Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.

Weitere Verwandte Inhalte

proposal usaha bimbingan belajar

  1. 1. PROPOSAL USAHA BIMBINGAN BELAJAR DISUSUN OLEH: NUR AWALIAH (361 11 006) FATIMAH SYAHRAH MUKHTAR (361 11 007) BADARIAH T (361 11 008) SUPRI WAHID (361 11 009)
  2. 2. BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Seiring dengan semakin padatnya populasi penduduk yang tidak diikuti peningkatan penghasilan perkapita menjadikan masyarakat memiliki beban berat dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam hal ini kebutuhan hidup manusia yaitu, meliputi pangan, sandang, dan papan serta kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat pula terutama salah satunya di Indonesia, pemenuhan kebutuhan pendidikan baik formal maupun non – formal sangat dibutuhkan karena hal ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap penduduk dalam rangka peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia).
  3. 3. Ada dua jenis pendidikan yang kita kenal di masyarakat kita, yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal (seperti kursus atau bimbingan belajar) Pendidikan formal jelas tujuannya untuk memperoleh jenjang keberhasilan yaitu kelulusan. Disini kita akan mendapatkan titel seperti sarjana muda, sarjana, magister dan sebagainya. Dalam hal ini pendidikan luar sekolah memiliki peranan yang tidak kalah penting. Pendidikan ini berfungsi untuk membantu sang anak didik untuk memaksimalkan potensinya yang mungkin belum seluruhnya bisa diperoleh melalui jenjang pendidikan formal.
  4. 4. Baik tidaknya mutu dan kualitas jasa sebetulnya sangat dipengaruhi oleh fasilitas yang diberikan kepada customer. Apabila fasilitas yang diberikan itu memadai maka bukan tidak mungkin jika usaha yang kita jalankan akan memenuhi baik mutu maupun kualitasnya. Adapun jenis fasilitas pokok yang seharusnya diberikan pada customer antara lain, yaitu pemberian materi dan teknik pengajaran yang lain daripada yang lain. Hal yang paling berperan dalam memenuhi kepuasan cutomernya adalah para staff pengajarnya. Sistem pengajaran yang memuaskan akan menjadi senjata ampuh dalam mengembangkan usaha tersebut.
  5. 5. Untuk itu lembaga kursus menjadi salah satu alternatif yang dipilih masyarakat untuk lebih menggali potensi yang dimiliki siswa didik, memperkaya ilmu dan memberikan pelajaran yang tidak sepenuhnya didapat anak didik dari sekolah. Mengenai permasalahan di atas, maka kami tertarik untuk melakukan studi kelayakan usaha dalam bidang jasa pendidikan. Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk anak didik kami dengan biaya yang terjangkau untuk semua kalangan. Atau dengan kata lain, lembaga ini dapat memenuhi kebutuhan pendidikan setiap peserta didik tanpa menitik beratkan biaya yang menjadi beban para orangtua peserta didik.
  6. 6. 1.2 Tujuan Tujuan umum: - Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa - Ikut mempersiapkan generasi yang cerdas dan mampu menjawab tuntutan jaman - Ikut meningkatkan Sumber Daya Manusia di Indonesia - Mewujudkan sarana dan fasilitas pendidikan yang baik yang mampu menunjang aktifitas pendidikan yang telah direncanakan sehingga dapat mencetak lulusan yang berkualitas.
  7. 7. Tujuan khusus: - Memberikan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat - Memberikan Alternatif pendidikan kepada masyarakat 1.3 Nama Lembaga Lembaga ini bernama “Bright Choice”
  8. 8. 1.4 Penyelenggara Lembaga ini didirikan dan diselenggarakan oleh 4 orang individu yang mempunyai kepedulian terhadap dunia pendidikan yang berkualitas, mereka adalah Nur Awaliah , Fatimah Syahrah Mukhtar , Badariah T , dan Supri Wahid 1.5 Tempat Penyelenggaraan Lembaga ini berlokasi di Jalan Dr. Sam Ratulangi No 16 Makassar
  9. 9. 1.7 Jenis Pendidikan Jenis pendidikan yang kami selenggarakan, yaitu: Kursus Akuntansi Kursus ini mengajarkan Akuntansi dengan berbagai tingkat yaitu tingkat dasar, tingkat menengah dan dan tingkat tinggi.
  10. 10. 1.8 Sasaran Program-program dalam bimbingan belajar ini sengaja dibuka untuk SMA/SMK dan Mahasiswa yang ingin memiliki kemampuan di bidang Akuntansi ataupun keahlian di bidang komputer dengan cepat dan mudah. Baik bagi pemula maupun yang sudah pernah kursus. Dengan metode pengajaran yang begitu mudah, praktis, tidak teoritis dan materi yang disajikan disampaikan oleh staff pengajar yang berkualitas diharapkan siswa didik mampu menerima materi dengan baik.
  11. 11. BAB 2 RINGKASAN BISNIS 2.1 Profil Usaha Nama Usaha : Bright Choice Jenis Usaha : Jasa Alamat Usaha : Jln, Dr Sam Ratulangi N0 16 Telepon : (0411) 434 768
  12. 12. 2.2 Gambaran Awal Usaha Usaha ini merupakan usaha kami yang pertama. Dalam kursus ini yang menjadi staff pengajar adalah kami berempat. Namun apabila dikemudian hari kursus ini berkembang pesat maka tidak menutup kemungkinan kami akan mengangkat beberapa orang tentor yg bisa membantu kami dalam menjalankan usaha ini. Sumber dana yang kami gunakan untuk mendirikan usaha ini berasal dari kami berempat yang secara bersama-sama menyetorkan modal sebagai modal awal. Masing-masing sebesar 10.000.000 dengan kata lain bahwa modal awal untuk usaha kami adalah 40.000.000
  13. 13. 2.3 Aspek Pemasaran Bimbingan belajar ini dibuka untuk pelajar SMA/SMK dan Mahasiswa. Dalam bimbingan belajar ini siswa mendapatkan modul yang telah disediakan, selain itu bimbingan belajar ini juga memberikan fasilitas yang membuat para pelajar nyaman selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.
  14. 14. Tenaga pengajar yang disediakan juga masih berusia muda, agar murid dengan pengajar dapat mengakrabkan diri dengan mudah. Adapun program yang ditawarkan adalah: 1. Untuk pelajar SMA/SMK : mata pelajaran Pengantar Akuntansi, Pengantar Perpajakan 2. Untuk Mahasiswa :Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan (Advance) , Pengantar Akuntansi, Pengantar Perpajakan, Intermediate.
  15. 15. Dalam bagian ini kami paparkan beberapa program yang kami tawarkan dalam bimbingan belajar akuntansi yang akan kami realisasikan dan kembangkan. Programprogram dalam bimbingan belajar ini sengaja dibuka untuk SMA/SMK dan Mahasiswa yang ingin memiliki kemampuan di bidang akuntansi dengan cepat dan mudah. Adapun program yang ditujukan kepada pelajar tingkat SMA/SMK sampai Mahasiswa adalah sebagai berikut :
  16. 16. Tabel Biaya kursus Akuntansi per bulan No 1 2 3 4 Jenis Pengantar Akuntansi Intermediate Advance Pengantar Perpajakan Biaya Rp. 100.000 Rp. 125.000 Rp. 150.000 Rp. 150.000
  17. 17. 2.4 Aspek yuridis Aspek yuridis berguna sebagai bukti bahwa usaha yang kita jalankan memiliki dasar hukum yang jelas. Sehingga usaha yang kita jalankan dapat dengan mudah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi karena legal keberadaannya. Untuk tahap pertama kami membuat ijin dengan melapor kepada ketua RT setempat untuk mengurus Surat Ijin Gangguan Lingkungan. Setelah surat ijin gangguan lingkungan selesai, maka dengan pertimbangan efektif, efisiensi, dan tepat guna maka kami menggunakan jasa notaris untuk melegalkan usaha kami yang meliputi pengurusan NPWP, TDP, SIUP.
  18. 18. 2.5 Aspek Teknik Pelayanan Pemanfaatan tempat, cukup strategis. Karena sekitar 100 meter dari lokasi terdapat SMA/SMK dan selain itu daerah ini cukup mudah untuk dijankau karena jalur pusat. Dengan kapasitas tempat yang dapat dibuat 6 ruangan yang dapat digunakan sebagai kelas dan ruang para tentor, setiap kelasnya dapat menampung 15 siswa, maka keseluruhan dapat menampung 75 siswa. Dengan fasilitas yang standart diharapkan dapat meminimalisir cost dalam variable cost. Karena dalam usaha ini kami tidak menyediakan fasilitas yang mewah, tetapi kami menyediakan pengajaran yang berkualitas. Dalam pelaksanaannya, kegiatan bimbingan belajar ini akan mendekatkan antara siswa dengan tentornya. Agar terjalin komunikasi yang baik dan keharmonisan.
  19. 19. Ada beberapa hal kunci sukses kami dalam menjaga keloyalitasan customer, yaitu; 1. Konsisten dalam melayani siswa 2. Kemampuan dan keterampilan petugas serta keramahan dan kepercayaan 3. Kesigapan dalam menyelesaikan masalah 4. Suasana belajar yang nyaman dan tidak membosankan 5. Mudah dimengerti, mudah dipahami, dan pemahaman terhadap keinginan konsumen.
  20. 20. 2.6 Aspek Finansial Jumlah biaya usaha secara keseluruhan ditaksir sebanyak Rp. 70.000.000,Yang diperinci dalam 5 komponen seperti diuraikan di bawah ini. 1.1 Biaya sewa gedung / tahun 1.2 Perabotan dan peralatan belajar mengajar 1.3 Biaya renovasi dan persiapan Jumlah biaya usaha Rp. 10.000.000 Rp. 15.000.000 Rp. 5.000.000 Rp. 30.000.000
  21. 21. •Taksiran pengeluaran rutin (fix cost)/ bulan 1. 2. 3. 4. 5. Rekening listrik, telepon, air Penyusutan peralatan kantor Iuran keamanan Biaya tak terduga Gaji Tentor (4 x Rp. 1.000.000) + Total fix cost/ bulan Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 100.000 Rp. 300.000 Rp. 4.000.000 Rp. 5.800.000
  22. 22. Pendapatan Pendapatan utama dari usaha ini berasal dari anak didik kami. Untuk awal kami menargetkan untuk membuka masing-masing 1 kelas akuntansi dari setiap jenis tingkatan. Jadi ada 4 kelas yang rencananya akan kami buka. Setiap kelas terdiri dari 15 orang. Jadi rincian penerimaan kami perbulan sbb:
  23. 23. No Kelas Pendapatan 1 Pengantar Akuntansi 1.500.000 2 Intermediate 1.875.000 3 Advance 2.250.000 4 Pengantar Perpajakan 2.250.000 Total Pendapatan 7.875.000 Pendapatan per bulan itu kemudian dikurangi dengan biaya tetap per bulan dikurangi dengan tetap per bulan. Maka pendapatan bersih yang kami terima perbulan adalah 3.075.000 Dan akan mencapai titik BEP di pada bulan ke 10 setelah usaha ini kami jalankan.
  24. 24. 2.7 Aspek Sosial Dengan didirikannya lembaga kursus ini, kami juga berharap bisa membantu perekonomian penduduk di sekitar lokasi lembaga. Mereka dapat membuka warung makanan, alat tulis, fotocopy dan sebagainya.
  25. 25. BAB III KESIMPULAN Pendirian lembaga bimbingan belajar Bright Choice ini dinilai layak dari sisi pasar dan financial. Lokasi pendirian lembaga ini pun sangat strategis sehingga mudah dijangkau. Selain itu, biaya kursusnya pun relatif murah. Kesimpulan dari permasalahan studi kelayakan yang kami lakukan yaitu; 1. Model usaha bimbingan belajar yang kami jalankan adalah bimbingan belajar untuk siswa SMA/SMK dan Mahasiswa 2. Tipe pengajaran yang diterapkan adalah mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa.
  26. 26. 3. Kebijakan pemerintah yang melarang sekolah negeri untuk menyelenggarakan pelajaran tambahan dengan memungut biaya, maka bimbingan belajar kami sebagai alternative guna menunjang prestasi. Secara keseluruhan usaha bimbingan belajar memiliki prospek yang cerah untuk dilakukan. Karena didukung oleh kebijakan pemerintah yang melarang sekolah negeri untuk menyelenggarakan kursus atau pelajaran tambahan yang memungut biaya dari siswanya. Maka dari itu, siswa memilih lembaga kursus sebagai pendidikan non-formal guna menunjang prestasi belajarnya.
  27. 27. BAB IV PENUTUP Dengan mengacu pada uraian di atas, maka kami juga memiliki harapan – harapan kedepan nantinya. Harapan dalam kurun waktu satu tahun pertama, bimbingan belajar kami sudah dikenal oleh masyarakat dan tempat kami sudah memenuhi daya tampung. Kurun waktu dua tahun, pay back period. Selain itu, besar harapan kami untuk membuka cabang-cabang Bright Choice lainnya di tahun-tahun berikutnya.

×