Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Die SlideShare-Präsentation wird heruntergeladen. ×

Materi pokok 03

Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Anzeige
Nächste SlideShare
Materi pokok  01
Materi pokok 01
Wird geladen in …3
×

Hier ansehen

1 von 12 Anzeige
Anzeige

Weitere Verwandte Inhalte

Diashows für Sie (18)

Andere mochten auch (20)

Anzeige

Ähnlich wie Materi pokok 03 (20)

Anzeige

Aktuellste (20)

Materi pokok 03

  1. 1. PEL 3 KLS X SAYA DICIPTAKAN SEBAGAI CITRA ALLAH A. Standar Kompetensi : Siswa memahami nilai-nilai keteladanan Yesus Kristus sebagai landasan mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbaatasan sehingga dapat merelasi dengan sesama seara lebih baik. B. Kompetensi Dasar : Siswa mampu memahami dirinya sebagai manusia yang diciptakan Allah menurut citraNya. C. Indikator : 1. Siswa dapat menjelaskan arti dan makna “CITRA” 2. Siswa dapat menjelaskan arti manusia diciptakan sebagai citra Allah(kej.1:26- 27) 3. Siswa dapat menjelaskan arti manusia diciptakan baik adanya. 4. Siswa dapat mengungkapkan kebaikan-kebaikan dirinya yang menggambarkan kebaikan Allah dabn bersikap postitif terhadap diri sendiri
  2. 2. Langkah Pertama : Menyadari Makna “ Gambaran” dan Citra” Kita dilahirkan oleh orangtua kita. Kita adalah hasil dari cinta ayah dan ibu. Kita adalah miniatur dari ayah dan ibu. 1. Mirip siapakah wajah anda? Apakah mirip ayah atau ibu? 2. Mirip siapakah cara anda berjalan, tertawa, berbicara? 3. Anda lebih banyak mewarisi ayah atau ibu ? 4. Mengapa kita memiiliki banyak kemiripan dengan ayah atau ibu? Dialog/langsung tanya-jawab 1. Apakah suatu karya seni musik, seni lukis, sastra/puisi mengungkapkan sesuatu tentang penciptaNya? Mengapa ? 2. Apakah makhluk ciptaan alam semesta mengungkapkan dan
  3. 3.  Langkah kedua: Mendalami dan menydari manusia sebagai gambaran dan citra Allah.  Siswa diajak untum membaca teks Kej 1:26-31;24-7. KISAH PENCIPTAAN MANUSIA 26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."29 Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.30 Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya." Dan jadilah demikian.31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan
  4. 4. 2:4 Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, 5 belum ada semak apa pun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apa pun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu;6 tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu 7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
  5. 5.  Eksplorasi(siswa diajak untuk mendiskusikan pertanyaan- pertanyaan berikut ini ini). 1. Teks-teks mana dari perikop tersebut di atas yang menunjukkan manusia adalah gambaran dan citra Allah? Jelaskan! 2. Mengapa sesudah menciptakan manusia, dikatakan: “Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu sungguh amat bai?”  Siswa diajak untuk memplenokan atau melaporkan hasil diskusi dan kelompok lain diberi kesempatan untuk menangapi hasil diskusi.
  6. 6.  Konfirmasi atau penegasan dari guru  Kitab suci menggarisbawahi bahwa manusia diciptakan oleh Allah menurut gambaran dan citra- Nya. "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita”,... (Kej 1:26).  Apa maksud dari pernyataan teks Kej 1:26 ? Maksudnya bahwa manusia diberi kuasa untuk menguasai alam ciptaan yang lain artinya manusia menata, melestarikan, mengembangkan dan menggunakannya secara bertanggung jawab. Karena itu manusia memerlukan akal budi dan kehendak bebas yang bertanggung jawab.  Kemampuan-kemampuan yang dimiliki manusia itu membuat manusia mirip dengan sang pencipta-Nya.
  7. 7.  Kepada manusia, Allah menganugerahkan tiga(3) kemampuan dasar untuk mengemban tugas yang dipercayakan kepadanya; kemampuan-kemampuan tersebut adalah: a) Kemampaun Akal Budi  kemampuan-kemampuan apa saja yang dapat kita lakukan dalam huubungan dengan akal budi? Dengan akal budi kita dapat: 1) Mengerti dan menyadari diri sendiri. o Dengan akal budi, manusia mengerti dan sadar bahwa ia ada, bahwa ia sedang berbuat sesuatu. Dia dapat merefleksikan kembali apa yang sedang dia buat.
  8. 8. 2) Mengerti apa saja diluar dirinya o Dengan akal budi manusia dapat menyadari bahwa ada awan dan hujan atau fenomena-fenomae alam lainya dan dia mencari tahu huubungan antara awan dan hujan atau hubunagn antara unnsur alam lainya dan manusia dapat membuat kesimpulan. Manusia pun dapat merencanakan masa depannya sendiri, dan sebagainya.
  9. 9. 3) Mansua dapat mengembangkan dirinya, dapat membuat riwayat dan sejarah hidupnya. o Dengan akal budi, manusia dapat bertanya dan mencari jawaban. Dengan demikian manusia dapat membuat kemajuan, dapat menentukan arah dan sejarah hidupnya. 4) Manusia dapat membangun hubungan yang khas dengan sesama. o Dengan akal budi manusia dapat bertemu dan mengalami kebersamaan dan persahabatan dengan orang lain. Karena itu manusia menciptakan bahasa dan budaya atau adat istiadat.
  10. 10. b) Kemampuan Berkehendak Bebas  Kehendak bebas berarti kemampuan untuk bertindak dengan tidak ada paksaan.  Kehendak bebas merupakan ciri khas manusia.  Apa yang dapat kita lakukan dengan kehendak bebas itu? 1) Dengan kehendak bebas manusia dapat melakukan sesuatu dengan sengaja atau tahu dan mau. 2) Dengan kehendak bebas manusia dapat melakukan suatu tindakan dan perbuatan moral. Oleh karena itu manusia mempunyai kewajiban-kewajiban moral dan kewajiban moral itu dibisikan oleh hati nurani kita masing-masing. Dan Tuhan berbicara pada kita lewat hati nurani. Dengan kehendak
  11. 11. 3) Dengan kehendak bebas, kita dapat bertindak secara bertanggung jawab. (Mengapa?) c) Kemampuan “Menguasai”  Tuhan menyerahkan alam lingkungan ini kepada manusia untuk menguasainya secara sewenang- wenang, tetapi menguasainya secara bertanggung jawab. Tuhan menghendaki supaya alam ini, selain digunakan oleh manusia, supaya ditata dan dilestarikan. Kita menjadi rekan sekerja Tuhan untuk mengembangkan alam lingkungan kita. Untuk itu, kita dikurniai akal budi dan kehendak bebas.  Dengan melihat kemampuan-kemampuan tersebut, kiranya menjadi jelas bahwa manusia adalah makhluk yang istimewa dan unik. Manusia adalah makhluk yang berpribadi dan bermartabat. Manusia sungguh gambaran dan citra Allah. Oleh sebab itu, sesudah manusia diciptakan sebagai puncak ciptaan, Dalam Kitab Kejadian (Kej 1 :31) tertulis “Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya sungguh amat baik!”

×