Diese Präsentation wurde erfolgreich gemeldet.
Wir verwenden Ihre LinkedIn Profilangaben und Informationen zu Ihren Aktivitäten, um Anzeigen zu personalisieren und Ihnen relevantere Inhalte anzuzeigen. Sie können Ihre Anzeigeneinstellungen jederzeit ändern.

Manusia sebagai Makhluk Budaya - File PowerPoint

369 Aufrufe

Veröffentlicht am

Slide Presentasi tentang "Manusia sebagai Makhluk Budaya" yang saya buat untuk Tugas Teman Saya.
(Terima Jasa) Membuat Slide Presentasi, silahkan kontak saya di http://julikoding.blogspot.com

Veröffentlicht in: Bildung
  • Loggen Sie sich ein, um Kommentare anzuzeigen.

Manusia sebagai Makhluk Budaya - File PowerPoint

  1. 1. Manusia sebagai Makhluk Buaya Budaya @wahyu_dirta@irawan6706 @akhmdrizaldi KELOMPOK 1
  2. 2. POKOK PEMBAHASAN 1. Manusia sebagai Makhluk Berbudaya 2. Apresiasi terhadap Kemanusiaan dan Kebudayaan 3. Etika & Estetika Budaya 4. Memanusiakan Manusia 5. Problematika Kebudayaan
  3. 3. 1. Manusia sebagai MAKHLUK BERBUAYABUDAYA • Berbeda dengan binatang, tingkah laku Manusia sangat fleksibel. Hal ini terjadi karena kemampuan dari manusia untuk belajar dan beradaptasi dengan apa yang telah dipelajarinya. • Sebagai Makhluk Berbudaya, manusia mendayagunakan “akal budinya” untuk menciptakan kebahagiaan, baik bagi dirinya maupun bagi masyarakat demi Kesempurnaan Hidupnya. • KEBUDAYAAN mencerminkan tanggapan manusia terhadap kebutuhan dasar hidupnya. Manusia berbeda dengan binatang, bukan saja dalam banyaknya kebutuhan, namun juga dalam cara memenuhi kebutuhan tersebut. “KEBUDAYAAN lah yang memberikan garis pemisah antara manusia dan binatang.”
  4. 4. 2. Apresiasi terhadap Kemanusiaan dan Kebudayaan Manusia & Kemanusian Manusia & Kebudayaannya
  5. 5. (A) Manusia dan Kemanusiaan  Kemanusiaan berasal dari kata “Manusia” mendapat tambahan awalan-ke dan akhiran-an. Manusia menunjuk pada kata benda konkret, sedangkan kemanusiaan kata benda abstrak.  Dengan demikian KEMANUSIAAN tidak dapat dipisahkan dari Manusia. manusia adalah HOMO sedangkan kemanusiaan adalah HUMAN. KEMBALI “Kemanusiaan berarti hakekat dan sifat-sifat khas manusia sebagai makhluk yang TINGGI Harkat dan Martabatnya.”
  6. 6. (B) Manusia dan Kebudayaan BUDAYA merupakan hasil budi dan daya dari manusia. dalam bahasa inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata lain colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Dengan demikian kata budaya ada hubungannya dengan kemampuan manusia dalam mengelola sumber-sumber kehidupan, dalam hal ini pertanian. KEMBALI Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya :  pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi social,religi,seni, dan lain-lain, yang kesemuannya ditujukan untuk membantu manusia dalam Melangsungkan Kehidupan Bermasyarakatnya.
  7. 7. 3. Etika dan Estetika BUDAYA dalam bahasa yunani yaitu etos, Secara etimologis ETIKA adalah ajaran tentang baik-buruk, yang diterima umum tentang sikap,perbuatan,kewajiban dan sebagainya. termasuk dalam kawasan nilai, sedangkan nilai ETIKA itu sendiri berkaitan dengan baik-buruk perbuatan manusia. ETIKA ETIKA
  8. 8. 3. Etika dan Estetika BUDAYA bila ESTETIKA ETIKA Berkaitan dengan nilai baik-buruk. Jika Berkaitan dengan nilai indah-jelek. Itu Harus memenuhi nilai-nilai Keindahan. Lebih dari itu, ESTETIKA menyiratkan perlunya manusia untuk menghargai keindahan budaya yang dihasilkan Manusia.
  9. 9. 3. Etika dan Estetika BUDAYA memiliki makna yang berVariasi, menyebutkan ada 3 jenis Makna ETIKA sebagai berikut : ETIKA ETIKA dalam arti Nilai-nilai/Norma ETIKA dalam arti Kumpulan asas/nilai Moral ETIKA dalam arti Ilmu/Ajaran baik & Buruk
  10. 10. Dengan akal MANUSIA serta terdidik tentunya akan mampu membawa perubahan mendasar terhadap hidup dan kehidupan dirinya ataupun untuk kehidupan manusia lainnya. Oleh sebab itulah, disebutkan bahwa pendidikan merupakan sebuah hakiki dan hak azazi bagi setiap manusia. Bahwa pendidikan adalah persoalan khas manusia. Artinya, dengan pendidikan MANUSIA bisa melangsungkan kehidupannya dalam mencapai tujuan. Untuk itu, MUTLAK diperlukan suatu perkembangan. Dalam rangka menciptakan perkembangan, mutlak harus dilakukan perubahan-perubahan. Untuk membuat perubahan, MANUSIA harus me- miliki daya kompetensi (keahlian), kecakapan (capability), dan keterampilan (skill) hidup. 4. Memanusiakan Manusia?
  11. 11. 5. Problematika Kebudayaan Kebudayaan mengalami dinamika seiring dengan dinamika pergaulan hidup manusia sebagai pemilik Kebudayaan, dan adanya budaya dari luar yang teradang kita langsung menerima dan menerapkan pada diri dan kehidupan kita tanpa berfikir panjang dengan resiko efek ke Kebudayaan kita sendiri. Ini lah beberapa contoh PROBLEMATIKA KEBUDAYAAN 1. Hambatan budaya yang berkaitan dengan pandangan hidup dan sistem kepercayaan 2. Hambatan budaya yang berkaitan dengan perbedaan presepsi atau sudut pandang. 3. Hambatan budaya yang berkaitan dengan faktor psikologi atau kejiwaan. 4. Masyarakat yang terasing dan kurang komunikasi dengan masyarakat luar. 5. Sikap tradisionalisme yang berprasangka buruk terhadap hal-hal baru. 6. sikap yang mengagungkan budaya suku bangsa sendiri dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain.
  12. 12. MASIH ADA LAGI..! Perkembangan IPTEKPewarisan, Perubahan, dan Penyebaran Kebudayaan
  13. 13. @ahmdjazuli Jangan lupa Follow terus Blog JuliKoding hehe… Terima Jasa bikin Slide Presentasi harga mulai 15k Kontak

×