Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

7&8 metabolisme

573 Aufrufe

Veröffentlicht am

  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

7&8 metabolisme

  1. 1. METABOLISMEMETABOLISME
  2. 2. PENDAHULUANPENDAHULUAN Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapatEnergi tidak dapat diciptakan dan tidak dapatdimusnahkan.dimusnahkan. Akan tetapi energi hanya dapat diubah dari satuAkan tetapi energi hanya dapat diubah dari satubentuk ke bentuk lainnya (transformasi energi).bentuk ke bentuk lainnya (transformasi energi). Makhluk hidup melakukan transformasi energiMakhluk hidup melakukan transformasi energimelalui proses metabolisme yang berlangsung dimelalui proses metabolisme yang berlangsung didalam sel tubuh.dalam sel tubuh.
  3. 3. faal_metabolisme/ikun/20063conT’d (Pendahuluan)conT’d (Pendahuluan)1.1. Sel mengekstraksi energi dari lingkunganSel mengekstraksi energi dari lingkunganautotrofautotrof : mengambil energi dari sinar matahari: mengambil energi dari sinar mataharipada proses fotosintesispada proses fotosintesis →→ tumbuh-tumbuhantumbuh-tumbuhandan mikroorganisme berkhlorofil.dan mikroorganisme berkhlorofil.heterotrofheterotrof : mengambil molekul: mengambil molekulberenergi/organik dari substrat/makananberenergi/organik dari substrat/makanandiantaranya dari sel autotrof.diantaranya dari sel autotrof.2.2. Sel mensintesis makromolekul untuk menunjangSel mensintesis makromolekul untuk menunjangaktifitas hidupnya (gerak dinamik, pembelahanaktifitas hidupnya (gerak dinamik, pembelahansel, reaksi-reaksi spesifik)sel, reaksi-reaksi spesifik)Kedua proses tsb dilakukan melalui reaksi-reaksiKedua proses tsb dilakukan melalui reaksi-reaksiyang terintgrasi & terorganisasiyang terintgrasi & terorganisasi →→ metabolismemetabolisme
  4. 4. Pengertian metabolismePengertian metabolisme Metabolisme (bahasa YunaniMetabolisme (bahasa Yunani metabolemetabole=berubah)=berubah)secara harfiah berarti “perubahan”secara harfiah berarti “perubahan” MetabolismeMetabolisme:keseluruhan reaksi yang terjadi di dalam:keseluruhan reaksi yang terjadi di dalamsel, meliputi proses penguraian & sintesis molekulsel, meliputi proses penguraian & sintesis molekulkimia yang menghasilkan & membutuhkan panaskimia yang menghasilkan & membutuhkan panas(enegi) serta dikatalisis oleh enzim(enegi) serta dikatalisis oleh enzim Jalur metabolisme:Jalur metabolisme:1.1. KatabolismeKatabolisme (merombak molekul-molekul kompleks(merombak molekul-molekul kompleksmenjadi molekul yang sederhana)menjadi molekul yang sederhana)2.2. AnabolismeAnabolisme (membangun molekul kompleks dari(membangun molekul kompleks darimolekul-molekul sederhana)molekul-molekul sederhana)
  5. 5.  Reaksi-reaksi di dalam tubuh berlangsung secaraReaksi-reaksi di dalam tubuh berlangsung secaraoptimal pada suhuoptimal pada suhu272700CC (suhu ruang), misalnya(suhu ruang), misalnyahewanhewan poikilotermpoikiloterm (hewan berdarah dingin) dan(hewan berdarah dingin) danhewanhewan homoiotermhomoioterm (hewan berdarah panas)(hewan berdarah panas) Agar reaksi-reaksi berjalan lebih cepat diperlukanAgar reaksi-reaksi berjalan lebih cepat diperlukankatalisator.katalisator. KatalisatorKatalisator adalah zat yang mempercepat reaksiadalah zat yang mempercepat reaksitetapi zat itu tidak ikut bereaksi, contoh: enzimtetapi zat itu tidak ikut bereaksi, contoh: enzimdan ribozim.dan ribozim.
  6. 6. Gambar.Gambar. Enzim sebagai katalisatorEnzim sebagai katalisator
  7. 7. EnzimEnzim Enzim merupakan pengatur suatu reaksiEnzim merupakan pengatur suatu reaksi Bahan tempat enzim bekerja disebut substratBahan tempat enzim bekerja disebut substrat Contoh reaksi:Contoh reaksi:Maltosa 2Glukosa(substrat) (produk)Maltase(enzim)
  8. 8. 1.1. Struktur EnzimStruktur Enzim Enzim lengkap (Enzim lengkap (holoenzimholoenzim) tersusun atas 2) tersusun atas 2bagian, yaitu:bagian, yaitu:a.a. Bagian protein (Bagian protein (apoenzimapoenzim):):- tersusun atas asam-asam amino,tersusun atas asam-asam amino,- Bersifat labil, misalnya karena suhu dan keasaman.Bersifat labil, misalnya karena suhu dan keasaman.b.b. Gugus prostetik (gugusan yang aktif):Gugus prostetik (gugusan yang aktif):- Berasal dari molekul anorganik (Berasal dari molekul anorganik (kofaktorkofaktor), misalnya), misalnyaFe, Cu dan Zn,Fe, Cu dan Zn,- Berasal dari senyawa organik kompleks (Berasal dari senyawa organik kompleks (koenzimkoenzim),),misalnya NADH, FADH dan tiamin.misalnya NADH, FADH dan tiamin.
  9. 9. Gambar.Gambar. EnzimEnzim
  10. 10. 2. Ciri-ciri enzim2. Ciri-ciri enzima.a. BiokatalisatorBiokatalisatorb.b. ProteinProteinc.c. Bekerja secara khususBekerja secara khususd.d. Dapat digunakan berulang kaliDapat digunakan berulang kalie.e. Rusak oleh panasRusak oleh panasf.f. Tidak ikut bereaksiTidak ikut bereaksig.g. Bekerja dapat balikBekerja dapat balikh.h. Kerjanya dipengaruhi faktor lingkungan, misalnyaKerjanya dipengaruhi faktor lingkungan, misalnyasuhu, pH, inhibitor dan aktivator.suhu, pH, inhibitor dan aktivator.
  11. 11. Gambar.Gambar. Enzim sebagai katalisatorEnzim sebagai katalisator
  12. 12. 3. Penamaan Enzim3. Penamaan Enzim Enzim diberi nama sesuai denganEnzim diberi nama sesuai dengansubstratnya dan diberi akhiransubstratnya dan diberi akhiran –se–se,,contohnya:contohnya:- EnzimEnzim selulaseselulase yang menguraikan selulosa,yang menguraikan selulosa,- EnzimEnzim lipaselipase yang menguraikan lipid atauyang menguraikan lipid ataulemak, danlemak, dan- EnzimEnzim proteaseprotease yang menguraikan protein.yang menguraikan protein.
  13. 13. 4. Cara Kerja Enzim4. Cara Kerja Enzima.a. Teori gembok-anak kunci (Teori gembok-anak kunci (lock and keylock and key))- Sisi aktif enzim mempunyai bentuk tertentuSisi aktif enzim mempunyai bentuk tertentuyang hanya sesuai untuk satu jenis substrat saja.yang hanya sesuai untuk satu jenis substrat saja.(cara kerja yang paling umum ditemukan pada(cara kerja yang paling umum ditemukan padasebagian besar enzim)sebagian besar enzim)b.b. TeoriTeori Induced FitInduced Fit-- Sisi aktif enzim bersifat fleksibel dalamSisi aktif enzim bersifat fleksibel dalammenyesuaikan strukutur sesuai dengan strukturmenyesuaikan strukutur sesuai dengan struktursubstrat.substrat.
  14. 14. 5. Inhibitor5. Inhibitor Adalah zat yang dapat menghambat kerjaAdalah zat yang dapat menghambat kerjaenzim.enzim. Dibedakan berdasarkan sifatnya, a.l:Dibedakan berdasarkan sifatnya, a.l:a.a. InhibitorInhibitor reversibelreversibel, yaitu tidak berikatan, yaitu tidak berikatankuat dengan enzim. Macamnya:kuat dengan enzim. Macamnya:1)1) Inhibitor kompetitifInhibitor kompetitif- Menempati sisi aktif enzim sehinggaMenempati sisi aktif enzim sehinggasubstrat tidak dapat masuk.substrat tidak dapat masuk.2).2).Inhibitor non kompetitifInhibitor non kompetitif-- TTidak mirip dengan substrat dan berikatanidak mirip dengan substrat dan berikatanpada sisi selain sisi aktif.pada sisi selain sisi aktif.
  15. 15. Gambar.Gambar. Inhibitor kompetitif & non kompetitifInhibitor kompetitif & non kompetitif
  16. 16. b. Inhibitorb. Inhibitor IrreversibelIrreversibel Berikatan dengan sifat aktif enzim secara kuatBerikatan dengan sifat aktif enzim secara kuatsehingga tidak dapat terlepas.sehingga tidak dapat terlepas. Enzim menjadi tidak aktif dan tidak dapatEnzim menjadi tidak aktif dan tidak dapatkembali seperti semula (irreversibel)kembali seperti semula (irreversibel)
  17. 17. KatabolismeKatabolisme Yaitu reaksi penguraian senyawa yangYaitu reaksi penguraian senyawa yangkompleks menjadi senyawa yang lebihkompleks menjadi senyawa yang lebihsederhana dengan bantuan enzim.sederhana dengan bantuan enzim. Menghasilkan energi.Menghasilkan energi. Contoh: respirasi ( yaitu prosesContoh: respirasi ( yaitu prosespenguraian bahan makanan yangpenguraian bahan makanan yangmenghasilkan energi)menghasilkan energi)
  18. 18. - Berdasarkan kebutuhan akan OBerdasarkan kebutuhan akan O22, respirasi, respirasidibedakan menjadi:dibedakan menjadi:1.1. RespirasiRespirasi aerobikaerobik,,- Menggunakan OMenggunakan O22 bebas untuk mendapatkanbebas untuk mendapatkanenergi.energi.2.2. RespirasiRespirasi anaerobikanaerobik,,-- Tidak menggunakan OTidak menggunakan O22 bebas untukbebas untukmendapatkan energi.mendapatkan energi.
  19. 19. 1.1. Katabolisme karbohidratKatabolisme karbohidrat-- Contohnya respirasi dengan glukosaContohnya respirasi dengan glukosasebagai bahan baku, yang diuraikansebagai bahan baku, yang diuraikanmenjadi COmenjadi CO22 dan Hdan H22O sertaO sertamenghasilkan energi.menghasilkan energi.a.a. Respirasi aerobikRespirasi aerobik- Secara sederhana dituliskan:Secara sederhana dituliskan:CC66HH1212OO66 + 6O+ 6O22  6H6H22O + 6COO + 6CO22 + 675 kkal+ 675 kkal
  20. 20. 1)1) GlikolisisGlikolisis- Yaitu peristiwa penguraian satu molekul glukosaYaitu peristiwa penguraian satu molekul glukosamenjadi asam piruvat, NADH dan ATP.menjadi asam piruvat, NADH dan ATP.- NADH (nikotinamida adenin dinukleotidaNADH (nikotinamida adenin dinukleotidahidrogen).hidrogen).- Berlangsung di dalam sitoplasma.Berlangsung di dalam sitoplasma.- Hasil akhir:Hasil akhir:a.a. Atom molekul 6C (glukosa) berubah menjadiAtom molekul 6C (glukosa) berubah menjadi3C (piruvat) sebanyak 2 mol,3C (piruvat) sebanyak 2 mol,b.b. Energi total yang dihasilkan 4 ATP,Energi total yang dihasilkan 4 ATP,c.c. Dua molekul NADH akan ditrasnfer ke rantaiDua molekul NADH akan ditrasnfer ke rantaitranspor elektron.transpor elektron.
  21. 21. 2) Siklus Krebs2) Siklus Krebs- Diambil dari nama Hans KrebsDiambil dari nama Hans Krebs- Berlangsung didalam mitokondriaBerlangsung didalam mitokondria- Mengubah asetil KoA menjadi asam sitrat.Mengubah asetil KoA menjadi asam sitrat.- Hasil akhir:Hasil akhir:a.a. Piruvat berubah menjadi asetil KoA,Piruvat berubah menjadi asetil KoA,menghasilkan 2 mol NADH karena yang terlibatmenghasilkan 2 mol NADH karena yang terlibatadalah 2 atom piruvat,adalah 2 atom piruvat,b.b. Dihasilkan 1 FADHDihasilkan 1 FADH22 dan 4 NADH,dan 4 NADH,c.c. Dihasilkan 1 ATP dan 3 gas CODihasilkan 1 ATP dan 3 gas CO22..
  22. 22. 3) Transport Elektron3) Transport Elektron- Elektron dan HElektron dan H++dari NADH dan FADHdari NADH dan FADH22dibawa dari substrat satu ke substrat yangdibawa dari substrat satu ke substrat yanglain.lain.- Hasil akhir:Hasil akhir:a.a. Dihasilkan 30 ATP dari 10 NADH + 50Dihasilkan 30 ATP dari 10 NADH + 50b.b. Dihasilkan 4 ATP dari 2 FAD + ODihasilkan 4 ATP dari 2 FAD + O22
  23. 23. Gambar.Gambar. Proses respirasi aerobikProses respirasi aerobik
  24. 24. b. Respirasi Anaerobikb. Respirasi Anaerobik- Adalah reaksi pemecahan karbohidrat untukAdalah reaksi pemecahan karbohidrat untukmendapatkan energi tanpa menggunakan Omendapatkan energi tanpa menggunakan O22..- Terjadi pada:Terjadi pada:1)1) Jaringan yang kekurangan OJaringan yang kekurangan O22,,2)2) Akar tumbuhan yang terendam air,Akar tumbuhan yang terendam air,3)3) Biji tebal yang sulit ditembus OBiji tebal yang sulit ditembus O22,,4)4) Sel ragi dan bakteri anaerobik.Sel ragi dan bakteri anaerobik.- Persamaan sederhananya:Persamaan sederhananya:CC66HH1212OO66  2C2C22HH55OH + 2COOH + 2CO22 + 21 kkal+ 21 kkal
  25. 25. - Repirasi anaerobikRepirasi anaerobik itu:itu:a)a) Tidak memerlukan OTidak memerlukan O22,,b)b) Menggunakan asam piruvat atauMenggunakan asam piruvat atauasetaldehida sebagai pengikat H,asetaldehida sebagai pengikat H,c)c) Menghasilkan asam laktat atau alkohol,Menghasilkan asam laktat atau alkohol,d)d) Hanya menghasilkan 2 molekul ATP atauHanya menghasilkan 2 molekul ATP atauenergi sebesar 21 kakl,energi sebesar 21 kakl,e)e) Tahapan reaksi lebih sederhana.Tahapan reaksi lebih sederhana.
  26. 26. c. Fermentasic. Fermentasi- Termasuk respirasi anaerobikTermasuk respirasi anaerobik- Sering kali diistilahkan proses penguraian zatSering kali diistilahkan proses penguraian zatoleh mikroorganisme pengurai menggunakanoleh mikroorganisme pengurai menggunakanenzim-enzim yang ada di dalam sel.enzim-enzim yang ada di dalam sel.- Fermentasi sebagai perubahan enzimatik dariFermentasi sebagai perubahan enzimatik darisubstansi organik oleh mikroorganisme untuksubstansi organik oleh mikroorganisme untukmenghasilkan produk-produk organik yangmenghasilkan produk-produk organik yanglebih sederhana.lebih sederhana.
  27. 27. Repirasi selulerRepirasi seluler FermentasiFermentasiAlkoholAlkohol Asam laktatAsam laktatGlukosaGlukosaAsam piruvatAsam piruvatOO22COCO22Air + 36 ATPAir + 36 ATPGlukosaGlukosaAsam piruvatAsam piruvatCOCO22Alkohol + 2 ATPAlkohol + 2 ATPGlukosaGlukosaAsam piruvatAsam piruvatAsam laktat +Asam laktat +2ATP2ATP
  28. 28. 2. Katabolisme Lemak2. Katabolisme Lemak- Rekasi sederhananya:Rekasi sederhananya:Trigliserida + 3HTrigliserida + 3H22O ---O --- gliserol + 3 asam lemakgliserol + 3 asam lemaklipase
  29. 29. 3. Katabolisme Protein3. Katabolisme Protein- Protein diuraikan menjadi asam amino.Protein diuraikan menjadi asam amino.- Asam amino diubah menjadi asamAsam amino diubah menjadi asampiruvat dan asetil KoA.piruvat dan asetil KoA.- Gugus amino yang dilepas dari asamGugus amino yang dilepas dari asamamino dibawa ke hati untuk diubahamino dibawa ke hati untuk diubahmenjadi amonia (NHmenjadi amonia (NH33) dan dibuang lewat) dan dibuang lewaturin.urin.
  30. 30. AnabolismeAnabolisme- Adalah reaksi penyusunan zat yang berlangsungAdalah reaksi penyusunan zat yang berlangsungdi dalam sel.di dalam sel.- Macamnya:Macamnya:1. Anabolisme karbohidrat1. Anabolisme karbohidrat- Dibedakan menjadi:Dibedakan menjadi:a.a. FotosintesisFotosintesis- Yaitu peristiwa penyusunan zat organikYaitu peristiwa penyusunan zat organikdari zat anorganik dengan pertolongandari zat anorganik dengan pertolonganenergi cahaya.energi cahaya.- Asimilasi karbon karena bahan baku yangAsimilasi karbon karena bahan baku yangdigunakan COdigunakan CO22
  31. 31. Proses fotosintesisProses fotosintesis- Bertujuan memecah gula menjadi COBertujuan memecah gula menjadi CO22, H, H22O, danO, danenergi.energi.- Terjadi di dalam kloroplas.Terjadi di dalam kloroplas.- Reaksi sederhananya:Reaksi sederhananya:6CO6CO22 + 12H+ 12H22OO  CC66HH1212OO66 + 6O+ 6O22 + 6H+ 6H22OOCahaya matahariKlorofil
  32. 32. 2. Anabolisme Lemak2. Anabolisme Lemak Disebut juga lipogenesis, yang terjadi di dalamDisebut juga lipogenesis, yang terjadi di dalamsitoplasma yang memiliki enzim kompleks, yaitusitoplasma yang memiliki enzim kompleks, yaituasam lemak sitetase.asam lemak sitetase. Lemak dapat disintesis dari protein dan karbohidrat.Lemak dapat disintesis dari protein dan karbohidrat. Lemak tersusun dari asam lemak dan gliserol.Lemak tersusun dari asam lemak dan gliserol. Asam lemak terbentuk dari Asetil KoA.Asam lemak terbentuk dari Asetil KoA. Sintesis lemak berlangsung di retikulum endoplasma.Sintesis lemak berlangsung di retikulum endoplasma.
  33. 33. 3. Anabolisme Protein3. Anabolisme Protein Protein tersusun atas senyawa asam amino.Protein tersusun atas senyawa asam amino. Penyusunan gugus amino (-NHPenyusunan gugus amino (-NH22) pada suatu) pada suatusubstrat disebut aminasi.substrat disebut aminasi. Ada 2 cara sintesis protein, yaitu:Ada 2 cara sintesis protein, yaitu:a.a. Reaksi aminasi reduksi,Reaksi aminasi reduksi,b.b. Reaksi transaminasi.Reaksi transaminasi.
  34. 34. TERIMA KASIHTERIMA KASIH

×