Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Pelajaran sekolah sabat ke 2 triwulan 3 2017

Pelajaran sekolah sabat ke 2 triwulan 3 2017

Ähnliche Bücher

Kostenlos mit einer 30-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen

Ähnliche Hörbücher

Kostenlos mit einer 30-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Pelajaran sekolah sabat ke 2 triwulan 3 2017

  1. 1. Pelajaran 2 untuk 8 Juli 2017 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org (Galatia 1:10) “Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus. ”
  2. 2. Banyak orang yang percaya bahwa tulisan rasul Paulus diilhami oleh ALLAH, namun tidak sedikit juga yang menyangkalnya. Banyak orang di Galatia yang mendustai orang Kristen oleh mengajarkan “Injil lain.” Paulus berupaya untuk menangkal ajaran tersebut oleh menjelaskan sumber dan otoritas injil pada awal suratnya kepada jemaat di Korintus.  Ilham Ilahi. 2 Petrus 3:15-16.  Otoritas kerasulan. Galatia 1:1-2.  Injil. Galatia 1:3-5.  Injil Lain. Galatia 1:6-9.  Paulus dan Injil. Galatia 1:10-24.
  3. 3. ILHAM ILAHI “[…] seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya. Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, ... Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang- orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain..” (2 Petrus 3:15-16) Menurut Petrus, pada ± 𝟔𝟎 𝑨𝑫, orang banyak telah percaya bahwa tulisan Paulus adalah diilhami oleh ALLAH, dan dipercaya memiliki derajat yang sama dengan bagian Alkitab lainnya (P. Lama). Surat-suratnya dibaca secara terbuka di jemaat, dan salinannya dikirim ke jemaat-jemaat lainnya (Kolose 4:16). (1)Sambutan pembukaan yang menyebutkan pengirim dan penerima (2)Ucapan syukur; (3)Badan utama surat; (4)Ungkapan penutup. Paulus menulis suratnya dalam Bahasa Yunani umum, dan ia menggunakan gaya penulisan yang biasa digunakan pada masa itu:
  4. 4. OTORITAS KERASULAN Galatia 1:1-2 “Dari Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan Allah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati” (Galatia 1:1) Mengapa ada orang-orang yang menolak otoritas Ilahi dari surat-surat Paulus? Paulus bukan merupakan bagian dari 12 murid yang YESUS pilih sendiri. Sebagian orang berkata bahwa ia hanya diberi otoritas dari Ananias (Bukan Ananias suami Safira) Sebagian orang menerimanya hanya sebagai seorang misionaris yang diberi otoritas dari Antiokhia Mereka beranggapan bahwa Injil yang Paulus bawakan merusak penurutan, karena ia menekankan keselamatan hanya oleh iman Itulah sebabnya mengapa Paulus memulai suratnya dengan menyatakan bahwa tidak ada otoritas manusia yang mengabsahkan kerasulannya. Ia diberi otoritas sebagai rasul oleh YESUS KRISTUS Sendiri.
  5. 5. INJIL “… kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat yang sekarang ini, menurut kehendak Allah dan Bapa kita.” (Galatia 1:3-4) Paulus biasanya memberi salam kepada jemaat-jemaat dengan 2 perkataan: Salamnya ditujukan baik kepada orang Yahudi maupun bangsa lain. Lagipula, ia menekankan bahwa Kasih Karunia dan Damai Sejahtera bukan sekedar kemauannya, namun lebih sebagai karunia yang ALLAH berikan. 1) Kasih Karunia. Charis, sebuah bentuk dari salam bangsa Yunani “cheers” (Chairein) 2) Damai Sejahtera. Sebuah salam tradisi bangsa Yahudi. Kemudian ia menjelaskan injil sesaat sebelum mengakhiri salamnya: Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa kita Galatia 1:3-5
  6. 6. INJIL LAIN “Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain.” (Galatia 1:6) Paulus biasanya memuji jemaat yang kepadanya suratnya ditujukan sebelum mengawali bagian utama suratnya. Namun, ternyata tidak ada pujian kepada jemaat Galatia, yang ada hanyalah suatu tudingan kepada mereka: “mengikuti suatu injil lain” Kemudian ia menjelaskan (Galatia 1:7) bahwa tidak ada injil lain. Injil Lain itu mengajarkan bahwa memiliki iman kepada Kristus tidaklah cukup untuk memperoleh keselamatan, dan hal tersebut bukanlah merupakan injil yang benar. Paulus menyatakan bahwa mereka sedang menyimpang. Mereka sedang meninggalkan injil yang sejati dan mengikuti injil lain. Kata-kata Paulus yang paling keras dalam suratnya ditujukan kepada mereka yang mengajarkan bahwa keselamatan adalah oleh perbuatan (Galatia 1:8-9). Galatia 1:6-9
  7. 7. PAULUS DAN INJIL (I) “Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.” (Galatia 1:10) Sebab utama mengapa orang Yahudi menentang Paulus adalah karena ia tidak mewajibkan orang-orang dari bangsa lain yang hendak menjadi Kristen untuk disunat (Kisah Para Rasul 15:5). Mereka berkata bahwa Paulus hendak mengambil hati orang- orang tersebut. Mereka juga berkata bahwa Paulus menginginkan pertobatan yang mudah dan cepat orang-orang dari bangsa lain itu dan ia berpikir bahwa mereka pasti tidak akan mau mengikuti syarat tersebut. Apakah seorang mantan anggota Sanhedrin membutuhkan pujian dari manusia? Jika ya, pastilah ia tidak akan menerima misi yang tidak lazim dan beresiko tersebut dalam mengabarkan injil. Galatia 1:10-24
  8. 8. PAULUS DAN INJIL (II) “Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah injil manusia. Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.”Galatia 1:11-12) Pertama, Paulus berbicara tentang guru-guru palsu di Galatia dan ia mempertahankan motifasinya yang benar. Lalu ia menjelaskan otoritas injil yang sedang ia khotbahkan. YESUS KRISTUS mengungkapkan injil kepadanya, Bapa “berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku” (Gal.1:15-16). Dalam ayat 13-24, Paulus memberitahukan kisah hidupnya sejak pertobatannya hingga saat ia ditugaskan sebagai seorang misionaris kepada bangsa lain. Otobiografi singkat tersebut membuktikan bahwa ia tidak menghubungi seorangpun yang dapat mengajarkan injil itu kepadanya. Injil tersebut sepenuhnya diungkapkan kepadanya selama ia berada di Arab. Galatia 1:10-24
  9. 9. Untuk menggantikan bentuk-bentuk upacara secara lahiriah bagi kesucian hati dan kehidupan, adalah tetap berkenan untuk tidak menyucikan sifat sebagaimana hal itu pada zaman guru-guru Yahudi. Sekarang, seperti juga kemudian, ada pemimpin-pemimpin rohani palsu yang menuntun, yang olehnya banyak orang mendengar doktrin-doktrin dengan sungguh-sungguh. Adalah usaha yang dipelajari Setan untuk mengalihkan pikiran dari pengharapan keselamatan melalui iman di dalam Yesus Kristus serta penurutan kepada hukum Allah. … Pada zaman rasul-rasul ia menuntun orang-orang Yahudi untuk meninggikan hukum-hukum keupacaraan dan menolak Kristus; sekarang ini ia membenarkan orang banyak yang mengaku Kristen, dengan dalih menghormati Kristus, untuk memandang rendah hukum moral, dan mengajarkan bahwa pengajarannya boleh dilanggar dan bebas dari hukuman. Adalah tugas setiap hamba Allah agar teguh bertahan dengan tidak gentar menyingkapkan kesalahan- kesalahan mereka … “ E.G.W. (The Acts of the Apostles, cp. 36, pg. 387)

    Als Erste(r) kommentieren

    Loggen Sie sich ein, um Kommentare anzuzeigen.

Pelajaran sekolah sabat ke 2 triwulan 3 2017

Aufrufe

Aufrufe insgesamt

27.609

Auf Slideshare

0

Aus Einbettungen

0

Anzahl der Einbettungen

26.697

Befehle

Downloads

40

Geteilt

0

Kommentare

0

Likes

0

×