Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Pelajaran sekolah sabat ke 8 triwulan III 2018

Pelajaran sekolah sabat ke 8 triwulan III 2018

Ähnliche Bücher

Kostenlos mit einer 30-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen

Ähnliche Hörbücher

Kostenlos mit einer 30-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen
  • Als Erste(r) kommentieren

Pelajaran sekolah sabat ke 8 triwulan III 2018

  1. 1. Pelajaran 8, 25 Agustus 2018 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org Kisah 15:11 “‘Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga’’”
  2. 2.  Inti Permasalahan. Kisah 15:1-5 ≈ Memelihara hukum Musa ≈ Upacara Sunat  Perbincangan. Kisah 15:6-18 ≈ Komentar Petrus dan Yakobus  Solusi. Kisah 15:19-35 ≈ Hal-hal yang diperlukan ≈ Surat kepada jemaat-jemaat Orang-orang dari bangsa lain menerima Injil, dan itu adalah masalah bagi sebagian orang Yahudi. Bukankah bangsa lain hidup di bawah aturan yang sama yang mereka lakukan? Mengapa orang Yahudi harus disunat sedangkan mereka tidak? Ini adalah masalah tentang sarana keselamatan. Oleh perbuatan (mematuhi hukum)? atau oleh iman (darah Kristus)?
  3. 3. MEMELIHARA HUKUM MUSA “Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: "Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa.’” (Kisah 15:5) Orang-orang Farisi yang bertobat melihat bahwa orang-orang Kristen dari bangsa lain tidak diberitahu untuk memelihara upacara Yahudi, jadi mereka pergi ke Antiokhia. Perbincangan ini mengancam persatuan Gereja. Para pemimpin di Antiokhia memutuskan untuk meminta nasihat para rasul dan para penatua untuk memecahkan pertanyaan ini. Mereka berkhotbah bahwa orang-orang Kristen dari bangsa lain harus menjadi seperti orang Yahudi dan mematuhi hukum agar dapat diselamatkan. Itu bertentangan dengan Injil yang disampaikan oleh Paulus dan Barnabas, bahwa keselamatan diperoleh hanya melalui iman.
  4. 4. UPACARA SUNAT “Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: "Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa.’” (Kisah 15:1) Ini bukan permasalahan tentang “perintah manusia” (Matius 15:9), namun sebuah perintah Ilahi: “apabila seorang asing telah menetap padamu […] maka setiap laki-laki yang bersama-sama dengan dia, wajiblah disunat.” (Keluaran 12:48) Mereka salah memahami tanda milik umat TUHAN, karena mereka mengira itu adalah tanda keselamatan. Jika itu masalahnya: Injil akan diselewengkan (Gal. 1:7; 2:3-5) Kasih karunia akan sia-sia (Gal. 2:21) YESUS tidak akan diperlukan (Gal. 5:2) Karakter universal dari keselamatan akan ditolak (Kol. 3:11; Titus 2:11)
  5. 5. KOMENTAR PETRUS DAN YAKOBUS “Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu.” (Kisah 15:6) Di Yerusalem, orang-orang Farisi menjelaskan argumen mereka, lalu Paulus dan Barnabas menjelaskan pendapat mereka. Petrus memberi tahu mereka bahwa Allah telah menerima orang-orang dari bangsa lain di masa lalu dan mereka telah menerima Roh Kudus tanpa harus disunat. Dia menutupnya dengan mengatakan, “Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga.” (Ayat 11) Yakobus dipandang sebagai sokoguru jemaat (Gal. 1:19; 2:9). Ia mengutip Amos 9:11-12 untuk menjelaskan bahwa TUHAN telah menubuatkan bahwa bangsa- bangsa lain akan memperoleh bagian dalam rencana keselamatan.
  6. 6. Menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala Jangan memakan darah Jangan makan daging binatang yang mati dicekik Menjauhi percabulan HAL-HAL YANG DIPERLUKAN “Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:” (Kisah 15:28) Roh Kudus menegaskan perjanjian itu. Ia menyertakan empat “hal-hal yang diperlukan” yang harus dipenuhi oleh mereka yang berasal dari bangsa lain: Aturan-aturan itu ditetapkan untuk melawan kekafiran. Ia didasarkan pada aturan dari Imamat 17 dan 18 tentang orang asing yang tinggal di Israel. Hal ini membebaskan orang-orang dari bangsa lain untuk mematuhi hukum upacara lainnya, tetapi bukan hukum sebelum perjanjian dengan Abraham (misalnya Hukum Moral)
  7. 7. SURAT KEPADA JEMAAT-JEMAAT “Kepada mereka diserahkan surat yang bunyinya: "Salam dari rasul-rasul dan penatua-penatua, dari saudara-saudaramu kepada saudara-saudara di Antiokhia, Siria dan Kilikia yang berasal dari bangsa-bangsa lain.” (Kisah 15:23) Keputusan majelis itu disunting dalam dokumen resmi pertama Gereja. Surat ini ditulis sekitar 49 AD. Yudas dan Silas menyampaikan surat ini kepada gereja- gereja lokal. Ketika gereja di Antiokhia membaca surat tersebut, “jemaat bersukacita karena isinya yang menghiburkan.” (Kisah 15:31) Kesatuan Gereja diperkuat berkat keputusan ini, tetapi tidak semua orang menerimanya dengan sukarela. Gereja menerima doktrin keselamatan oleh iman sebagai satu-satunya Injil yang benar yang dikhotbahkan oleh rasul Paulus (Lihat Galatia 1:8)
  8. 8. “Orang-orang Yahudi menyombongkan diri mereka atas tugas yang ditunjuk oleh ilahi kepada mereka; dan mereka menyimpulkan bahwa karena Allah pernah menentukan cara ibadat secara Ibrani, tidak mungkin Ia akan mengijinkan perubahan dalam syarat-syaratnya. Mereka memutuskan bahwa agama Kristen harus menghubungkan dirinya dengan hukum dan upacara Yahudi ... Pertanyaan yang dibawa di bawah pertimbangan musyawarah Yerusalem dilihat dari sisi manapun tampaknya menghadirkan kesulitan yang tak dapat diatasi. Tetapi Roh Kudus telah menyelesaikan masalah ini pada keputusan tentang kesejahteraan, dan bahkan keberadaan dari gereja Kristen. Kasih karunia, hikmat, dan penghakiman yang suci diberikan kepada para rasul untuk memutuskan pertanyaan yang menyulitkan.” E.G.W. (The Story of Redemption, cp. 41, p. 306)

    Als Erste(r) kommentieren

    Loggen Sie sich ein, um Kommentare anzuzeigen.

  • mailsonj

    Aug. 24, 2018

Pelajaran sekolah sabat ke 8 triwulan III 2018

Aufrufe

Aufrufe insgesamt

928

Auf Slideshare

0

Aus Einbettungen

0

Anzahl der Einbettungen

660

Befehle

Downloads

27

Geteilt

0

Kommentare

0

Likes

1

×