Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.
Potret dan Wajah Generasi
Oleh: Arif Apriansyah
Pendahuluan
• Fenomena “Gaby yang tinggal
kenangan”, 15.000 jiwa di
Indonesia mati sia-sia karena
bunuh diri
• Fenomena “a...
Penyebabnya adalah
Pertama: ketika mereka dihadapkan
pada sebuah masalah, yang mereka
lakuin bukan meminta petunjuk dan
pe...
Penyebabnya adalah
Kedua: ketika anak muda lebih betah untuk bersama
dengan lingkungannya di “tempat” yang
bukan RUMAHnya ...
Penyebabnya adalah
Ketiga: ketika anak muda lebih merasa nyaman dan
betah berdiam diri di tempat selain MASJID.
Berbondong...
• Merasakan
kebersamaan
ALLAH
Spirit 1
• Belajar dari
teladan
utama
Spirit 2 • Giat dalam
Menuntut
Ilmu
Spirit 3
Merasakan Kebersamaan Allah
Setiap kamu dihadapkan pada sebuah
masalah, jangan buru-buru memutuskan
untuk berputus asa, y...
Belajar dari Teladan Utama
Lihatlah dan pelajari sosok-sosok teladan
utama dalam Islam seperti Rasulullah dan
para sahaba...
Giat dalam Menuntut Ilmu
Menuntut ilmu adalah kewajiban
sepanjang hayat. Ilmu dapat menjadi
petunjuk dalam beramal, ilmu
...
Wallahu’alam bi ash-Showab
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×

Potret dan Wajah Generasi

252 Aufrufe

Veröffentlicht am

Kehidupan yang semakin modern menarik anak-anak muda pada berbagai bentuk “keindahan” sementara, namun membuat mereka mudah rapuh dan galau. Masa-masa pencarian jati diri yang kerap memunculkan rasa keingintahuan dan rasa ingin meniru begitu dalam terhadap sesuatu sehingga timbul perilaku-perilaku unik sekaligus aneh pada diri kaum remaja. Yuk simak bagaimana potret dan wajah sebagian generasi hari ini?

Butuh konsultasi, diskusi, pelatihan, dauroh ?
silahkan hubungi kami

Salam Silaturahmi

Veröffentlicht in: Bildung
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Potret dan Wajah Generasi

  1. 1. Potret dan Wajah Generasi Oleh: Arif Apriansyah
  2. 2. Pendahuluan • Fenomena “Gaby yang tinggal kenangan”, 15.000 jiwa di Indonesia mati sia-sia karena bunuh diri • Fenomena “anak durhaka” yang menjadi salah satu tanda akhir zaman Fenomena Sosial • Fenomena LGBT • Ikut-ikutan V-days Yang lagi marak • ِ‫د‬ْ‫ع‬َ‫ب‬ ْ‫ن‬ِ‫م‬ َ‫ف‬َ‫ل‬َ‫خ‬َ‫ف‬ٌ‫ف‬ْ‫َل‬‫خ‬ ْ‫م‬ِ‫ه‬ ‫وا‬ُ‫ع‬َ‫ب‬َّ‫ت‬‫ا‬ َ‫و‬ َ‫ة‬ َ‫َل‬َّ‫ص‬‫ال‬ ‫وا‬ُ‫ع‬‫ا‬َ‫ض‬َ‫أ‬ ْ‫و‬َ‫س‬َ‫ف‬ ِ‫ت‬‫ا‬ َ‫و‬َ‫ه‬َّ‫ش‬‫ال‬َ‫ن‬ ْ‫و‬َ‫ق‬ْ‫ل‬َ‫ي‬ َ‫ف‬ ‫ًّا‬‫ي‬َ‫غ‬ (Q.S Maryam: 59) Why?
  3. 3. Penyebabnya adalah Pertama: ketika mereka dihadapkan pada sebuah masalah, yang mereka lakuin bukan meminta petunjuk dan pertolongan Allah, tetapi justru malahan ngikutin hawa nafsu dan bisikan syaitan. Kalau udah terjadi pertemuan antara hawa nafsu dan godaan syaitan.
  4. 4. Penyebabnya adalah Kedua: ketika anak muda lebih betah untuk bersama dengan lingkungannya di “tempat” yang bukan RUMAHnya sendiri. Penyebab kedua ini adalah episode lanjutan dari penyebab pertama. Bagi sebagian anak muda Mall adalah tempat yang lebih asyik ketimbang rumahnya, café, warnet dan berbagai tempat yang bisa bikin mereka “happy” lebih disukai dan bikin betah berlama lama ketimbang sekolahan apalagi rumah. Ditambah lagi, kalau rumah mereka tidak lagi bisa menjadi “Rumahku Surgaku” serta ketiadaan keteladanan dan kasih sayang dari orang-orang seisi rumah.
  5. 5. Penyebabnya adalah Ketiga: ketika anak muda lebih merasa nyaman dan betah berdiam diri di tempat selain MASJID. Berbondong-bondong anak-anak muda meninggalkan masjid, sedikit kita saksikan di rumah-rumah Allah baik masjid ataupun mushola anak-anak muda yang mengisi shaf-shaf shalat berjama‟ah. Kalau sudah begini, sebuah bangsa atau wilayah cepat ataupun lambat menjadi bangsa yang tertinggal di segala bidangnya, sebab Dr. Yusuf Qardhowi, ketua ulama international pernah bilang sebuah bangsa akan mengalami kebangkitan manakala anak-anak mudanya mengisi shaf-shaf utama salat berjama‟ah di masjid..
  6. 6. • Merasakan kebersamaan ALLAH Spirit 1 • Belajar dari teladan utama Spirit 2 • Giat dalam Menuntut Ilmu Spirit 3
  7. 7. Merasakan Kebersamaan Allah Setiap kamu dihadapkan pada sebuah masalah, jangan buru-buru memutuskan untuk berputus asa, yakini bahwa setiap masalah itu pasti ada solusinya, apalagi kalau di dalam hati kamu masih ada setitik cahaya iman. Bagi orang yang beriman optimis adalah pilihan mereka, sebab orang mukmin percaya bahwa ada ALLAH bersama mereka.
  8. 8. Belajar dari Teladan Utama Lihatlah dan pelajari sosok-sosok teladan utama dalam Islam seperti Rasulullah dan para sahabatnya. Ada sosok Ibrahim muda yang punya prinsip dan bertauhid, ada juga keteladan Ismail yang mencontohkan tentang patuh dan hormat kepada kedua orang tuanya. Kita kenal juga ashabul kahfi yang memiliki keberanian dan siap menanggung resiko demi mempertahankan dan memperjuangkan kebenaran
  9. 9. Giat dalam Menuntut Ilmu Menuntut ilmu adalah kewajiban sepanjang hayat. Ilmu dapat menjadi petunjuk dalam beramal, ilmu menjadikan derajat mulia di sisi Allah, menuntut ilmu adalah jalan menuju surga
  10. 10. Wallahu’alam bi ash-Showab

×