Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.

Perang Dunia ke Dua

0

Teilen

Nächste SlideShare
MAKALAH PERANG DUNIA 1
MAKALAH PERANG DUNIA 1
Wird geladen in …3
×
1 von 10
1 von 10

Weitere Verwandte Inhalte

Ähnliche Bücher

Kostenlos mit einer 14-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen

Ähnliche Hörbücher

Kostenlos mit einer 14-tägigen Testversion von Scribd

Alle anzeigen

Perang Dunia ke Dua

  1. 1. PERANG DUNIA II Muhammad Adnan Novanda
  2. 2. PERANG DUNIA II Perang Dunia Kedua atau PD2 adalah perang global yang berlangsung 6 tahun mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara yang pada akhirnya membentuk 2 kelompok militer yang bertentangan : Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer. Dalam keadaan perang, negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang, sehingga menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa. Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.
  3. 3. AWAL TERJADINYA PERANG DUNIA II Awal terjadinya perang umumnya disetujui pada tanggal 1 September 1939, dimulai dengan invasi Jerman ke Polandia, Britania dan Perancis menyatakan perang terhadap Jerman dua hari kemudian. Tanggal lain mengenai awal perang ini adalah dimulainya Perang Cina-Jepang pada 7 Juli 1937. Lainnya mengikuti sejarawan Britania Raya A. J. P. Taylor, yang percaya bahwa Perang Cina-Jepang dan perang di Eropa beserta koloninya terjadi bersamaan dan dua perang ini bergabung pada tahun 1941. Sejarawan Britania raya Antony Beevor memandang awal Perang Dunia Kedua terjadi saat Jepang menyerbu Manchuria bulan Agustus 1939. Tanggal pasti akhir perang juga tidak disetujui secara universal. Dari dulu disebutkan bahwa perang berakhir saat gencatan senjata 14 Agustus 1945, alih-alih penyerahan diri resmi Jepang (2 September 1945), di sejumlah teks sejarah Eropa, perang ini berakhir pada (8 Mei
  4. 4. LATAR BELAKANG PERANG DUNIA II Perang Dunia I membuat perubahan besar pada peta politik, dengan kekalahan Blok Sentral, termasuk Austria-Hongaria, Jerman, dan Kesultanan Utsmaniyah, dan perebutan kekuasaan oleh Bolshevik di Rusia pada tahun 1917. Sementara itu, negara-negara Sekutu yang menang seperti Perancis, Belgia, Italia, Republik Helenic, dan Rumania memperoleh wilayah baru, dan negara-negara baru tercipta setelah runtuhnya Austria-Hongaria, Kekaisaran Rusia, dan Kesultanan Utsmaniyah. Secara umum PD2 dilatar belakangi oleh faktor faktor berikut : -Liga Bangsa Bangsa (LBB) tidak mampu mencegah pertikaian yang terjadi, khususnya di Eropa. -Setelah PD1 terjadi perlombaan pengadaan senjata di berbagai negara. -Kelompok politik terbentuk akibat perasaan saling curiga antar negara. -Beberapa negara yang telah berhasil mengatasi krisis politik dan ekonomi tumbuh menjadi negara ultranasional yang menjalankan imperialisme gaya baru.
  5. 5. TAHAP – TAHAP PERANG DUNIA II Perang Dunia II dapat dibedakan dalam 3 tahap : 1. Permulaan (1939-1942). Pada tahap ini negara sentral memperoleh kemenangan di berbagai medan pertempuran. 2. Titik Balik (1942). Tahap ini ditandai dengan berbagai peristiwa antara lain kekalahan Jepang dalam pertempuran di Laut Karang pada 4 Mei 1942, Jerman dipukul mundur dalam pertempuran di El Alamien oleh Jenderal Montgomery pada tanggal 12 Oktober 1942, dan Jerman yang kalah melawan tentara Uni Soviet dalam pertempuran di Stalingrad pada tanggal 19 November 1942. 3. Akhir (1943-1945). Pada tahap ini negara-negara Sekutu mulai melakukan serangan yang menentukan bagi kekalahan Sentral.
  6. 6. MEDAN PERTEMPURAN PERANG DUNIA II a. Medan Pertempuran Eropa Selama PD2 Jerman menyerbu sebagian besar wilayah Eropa menggunakan taktik blitzkrieg. Dengan menggunakan taktik blitzkrieg, Jerman menaklukkan 9 Negara. Meskipun demikian, Jerman tidak berhasil mengalahkan inggris yang wilayahnya terpisah dari Benua Eropa. Pasukan Jerman menyerang Uni Soviet pada bulan Juni 1941 hingga hampir mencapai pintu masuk Moskow, Rusia. Uni Soviet bersama Inggris dan US yang menyatakan perang dengan Jerman pada bulan Desember 1941, berhasil membalikkan keadaan. Pertempuran perebutan Kota Stalingrad terbukti menjadi titik balik yang menentukan. Pada musim dingin tahun 1942-1943 pasukan Jerman mulai mundu. Pada bulan April 1945 pasukan Soviet memasuki Berlin, Jerman. 2.000.000 lebih serdadu sekutu mendarat pada 6 Juni 1944 di Normandia, Prancis. Pada bulan maret Sekutu melintasi sungai rhine dan bergerak menuju jantung Jerman. Jerman pun menyerah pada bulan Mei 1945. Salah satu film yang menceritakan kronologi peristiwa invasi Normandia hingga ajang
  7. 7. b. Medan Pertempuran Pasifik Jepang membuka perang pasifik dengan melancarkan serangan mendadak ke Pearl Harbour pada 7 Desember 1941. Pearl Harbour adalah pangkalan armada Amerika Serikat di Pasifik. Serangan ini menyebabkan Amerika Serikat tidak lagi mempertahankan sikap netralnya dalam PD2. Pada tanggal 8 Desember 1941 Amerika Serikat menyatakan perang kepada Jepang. Sekutu menyusun taktik serangan dari pulau satu ke pulau lain atau taktik loncat katak untuk membalas serangan-serangan Jepang. Strategi ini dipimpin oleh Jenderal Douglas McArthur dan Laksamana Chester Nimitz. Tentara Jepang dihancurkan Sekutu di Laut Karang dan Midway (7 Mei 1942). Dalam pertempuran di Laut Kanal, Jepang mengalami Kekalahan besar. Pada tanggal 6 Agustus 1945 Kota Hiroshima di bom atom. Karena Jepang belum menyerah, pada tanggal 9 Agustus 1945 Kota Nagasaki dibom atom oleh US. Akhirnya, melalui pidato radio pada tanggal 14 Agustus 1945 Kaisar Hirohito meyatakan kesediaan Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.
  8. 8. c. Medan Pertempuran Afrika Pertempuran Afrika di awali dari upaya Jerman yang ingin menguasai Terusan Suez. Oleh karena itu, Jerman memerintahkan Italia menyerbu Mesir. Akan tetapi, serangan Italia dapat dipukul mundur hingga Absennya oleh Sekutu.
  9. 9. AKHIR PERANG DUNIA II a. Sebab Kekalahan Blok Sentral Kekalahan Sentral melawan Sekutu pada dasarnya disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab kekalahan antara lain tidak ditunjang oleh sumber sumber kekayaan alam yang mencukupi kebutuhan perang. b. Penandatanganan Perjanjian Perjanjian Postdam, dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 1945 untuk menentukan nasib Jerman. Perjanjian antara Sekutu dan Jepang pada tanggal 2 September 1945 di Kapal USS Missouri. Perjanjian Perdamaian Paris pada bulan Februari 1945 menentukan nasib Italia. c. Dampak Perang Dunia II PD2 yang berakhir dengan kemenangan Sekutu ternyata menimbulkan dampak luas bagi peta kepolitikan dunia. Sejak saat itu Amerika Serikat dan Uni Soviet muncul sebagai negara Superpower. Peran negara Eropa seperti Inggris, perancis, italia, dan jerman dalam percaturan politik dunia pun memudar. Bahkan, dalam perkembangannya antara US dan Soviet dalam sebuah era baru yang dinamakan
  10. 10. THANK FOR YOUR ATTENTION

×