Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Sumber daya alam(laut)

15.359 Aufrufe

Veröffentlicht am

power point sumber daya alam laut yang di buat oleh anak anak kreatif kelas al fatih ponpes bumi Shalawat..anak anak itu adalah Rifqi fahrudin,A.Shobrur ridlo,M.ali fikri alan s.,dan Jundu muhammad m.i

Veröffentlicht in: Bildung
  • Login to see the comments

Sumber daya alam(laut)

  1. 1. SUMBER DAYA ALAM(LAUT) ALI RIDHO RIFQI JUNDU
  2. 2. PENGERTIAN  Sumber daya alam akuatik (Sumber daya alam perairan), adalah sumber daya alam yang berhubungan dengan laut, danau, sungai, air tanah, air hujan, dan lain-lain. Contoh Sumber daya alam akuatik dapat dilihat berikut ini. Indonesia yang terletak di sepanjang garis khatulistiwa memiliki terumbu karang terluas di dunia. Dengan jumlah penduduknya yang berjumlah lebih dari dua ratus juta jiwa, 60 % penduduk Indonesia tinggal dan menetap di daerah pesisir, terumbu karang merupakan tumpuan sumber penghidupan utama. Disamping sebagai sumber daya perikanan, terumbu karang dapat memberikan penghasilan lain. misalnya bagi dunia industri ikan hias, terumbu karang juga merupakan sumber devisa bagi negara Indonesia, termasuk juga usaha pariwisata yang dikelola oleh penduduk setempat dan para pengusaha pariwisata bahari.
  3. 3. Manfaat SDA LAUT Laut merupakan salah satu sumber daya alam akuatik yang apabila dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal, tentu akan memberikan keuntungan dalam jumlah yang sangat besar. Manfaat laut bagi kepentingan manusia diantaranya adalahsebagai berikut. Sebagai tempat tersedianya rumput laut untuk bahan makanan, obat-obatan, dan bahan kosmetik.  Tempat objek wisata bahari.  Sumber protein hewani, seperti udang, ikan laut, dan kerang.  Sebagai media transportasi antarpulau.  Gelombang dan arus laut dapat didayagunakan untuk dijadikan tenaga listrik.
  4. 4. VIDEO SDA LAUT
  5. 5. POTENSI  Luas laut Indonesia mencakup 2/3 dari seluruh luas wilayah Indonesia, yaitu 5,8 juta km2. Di dalam laut tersebut, tersimpan kekayaan alam yang luar biasa besarnya. Potensi sumber daya laut Indonesia tidak hanya berupa ikan, tetapi juga bahan tambang seperti minyak bumi, nikel, emas, bauksit, pasir, bijih besi, timah, dan lain-lain yang berada di bawah permukaan laut. Kekayaan yang dapat dimanfaatkan dari sumber daya laut yang lain adalah sumber daya alam berupa mangrove, terumbu karang, dan lain-lain. Sumber daya tersebut dikenal dengan sumber daya pesisir.
  6. 6.  a. Perikanan Salah satu potensi sumber daya laut di indonesia yang sejak dulu telah dimanfaatkan penduduk adalah sumber daya perikanan. Laut Indonesia memiliki angka potensi lestari yang besar, yaitu 6,4 juta ton per tahun. Yang dimaksud dengan potensi lestari adalah potensi penangkapan ikan yang masih memungkinkan bagi ikan untuk melakukan regenerasi hingga jumlah ikan yang ditangkap tidak mengurangi populasi ikan. Berdasarkan aturan internasional, jumlah tangkapan yang diperbolehkan adalah 80% dari potensi lestari tersebut atau sekitar 5,12 juta ton per tahun. Kenyataannya, jumlah hasil tangkapan ikan di Indonesia belum mencapai angka tersebut. Ini berarti masih ada peluang untuk meningkatkan jumlah
  7. 7.  b. Hutan Mangrove Hutan mangrove (hutan bakau) merupakan tipe hutan yang berada di daerah pasang surut air laut. Saat air pasang, hutan mangrove digenangi oleh air laut, sedangkan pada saat air surut, hutan mangrove bebas dari genangan air laut. Umumnya hutan mangrove berkembang baik pada pantai yang terlindung, muara sungai, atau laguna. Tumbuhan yang hidup di habitat hutan mangrove tahan terhadap garam yang terkandung di dalam air laut.Ada dua fungsi hutan mangrove sebagai potensi sumber daya laut di indonesia yaitu fungsi ekologis dan ekonomis.
  8. 8.  c. Terumbu Karang Terumbu karang adalah terumbu (batuan sedimen kapur di laut) yang terbentuk dari kapur yang sebagian besar dihasilkan dari koral (binatang yang menghasilkan kapur untuk kerangka tubuhnya). Jika ribuan koral membentuk koloni, koral-koral tersebut akan membentuk karang. Sebagai negara kepulauan, Indonesia merupakan negara yang memiliki terumbu karang terluas di dunia. Luas terumbu karang Indonesia mencapai 284,3 ribu km2 atau setara dengan 18% dari terumbu karang yang ada di seluruh dunia.
  9. 9.  Adapun gambaran dari manfaat terumbu karang tersebut adalah sebagai berikut. Manfaat ekonomi : sebagai sumber makanan, obat-obatan, dan objek wisata bahari.  Manfaat ekologis : mengurangi hempasan gelombang pantai yang dapat berakibat terjadinya abrasi.  Manfaat sosial ekonomi : sebagai sumber perikanan yang dapat meningkatkan pendapatan para nelayan. Terumbu karang juga dapat menjadi daya tarik objek wisata yang dapat meningkatkan pendapatan penduduk sekitar dari kegiatan pariswisata.  Terumbu karang banyak ditemukan di bagian tengah wilayah Indonesia seperti di Sulawesi, Bali, Lombok, dan Papua. Konsentrasi terumbu karang juga ditemukan di Kepulauan Riau, pantai barat dan ujung barat Sumatra.
  10. 10. Persebaran SDA laut di Indonesia
  11. 11. WASSALAMU ALAIKUM WR.WB.

×