Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Makalah multimedia Vera

143 Aufrufe

Veröffentlicht am

tugas

Veröffentlicht in: Bildung
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Makalah multimedia Vera

  1. 1. Tugas Kelompok : 4 Kelas : 4 C TUGAS TIK DAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DosenPembimbing:Eka pandu Cyntia, S.T. M.Kom. DISUSUN OLEH : RahmatKurniawan ( 126211074 ) NurfajriNopriana ( 126210913 ) Tri Narmini ( 126210210 ) RefiAlrida ( 126210249 ) WantiSaputri ( 126211031 ) Three Nopriyeni( 126211105 ) VerraSeptiani ( 126210845 ) YesiTrifani ( 126211432 ) Wulandari ( 126212003 ) ElfiraYulma ( 126211459 ) PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ISLAM RIAU PEKANBARU 2015
  2. 2. Prosedur Perancang Media Pendidikan A. Analisis Karakter Mahasiswa ( analysis leaner character). B. Tujuan Pembelajaran ( state of objective). C. Memilih, merancang atau memodifikasi yang sudah ada ( selec, modify or design materials). D. Uji coba media pembelajaran ( utilize materials). E. Respon mahasiswa ( requare leaner respons). F. Evaluasi ( ecaluate). A. Analisis karakter mahasiswa ( analysis leaner character ). 1. Ritna Astina Pada saat membacakan sebuah pantun, mahasiswa tersebut membacakan dengan intonasi yang jelas, tetapi mimik wajahnya kurang berekspresi. 2. Nella Aprilia Pada saat membacakan sebuah pantun di depan kelas , mahasiswa tersebut membacakan pantun dengan intonasi yang jelas dan berekspresi. 3. M. Budi Prasetyo Mahasiswa yang berikut ini, pada saat membacakan sebuah pantun di depan kelas intonasi kata demi katanya sangat jelas. Ekspresi yang di bawakannya cukup bagus. 4. Lisa Gustina Mahasiswa yang berikut ini, pada saat membacakan sebuah pantun intonasi yang di bawakannya terbilang kurang bagus, bisa kita melihatnya dari dia membacakan pantun tersebut. Dan juga kurang serius.
  3. 3. 5. Lisa Sri Wahyuni Mahasiswa yang terakhir ini, cara dia membacakan pantun di depan kelas sangat bagus, terlihat bagaimana intonasi yang di bacakannya. B. Tujuan Pembelajaran ( state of objective ) 1. Standar Kopetensi : Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman pantun. 2. Kompetensi Dasar : Membacakan pantun dengan penuh ekspresi. 3.Indikator : Mampu membacakan pantun dengan penuh ekspresi, intonasi, irama. A. Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membacakan pantun dengan penuh ekspresi, intonasi yang jelas, irama yang tepat. B. Materi Pembelajaran 1. Membaca pantun C. Metode Pembelajaran 1. Pengenalan tentang pantun 2. Tanya jawab. 3. Tugas D. Langkah Langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Mahasiswa diajak untuk membacakan pantun 2. Mahasiswa membuat contoh sebuah pantun, kemudian di bacakan di depan kelas. E. Sumber Belajar 1. Buku 2. Infokus 3. Sebuah teks pantun
  4. 4. C. Memilih, merancang atau memodifikasi yang sudah ada ( select, modify or design materials ). Materi dan media pembelajaran yang telah tersedia (infokus) akan mencapai tujuan pembelajaran. Materi dan media (infokus) dapat menghemat waktu proses pembelajaran. Dan juga materi dan media pembelajaran dapat memotivasi mahasiswa dalam memahami pembelajaran. D. Uji Coba Media ( utilize materials ). Setelah memilih materi dan media (infokus) diperlukan persiapan bagaimana dan berapa banyak waktu yang diperlukan dalam memakai buku teks pembelajaran. Maka dari itu di perlukan media infokus untuk mempermudah dan mempersingkat waktu pembelajaran. E. Respon Mahaiswa ( requare learner respons ). Mendorong mahasiswa untuk merespon dan umpan balik keaktifan proses belajar mengajar. Respon mahasiswa bermacam macam, diantaranya mereka paham dan mengerti, dan ada juga kurang memperhatikan seperti Lisa Gustina yang kurang memperhatikan pembelajaran tersebut. F. Evaluasi (evaluate) Tingkat pencapaian mahasiswa mengetahui atau memahami tujuan pembelajaran, menggunakan media pembelajaran infokus berupa contoh video sebuah pantun, terlihat ada keaktifan antara mahasiswa dan guru.
  5. 5. Kesimpulan Materi pembelajaran pantun yang diajarkan dikelas, merupakan mata kuliah Mikroteaching (praktek). Data tersebut diambil karena menurut kelompok kami perlu diterapkan dalam mata kuliah TIK dan Multimedia dalam proses belajar pembelajaran. Selanjutnya dalam data yang didapat dapat disimpulkan memakai media buku, laptop, infokus, beberapa contoh teks pantun, dan menggunakan media pembelajaran yaitu video yang memakai alat infokus. Prosedur Perancang Media Pendidikan yakni : 1. Analisis karakter siswa ( analysis learner character), 2. Tujuan pembelajaran ( state of objective ), 3. Memilih, merancang, atau memodifikasi yang sudah ada ( selec, modify or design materials), 4. Uji coba media ( utilize materials), 5. Respon siswa ( require learner respons ), dan 6. Evaluasi ( evalue ) sudah dipakai dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Dari media yang dipakai seperti yang sudah dijelaskan memakai media video yang dihubungkan lewat alat infokus ternyata memberikan respon yang positif bagi peserta didik, namun ada beberapa masalah yakni beberapa orang yang kurang memperhatikan media tersebut. Saran Saran dari kelompok kami, dalam proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran tidak hanya terfokus pada media buku saja. Alangkah baiknya memakai media tambahan seperti video yang dihubungkan langsung lewat infokus. Guru harus bisa menciptakan strategi dan menguasai bahan ajar sehingga anak didik paham dan mengerti bahan ajar yang di sampaikan oleh guru, dan tidak lupa guru harus memberikan motivasi terhadap anak didiknya.
  6. 6. Gambar di atas merupakan data yang diambil dalam proses belajar mengajar, yakni membacakan sebuah pantun. Sebelah kanan ( baju kuning ) bernama Ritna Astina, Nella Aprilia, M.Budi Prasetyo, Lisa Sriwahyuni, dan yang terakhir Lisa Gustina. Dari ke lima Mahasiswa diatas dalam memahami materi yang diajarkan, empat orang yang sudah memahami bahan ajar yang diajarkan, kecuali Lisa Gustina. Seperti yang sudah dikemukakan tadi Lisa kurang memahami dan kurang serius dalam memperhatikan pemblajaran.
  7. 7. Gambar di atas ini adalah teman-teman yang sekaligus membantu dan membimbing jalannya diskusi pembelajaran. Masih ada beberapa orang lagi yang membantu, namun dikarenakan teman-teman mempunyai kesibukan masing-masing yakni tugas pada saat melakukan pengambilan data, mereka tidak ikut berfoto bersama. Kami membuat tugas ini dengan membagi perannya masing-masing, berikut ini nama dan perannya masing-masing. 1. Rahmat Kurniawan : Bertugas membuat makalah ini, termasuk isi dan data yang didapat. 2. Nurfajri Noviana : Bertugas mengatur kelompok dan juga memberi tanggapan dalam menyelesaikan tugas ini. 3. Refi Alrida : Bertugas memberikan masukan, merevisi data seperti tugas-tugas apa yang telah kami kerjakan. 4. Three Nopri Yeni : Bertugas memilih orang yang pas untuk membacakan sebuah pantun. 5. Tri Narmini : Bertugas memberi masukan dalam mengerjakan tugas ini. 6. Vera Septiani : Bertugas membawa laptop.
  8. 8. 7. Wanty Saputri : Bertugas membawa sebuah contoh teks pantun. 8. Elvira Yulma : Bertugas memberi makanan dan minuman serta membantu masukan- masukan kekurangan dalam tugas ini. 9. Wulandari : Bertugas merekam dan mengambil beberapa gambar ( foto dan video ). 10. Yessi Trifani : Bertugas menyediakan tempat, dimana data yang sudah didapat kami kerjakan di kos tempat dia tinggal. Dari beberapa nama dan peran dalam menyelesaikan tugas ini, kami semua bertanggung jawab dengan bahan atau hasil data yang kami dapatkan. Semua kami bekerja tidak ada satupun yang tidak ikut mengerjakan tugas ini. Data bahan ajar ini kami peroleh dari pelajaran microteaching yakni teman kami yang membahas tenang pantun. Mohon maaf bagi kami para anggota makalah ini, jika ada kekurangan dan data-data yang masih kurang kami meminta maaf dan meminta saran masukan terhadap dosen yang telah membimbing kami, yakni matakuliah TIK dan MULTIMEDIA Ibu Eka Pandu Cynthia. S.T, M.Kom. Atas perhatian dari kami semua kami ucapkan terimakasih.

×