menguraikan dan memberi nama kategori tersebut.  Nomenklatur (pemberian nama ) merupakan bagian dari taksonomi tersebut.  Taksonomi terdiri atas 2 bagian yaitu : klasifikasi dan identifikasi mikroba
  9. 9. Kedudukan mikroba pada posisi yang sulit, karena sebagai mikroba terletak diantara tumbuhan dan binatang. Haekel (1866) mengusulkan agar mikroba di tempatkan dalam dunia yang terpisah baik dari tumbuhan maupun dari binatang yang di sebut sebagai protista. Klasifikasi mikroba yang di anut hingga sekarang adalah : 1. Protista (eukareotik) meliputi algae, protozoa dan jamur. 2. Prokariotik, yang meliputi kuman-kuman, sianobakteria dan arkhebakteria.
  10. 10.  Yaitu nama suatu mikroba terdiri atas dua suku kata. kata pertama menunjukan nama Genus sedangkan kata yang kedua menunjukkan nama spesies  Nama genus di awali dengan HURUF BESAR.  Nama spesies tidak perlu huruf besar (kecil)  Penulisan binomial nomenklatur berbeda dengan kata-kata utamanya, misalnya dengan cetak miring atau garis bawah.
  11. 11.  Istilah flora normal merujuk beberapa populasi sekelompok mikroba yang mendiami kulit dan selaput mukosa hewan dan manusia yang normal serta sehat.  Peran flora menetap dapat mencegah kolonisasi oleh bakteri patogen yang kemungkinan timbulnya penyakit.  Flora normal pada vagina pada sebagian wanita intoitus vagina mengandung banyak flora daerah perineum dan perianal.
  12. 12. Bagian-bagian dari sel terdiri dari membran sel, mesosom, nukleus, ribosom, pili, kapsul, dinding sel, membran sitoplasma.
  13. 13.  Ada beberapa cara penggolongan bakteri yaitu: 1. Berdasarkan kemampuan memepertahankan zat asam 2. Berdasarkan reaksi terhadap gram 3. Berdasarkan bulu cambuknya 4. Berdasarkan atas bentk luarnya
  14. 14.  Cara perkembangan bakteri dapat terjadi dengan spora dan tanpa spora.  Perkembangbiakan mikroba dengan cara prakmitasi ditunjukkan dengan terputus- putusnya bakteri sehingga setiap bagian menjadi individu yang baru.  Selain itu dapat juga dengan cara penguncupan.  Pembelahan sel atau mikroba teradi dengan cara pembelahan binair dan konjugasi
  15. 15. Interaksi (hubungan timbal balik) antara kuman dan hospes bisa berupa : 1.Sintrofisme 2. Kompetisi 3. Simbiosis a. simbiose mutualisme b. Simbiose komensalisme c. Simbiose parasitisme
  16. 16.  Flora dalam tubuh manusia dapat menetap atau transient. Mikroba normal yang menetap tersebut dapat dikatakan tidak menyebabkan penyakit, bahkan bisa menguntungkan, bila ia berada ditempat yang semestinya dan tubuh dalam keadaan normal. Mereka menyebabkan penyakit kalau terjadi ketidak seimbangan biologis, alias daya tahan tubuh menular atau ada faktor predesposisi.
  17. 17. THANK YOU THANK YOU THANK YOU
  • FerinaDewi

    Sep. 18, 2019
  • evaseptiana54

    Nov. 11, 2015
  • EkaFitriyanti

    Sep. 26, 2015
  • anthyfiqi

    Mar. 7, 2015
  • AhmadGhazalichaniag0

    Feb. 21, 2015
  • tayuraeniwtidstarlit1

    Nov. 6, 2014
  • AwaluddinAwaluddin

    Oct. 15, 2014

Aufrufe

Aufrufe insgesamt

12.045

Auf Slideshare

0

Aus Einbettungen

0

Anzahl der Einbettungen

77

Befehle

Downloads

279

Geteilt

0

Kommentare

0

Likes

7

×