Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 1 2017

37.840 Aufrufe

Veröffentlicht am

Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 1 2017

Veröffentlicht in: Seele & Geist

Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 1 2017

  1. 1. Pelajaran 3 untuk 21 Januari 2017 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org 2 Korintus 13:13 Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.
  2. 2. “Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?” (Kisah 5:3) “Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.“ (Kisah 5:4) ROH KUDUS ADALAH ALLAH Petrus mengajarkan bahwa berdusta kepada ROH KUDUS adalah berdusta kepada ALLAH “Sesudah itu, Ananias dan Safira mendukakan Roh Kudus oleh menyerah kepada perasaan tamak. Mereka mulai menyesali perjanjian mereka dan tidak lama kemudian hilanglah pengaruh yang manis dari berkat yang telah menghangatkan hati mereka dengan kerinduan untuk melakukan perkara-perkara yang besar demi pekerjaan Kristus....Tetapi Allah membenci kepura-puraan dan kepalsuan. Ananias dan Safira menjalankan penipuan dalam perlakuan mereka kepada Allah; mereka berdusta kepada Roh Kudus, dan dosa mereka diganjar dengan hukuman yang cepat dan ngeri.” E.G.W. (The Acts of the Apostles, p. 72)
  3. 3. ROH KUDUS ADALAH ALLAH Menista ROH KUDUS adalah Menista ALLAH “Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; […]” (Yesaya 63:10) “TUHAN berfirman kepada Musa: "Berapa lama lagi bangsa ini menista Aku? […]” (Bilangan 14:11) Ketika ROH KUDUS berbicara, itu adalah perkataan dari ALLAH “Roh TUHAN berbicara dengan perantaraanku[…]” (2 Samuel 23:2) [Lihat juga Kisah 28:25-27] “Allah Israel berfirman[…]” (2 Samuel 23:3) [Lihat juga Yesaya 6:8-10] Jika ROH KUDUS ada dalam kita, kita adalah Bait ALLAH “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” (1 Korintus 3:16) Jika ROH KUDUS ada dalam kita, kita adalah Bait ALLAH “Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata- kata dengan hikmat […] dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan” (1 Korintus 12:8-9) “Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat[…] pengajar, […] untuk menyembuhkan” (1 Korintus 12:28)
  4. 4. SIFAT KE-ILAHI-AN ROH KUDUS ROH KUDUS memiliki atribut yang hanya dimiliki oleh ALLAH. MAHA MENGETAHUI • “sebab Roh menyelidiki segala sesuatu”, “Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN ?” (1 Kor. 2:10-11; Yes. 40:13) • Bandingkan dengan Ayub 12:13 MAHA HADIR • “Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh- Mu?” (Mazmur 139:7) • Bandingkan dengan “ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?” (Mazmur 139:7) KEKAL • “Roh yang kekal ” (Ibrani 9:14) • Bandingkan dengan 1Tim. 6:16 IA DAPAT DIHUJAT • “hujat terhadap Roh Kudus ” (Mat. 12:31) • Bandingkan dengan Matius 12:32 IA MENGUBAH HATI KITA • “jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.” (Yohanes 3:5) • Bandingkan dengan Yeh. 11:19
  5. 5. “Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: […] ‘Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini: Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: jangan! Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh.’” (Yesaya 6:8-10) “[..] "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya: Pergilah kepada bangsa ini, dan katakanlah: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.’” (Kisah Para Rasul 28:25-27) “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberita- kan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.” (Yoh. 16:13-14) ROH KUDUS bekerjasama dengan Bapa dan Putra dalam menyampaikan Firman. ROH mengkomunikasikan segala sesuatu yang dikatakan oleh Bapa dan Putra. KERJASAMA ILAHI
  6. 6. KERJASAMA ILAHI “Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia.” (Titus 3:4) “…pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat- Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus.” (Titus 3:5) “…yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita.” (Titus 3:6) ROH KUDUS bekerjasama dalam rencana keselamatan. Bapa menyelamatkan kita, Putra memberikan kita kehidupan dan ROH KUDUS memperbaharui kita. Ia menuntun kita kepada KRISTUS dan mengubahkan kehidupan kita.
  7. 7. “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan.” (1 Petrus 1:3) “Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.” (Roma 8:11) “Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorang pun mengambilnya dari pada- Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku.” (Yohanes 10:17-18) ROH KUDUS bekerjasama dalam kebangkitan YESUS dan Ia juga akan melakukannya dalam kebangkitan kita kelak. KERJASAMA ILAHI
  8. 8. PENTINGNYA KE- ILAHI-AN ROH KUDUS Allah Yang Esa dalam 3 pribadi. Jika kita menyangkal ke-ilahi-an ROH KUDUS, sebenarnya kita sedang menyangkal kesanggupan - Nya untuk mengubah diri kita, untuk menyadarkan kita akan dosa dan dalam kebangkitan kita di masa mendatang. Alkitab menjelaskan tentang sifat ke-Ilahi-an ROH KUDUS kepada kita. Sebagai tambahan,Alkitab juga menjelaskan bahwa Tiga Pribadi tersebut adalah setara. “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.” (Matius 28:19) “Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.” (2 Korintus 13:14) “yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah- Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.” (1 Petrus 1:2)
  9. 9. E.G.W. (Ye Shall Receive Power, January 5)

×