Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Rpp junaidii

f

Ähnliche Bücher

Kostenlos mit einer 30-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen

Ähnliche Hörbücher

Kostenlos mit einer 30-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Rpp junaidii

  1. 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS EKSPERIMEN Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Bireuen Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : VIII/2 Materi Pokok : Teks berita sederhana dari koran, radio dan TV Tema : Pengenalan Budaya Indonesia Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (2 jp) 1. Kompetensi Inti 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, mendengar dan memahami, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 2. Kompetensi Dasar dan Indikator 4.1 Menyimpulkanisidari berita(membanggakan dan memotivasi) yang dibacadan didengar 4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk beritasecara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik). Indikator 4.1.1 Membuat Ringkasan dan penyimpulan berita. 4.1.2 Menyajikan isidari berita(membanggakan dan memotivasi) yang dibacadan didengar 3. Tujuan Pembelajaran Pertemuan Pertama 1. Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan tulis sebagai Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya 2. Dengan mendengar/memahami teks berita 3. Setelah mendengar dan memahami teks berita, siswa dapat mengungkapkan hal yang berkaitan dengan cara pengklasifikasian teks berita. 4. Dengan mendengar dan memahami teks berita, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks berita. 5. Dengan mendengar dan memahami teks berita siswa dapat menelaah tulisan dari aspek judul, kalimat topic, dan cara penberitaan secara cermat. 6. Dengan mendengar dan memahami teks berita siswa dapat menelaah tulisan dari segi pemakaian bahasa (ejaan, tanda baca)
  2. 2. 7. Dapat merevisis teks berita sesuai dengan hasil penelaahan kelompok atau teman lain. 4. Materi Pembelajaran   -cirikebahasaanTeks Berita  Berita  -unsur Berita    -pokok isi suatu berita   -Ciri Tanggapan (Secara Umum)  D. MetodePembelajaran 1. Pendekatan : Scientific Learning 2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) E. Media Pembelajaran 1. Media LCD projector, 2. Laptop, 3. Bahan Tayang(ppt) F. Sumber Belajar 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 3. Sumber lain yang relevan 5. Langkah-langkah Pembelajaran 1. Pertemuan Pertama a. Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi pembelajaran kegiatan pembelajaran. Apersepsi tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya,Pada kelas VII: pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya,Pada kelas VII: dilakukan. Motivasi itema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
  3. 3. Pengertian Teks Berita dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita Pemberian Acuan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung - nakanpada pertemuan ini langkah pembelajaran. berupa: berupa: - Pilihan ganda - Uraian/esai b. Kegiatan Inti Tahap I Orientasi peserta didik kepada masalah Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian padatopik: Pengertian Teks Berita Ciri-cirikebahsaanTeks Berita Contoh Teks Berita Melihat(tanpa atau dengan alat) dengan cara : Menayangkan gambar/foto berikut ini (Terlampir) Mengamati Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang Peserta didik diminta untukmengamati contoh teks berita Contoh Soal Bocor, UN Diulang???
  4. 4. [Terkini News] Jakarta – Bocornya soal ujian nasional untuk tingkat SMP yang dilaksanakan pada Rabu, 23 April 2015 merupakan berita besar untuk pelaksanaan ujian tahun ini. Menteri Pendidikan,Anies Baswedan menuturkan bahwa pelaku yang membocorkan soal ujian telah diselidiki. Ia menjelaskan bahwa pelaku pembocoran akan diproses hukum sesuai pasal yang berlaku. Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK) Balitbang Kemendikbud, ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 yang diunggah ke internet secara ilegal. Setelah mendapatkan laporan tersebut, Menteri Pendidikan segera berkoordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi untuk memblokir tautan di Google yang berisi konten ilegal tersebut. Koordinasi pun dilakukan dengan pihak Google dalam upaya pemblokiran konten tersebut. Diduga kebocoran soal UN ini melibatkan oknum dari pihak percetakan negara RI yang merupakan tempat yang ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui dalang dibalik peristiwa ini. Bocornya soal UN ini masih menjadi pertimbangan Menteri pendidikan untuk mengadakan ujian ulang atau tidak. Namunkemungkinan besar ialah ujian tidak akan diulang, hal ini berdasarkan pertimbangan menyangkut biaya pembuatan soal yang cukup besar. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui dalang dibalik peristiwa ini. Bocornya soal UN ini masih menjadi pertimbangan Menteri pendidikan untuk mengadakan ujian ulang atau tidak.  Peserta didik diminta untuk mengamati ciri-ciri kebahasaan teks berita  Adanya Keterangan  Terdapat Verba transitif  TerdapatVerba pawarta Membaca(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ; Pengertian Teks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita Mendengar pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan Pengertian Teks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Pengertian Teks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. Tahap II Mengorganisasikan peserta didik Menanya Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
  5. 5. Mengajukan pertanyaantentang : mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Pengertian Teks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Apa perbedaan teks berita dan teks deskripsi? Pengertian Teks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita Tahap II Membimbing penyelidikan individu dan kelompok Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian, Membaca sumber lain selain buku teks, menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaauntuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan Pengertian Teks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokokyaitu PengertianTeks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita Mempraktekan Aktivitas Peserta didik diminta untuk membawa contoh teks berita (media cetak) Peserta didik diminta untuk membawa contoh teks Peserta didik diminta untukmembuat teksberita Saling tukar informasi tentang: PengertianTeks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
  6. 6. menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. Mengkomunikasikan Mendiskusikan Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai: Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan il diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pengertian Teks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh TeksBerita ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. -point pentingyang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Pengertian Teks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. atau guru pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran Tahap III Menganalisa & mengevaluasi Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan,tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Pengertian Teks Berita Ciri-cirikebahasaanTeks Berita Contoh Teks Berita han c. Kegiatan Penutup 1) Dengan sikap tanggung jawab, percaya diri, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran 2) Siswa berefleksi merenungkan apa yang telah dipelajari
  7. 7. 3) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran, tentang ciri-ciri kebahasaan Teks Berita. 6. Penilaian Proses dan Hasil Belajar a. Penilaian Proses No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian Instrumen Penilaian 1. Religius Pengamatan Proses Lembar Pengamatan2. Tanggung jawab 3. Percaya diri 4. Responsif 5. Santun berbahasa b. Penilaian Hasil Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen Menjelaskan struktur Teks Berita Tes tertulis Tes uraian 1. Bacalah dengan saksama Teks Berita berikut! Tentukanlah struktur Teks Berita tersebut! Menjelaskan pola pengembangan Teks Berita Tes tertulis Tes uraian 2. Bacalah dengan saksama Teks Berita berikut! Tentukanlah pola pengembangan tekstanggapan berita tersebut! Menjelaskan ciri-ciri bahasa berita Tes tertulis Tes uraian 3. Identifikasikanlah dan jelaskan ciri-ciri bahasa Teks Berita! Pedoman Penskoran : Soal no. 1 dan 2 Aspek Skor Siswa mengidentifikasi struktur teks berita  Jawaban sempurna 5  Jawaban kurang sempurna 3  Jawaban tidak sempurna 1 SKOR MAKSIMAL 5
  8. 8. Soal no. 3 Aspek Skor Siswa mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks berita  Jawaban sempurna 5  Jawaban kurang sempurna 3  Jawaban tidak sempurna 1 SKOR MAKSIMAL 5 No Aspek Penelitian Skor 1 Kesesuaian isi teks tanggapan berita 30 2 Struktur teks tanggapan berita 20 3 Penggunaan kosakata pada teks tanggapan berita 20 4 Kalimat yang efektif 20 5 Kebahasaan - Konjungsi - Frasa - Tanda Baca 4 3 3 Jumlah 100

×