Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Pelajaran sekolah sabat ke 12 triwulan 2 2017

Pelajaran sekolah sabat ke 12 triwulan 2 2017

  • Loggen Sie sich ein, um Kommentare anzuzeigen.

Pelajaran sekolah sabat ke 12 triwulan 2 2017

  1. 1. Pelajaran 12 untuk 17 Juni 2017 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org 2 Petrus 3:11 “Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup?”
  2. 2. 1. Garis Kewenangan. 2 Petrus 3:1-2. 2. Keragu-raguan. 2 Petrus 3:3-4. 3. Penantian. 2 Petrus 3:5-10. 4. Bahaya Pada Masa Penantian. 2 Petrus 3:11-13. 5. Bagaimana Hidup Selama Masa Penantian. 2 Petrus 3:14-18. Pasal terakhir dari kitab Petrus berfokus pada peristiwa kunci sejarah Kristen: Kedatangan YESUS kali ke-2
  3. 3. GARIS KEWENANGAN 2 Petrus 3:1-2 “supaya kamu mengingat akan perkataan yang dahulu telah diucapkan oleh nabi-nabi kudus dan mengingat akan perintah Tuhan dan Juruselamat yang telah disampaikan oleh rasul-rasulmu kepadamu.” (2 Petrus 3:2) Petrus mengenalkan bahwa dasar iman kita adalah Kedatangan YESUS kali kedua. Ia menjelaskan yang manakah landasan wewenang sejati agar kita diperlengkapi untuk menolak dongeng-dongeng para guru palsu dan agar kita menerima kebenaran dari peristiwa tersebut. PARA NABI KUDUS • Perjanjian Lama adalah sumber informasi yang berwewenang yang tidak dapat disangkal. PERINTAH YESUS • Hampir seluruh Kitab Perjanjian Baru (tulisan para rasul) telah dikenal dan diketahui oleh Gereja pada zaman rasul Petrus (2 Petrus 3:15- 16). PERJANJIANLAMA PERJANJIANBARU
  4. 4. KERAGU- RAGUAN “Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya. Kata mereka: "Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan.’” (2 Petrus 3:3-4) 2 Petrus 3:3-4 Namun, sebagian dari perkataan mereka adalah benar. Bukankah benar bahwa, waktu terus bergulir, orang-orang mati dan segalanya tampak tetap seperti semula? Para pengejek itu hidup menurut keinginan hati mereka, mereka diperintah oleh hawa nafsunya sendiri dan tidak dapat merasakan perasaan yang berkobar akan kedatangan Ia Yang Tak Bercela itu. Mereka tak percaya dan menyangkal kedatangan YESUS kali ke-2. Itulah sebabnya penting bagi kita untuk percaya kepada sumber informasi yang berwewenang untuk menjamin janji kedatangan- Nya kali ke-2.
  5. 5. PENANTIAN 2 Petrus 3:5-10 “Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.” (2 Petrus 3:8) “Sebab di mata-Mu seribu tahun sama seperti hari kemarin, apabila berlalu, atau seperti suatu giliran jaga di waktu malam.” (Mazmur 90:4) Apakah segala sesuatu di bumi masih tetap sama sejak pekan Penciptaan? Tentu saja tidak. Air Bah adalah salah satu bukti besar tentang apa yang pernah terjadi di atas bumi oleh karena kejahatan umat manusia. ALLAH membersihkan bumi dengan air, dan Ia telah mempersiapkan api untuk membersihkannya sekali lagi (2 Petrus 3:5-6). Setelah begitu lamanya, mengapa ALLAH belum juga melaksanakannya? 1) Dari sudut pandang ALLAH, tidak ada yang namanya penundaan (Ia Adalah Pribadi Yang Maha Kuasa dan tidak dibatasi oleh waktu) (2 Petrus 3:8). 2) Ia sabar terhadap kita, Ia memberikan kesempatan lebih bagi kita untuk bertobat (2 Petrus 3 :9). “Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri.” (2 Petrus 3:10)
  6. 6. BAHAYA PADA MASA PENANTIAN 2 Petrus 3:11-13 “Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah…” (2 Petrus 3:11-12) Dalam Masa Penantian ini, ada hal-hal berbahaya yang mungkin kita lakukan: Menetapkan Tanggal. Sebelum tanggal itu tiba, ia akan membawa kebangunan rohani, sebaliknya, setelah itu tidak terjadi, akan menimbulkan kekecewaan besar Berpikir bahwa kedatangan-nya masih lama. Perilaku moral kita akan semakin rendah dan lemah, pada akhirnya kita akan berhenti untuk menantikannya. (Matius 24:43-51). Karena itulah, Petrus mendorong kita agar mempercepat kedatangan YESUS dengan segala kemampuan kita untuk mengabarkan injil dan hidup dalam hidup yang kudus.
  7. 7. BAGAIMANA HIDUP SELAMA PENANTIAN 2 Peter 3:14-18“Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.” (2 P. 3:14) Petrus mengakhiri suratnya oleh memberikan 3 peringatan kepada kita: 1. Hidup dalam perdamaian dengan ALLAH. (2Petrus 3:14-15). 2. Jangan mencari-cari alasan dalam tulisan para nabi atau surat-surat Rasul Paulus untuk dapat melakukan dosa (2 Petrus 3:15-16). 3. Jangan dipengaruhi oleh “kesesatan orang- orang yang tak mengenal hukum”, bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan.
  8. 8. E.G.W. (Our Father Cares, April 18)

×