Time Manajemen

906 Aufrufe

Veröffentlicht am

Veröffentlicht in: Bildung
0 Kommentare
1 Gefällt mir
Statistik
Notizen
  • Als Erste(r) kommentieren

Keine Downloads
Aufrufe
Aufrufe insgesamt
906
Auf SlideShare
0
Aus Einbettungen
0
Anzahl an Einbettungen
2
Aktionen
Geteilt
0
Downloads
19
Kommentare
0
Gefällt mir
1
Einbettungen 0
Keine Einbettungen

Keine Notizen für die Folie

Time Manajemen

  1. 1. TIME MANAJEMEN (MANAJEMEN WAKTU) KELOMPOK 3 2TI-04 • BAMBANG EDI W • M.RIZAL • OTANG DURIAT • SEPTA TRI M • WENRI SANGKAP P.S
  2. 2. TIME MANAJEMEN • TIME MANAJEMEN ADALAH SEBUAH TINDAKAN ATAU SISTEM, CARA YANG MENGATUR ALOKASI ATAU JUMLAH WAKTU UNTUK MENGERJAKAN SESUATU PROYEK ATAU TUJUAN TERTENTU MELALUI PROSES YANG KITA KENAL SEBAGAI MANAGEMENT PROCESS: PLANNING (PERENCANAAN), ORGANIZING (PENGORGANISASIAN), SUPERVISING (PENGAWASAN DALAM PRAKTIK), CONTROLLING (KONTROL, PEMERIKSAAN), DAN EVALUATING (EVALUASI).
  3. 3. PERENCANAAN •PERENCANAAN (PLANNING) SANGATLAH PENTING . BAHKAN PERENCANAAN MERUPAKAN FUNGSI DASAR ATAU FUNDAMENTAL MANAJEMEN. ORANGPUN MENGENAL APA YANG DI SEBUT POAC(PLANNING, ORGANIZING,ACTUACTING,AND CONTROLLING). •DALAM KEHIDUPAN ADA BERBAGAI ALTERNATIF ATAU PILIHAN.PERENCANAAN DI BUAT UNTUK MEMBANTU MEMILIH ALTERNATIF YANG PALING BAIK DAN PALING EFISIEN . JADI , PERENCANAAN MERUPAKAN KUMPULAN DARI PENGAMBILAN KEPUTUSAN TENTANG SITUAS. •MANFAAT PERENCANAAN SANGAT BANYAK , TETAPI YANG PALING MENDASAR ADALAH ADANYA TUJUAN YANG JELAS, OBYEKTIF, DAN RASIONAL
  4. 4. PERENCANAAN HARUS DI DAHULUI DANGAN PRA- PERENCANAAN YANG BERFUNGSI MEMBERIKAN INPUT DATA YANG DI BUTUHKAN DALAM PERENCANAAN : PERTAMA PRA PERENCANAAN, DAN KEDUA PERENCANAAN ITU SENDIRI
  5. 5. LANGKAH AWAL DALAM MANAJEMEN WAKTU •WASTE ARTINYA SAMPAH ATAU BUANGAN . DALAM KAITAN DENGAN MANAJEMEN WAKTU “WATE” ADALAH SETIAP WAKTU YANG TERBUANG SIA-SIA YANG MENYIMPANG DAN BAHKAN BERTENTANGAN DENGAN USAHA MENCAPA TUJUAN • WAKTU ITU IBARAT UANG YANG DIPINJAMKAN KEPADA KITA . KITA HARUS BIJAKSANA MENGGUNAKANNYA . KALAU BISA KITA HARUS MELIPAT- GANDAKANNYA DAN BUKAN MALAH MENGHABISKANNYA TANPA HASIL.
  6. 6. WAKTU-WAKTU EVALUASI ->PENTINGNYA EVALUASI ->WAKTU LUANG UNTUK EVALUASI ->YANG DILAKUKAN SAAT EVALUASI
  7. 7. PENTINGNYA EVALUASI SETIAP KEGIANTAN PASTI MENGALAMI KEKURANGAN DISANA-SINI. KEKURANGAN ITU BIAS KITA HADAPI DENGAN MELAKUKAN EVALUASI TERHADAP 2(DUA) HAL YAITU PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN. KITA MELIHAT APAKAH RENCANA YANG DIBUAT SESUAI DENGAN KENYATAAN ATAU MALAH MELESET. KITA JUGA MELIHAT PELAKSANAANNYA, APAKAH SESUAI RENCANA ATAU JAUH PANGGANG DARI API. KEGAGALAN DALAM PELAKSANAAN BERASAL DARI BANYAK FACTOR. EVALUASI DILAKUKAN UNTUK MENGETAHUI FAKTOR UTAMA DAN FAKTOR PENYUMBANG KEGAGALAN, KEGAGALAN JUGA HARUS DILIHAT DARI SEGI MENTAL- PSIKOLOGIS. BISA JADI KEGAGALAN DIAKIBATKAN OLEH LEMAHNYA TEKAT DAN SEMANGAT. KARENANYA, HARUS ADA WAKTU KHUSUS UNTUK EVALUASI HAL-HAL TERSEBUT
  8. 8. WAKTU LUANG UNTUK EVALUASI SECARA UMUM, ORANG MEMERLUKAN TIGA MACAM WAKTU LUANG : # PERTAMA : SETIAP ORANG MEMERLUKAN SATU SETENGAH JAM IUNTUK MENGALUHKAN DIRI (DAILY WITHDRAWALL) DARI KESIBUKAN YANG SEDANG BERJALAN. # KEDUA : SETIAP MINGGU SESEORANG PERLU SETIDAKNYA SATU HARI YANG BEBAS AKTIVITAS (WEEKLY WITHDRAWALL) # KETIGA : SETIAP TAHUN USAHAKAN UNTUK MEMILIKI LIBURAN (ANNUAL ABANDONMENT) MASING-MASING WAKTU LUANG ITU HARUS DIISI OLEH AKTIVITAS YANG BEMANFAAT. TETAPI YANG PALING POKOK DALAM KONTEKS INI ADALAH KITA MENGGUNAKAN WAKTU LUANG TERSEBUT UNTUK EVALUASI DIRI. KITA MELIHAT SETIAP AKTIVITAS YANG SUDAH DILAKUKAN APAKAH SUDAH SESUAI DENGAN PERENCANAAN ATAU BELUM.
  9. 9. YANG DILAKUKAN SAAT EVALUASI • SAAT MELAKUKAN EVALUASI, KITA JUGA MENGINVENTARISASI (MENDAFTAR) KEKURANGAN- KEKURANGAN YANG TERJADI DAN MENELAAH PENYEBABNYA. PENYEBAB INILAH YANG KEMUDIAN KITA USAHAKAN TIDAK DIULANGI PADA MASA BERIKUTNYA. PADA SAAT KITA MELAKUKAN EVALUASI SEBAIKNYA : • 1. GUNAKAN KESEMPATANEVALUASI UNTUK MEMERIKSA TUJUAN JANGKA PANJANG DAN JANGKA PENDEK. • 2. BUATLAH PRIORITAS MENYANGKUT TUGAS-TUGAS APA YANG BIAS MENDUKUNG TUJUAN- TUJUAN TERSEBUT. TUGAS-TUGAS INI BIAS DICAPAI/DISELESAIKAN SETIAP MINGGU,ATAU SETIAP HARI. • 3. BUATLAH CATATAN TENTANG KEMAJUAN YANG DICAPAI, LEBIH BAIK MENCATAT TUJUAN, DAN TUGAS-TUGAS, DAN KEMAJUAN PENCAPAIANNYA DALAM ALAT MANEJEMEN, SEPERTI PLANNER ATAU BUKU AGENDA. • 4. PERIKSA LAGI TUJUAN-TUJUAN ITU SETIAP EVALUASI DILAKUKAN, BAIK ITU SETIAP MINGGU, MAUPUN SETIAP HARI.
  10. 10. OTHER DEVILS TERDIRI DARI:  PERANGKAP ENTERTAIMENT (HIBURAN)  OVER PLANING  MISLPANNING  OVERDETAIL  OVERSCHEDULING  KURANG DISIPLIN
  11. 11. PERANGKAP ENTERTAIMENT (HIBURAN) • MASYARAKAT SEMAKIN HAUS AKAN HIBURAN. • SEMUANYA ITU TERJADI KARENA TINGKATAN STRES SEMAKIN TINGGI DAN BEBAN HIDUP SEMAKIN TINGGI YANG MAKIN BERAT MENDORONG ORANG UNTUK MENCARI PELARIAN (ESCAPE) ATAU HIBURAN. • BAHKAN KINI MENJADI KEBUTUHAN MUTLAK, DAN KAYAKNYA BAKAL “MATI” TANPA HIBURAN.
  12. 12. PERANGKAP ENTERTAIMENT (HIBURAN) • HIBURAN MUDAH DIDAPAT DAN MAKIN BERAGAM SEPERTI ACARA TV, MENJELAJAHI INTERNET (BROWSING), DAN PERMAINAN GAME DI COMPUTER / CONSOLE. YANG SEMUA ITU MEMAKAN WAKTU BERJAM- JAM BAHKAN SEHARIAN. • HIBURAN MENJADI THE DEVIL YANG MENGHAMBAT KEEFEKTIFAN ANDA DAN MENJAUHKAN KITA DARI MISI DAN TUJUAN KITA.
  13. 13. OVERPANNING GEJALA YANG DISEBUT OVERPLANNING (OVER = TERLALU. DALAM WUJUD KONGKRETNYA OVERPLANNING MENJELMA MENJADI 2 PERILAKU: 1.TERLALU BERKUTAT DENGAN RENCANA DAN GAGAL MENGEKSEKUSI RENCANA YANG SUDAH DIBUAT. MENJADIKAN RENCANA SEBAGAI TINDAKAN PERTAMA DAN TERAKHIR DALAM PROSES MANAJEMEN. 2.MENJADIKAN SEMUA KEGIATAN SEBAGAI OBJEK RENCANA. TIDAK ADA HAL YG DIRANCANAKAN SEOLAH DUNIA INI DIHITUNG MATEMATIS YANG BISA DIHITUNG SEBELUMYA .
  14. 14. MISPLANNING SELAIN OVERPLANNING, THE DEVIL, LAINYA ADALAH MISPLANING ATAU SALAH PERENCANAAN. KESALAHAN INI MELIPUTI : 1.SALAH INFORMASI. TERJADI KARENA INFORMASI YANG DIKUMPULKAN KURANG LENGKAP. 2.SALAH SASARAN. AKIBAT SALAH INFORMASI MAKA RENCANAPUN JADI TIDAK TEPAT. 3.SALAH PENEMPATAN. KARENA SASARANYA TIDAK TEPAT, PENEMPATAN / ALOKASI SUMBER & ASPEKNYA PUN SALAH. 4.SALAH WAKTU. KESALAHAN INFORMASI MENYEBABKAN KESALAHAN WAKTU SEHINGGA RIGHT TIMING TIDAK BISA DICAPAI.
  15. 15. OVERDETAIL OVERDETAIL BISA BERAKIBAT BURUK DAN MENJADI KAKU KARENA. 1.SIKAP OVERDETAIL MENYBABKAN ORANG KEHILANGAN PEGANGAN UNTUK MEMBEDAKAN MAN YANG POKOK DAN MANA YANG SAMPINGAN. 2.MEMANDANG DUNIA TERLALU MEKANIS SEHINGGA MALAH BISA MENCEKIK KARENA MENYINGKIRKAN KEMUNGKINAN HAL-HAL YANG TIDAK TERDUGA.
  16. 16. OVERSCHEDULING • TERLALU BANYAK KEGIATAN ATAU OVERSCHEDULING DAPAT BERAKIBAT DAMPAK YANG BURUK KARENA YANG BERSANGKUTAN MENGISI WAKTU YANG TERBATAS DENGAN BAYAK AKTIVITAS. • AKIBATNYA ORANG MENJADI OVER-AKTIV ATAU BAHKAN HIPER-AKTIF SEHINGGA TDK MENYISAKAN WAKTU SAMA SEKALI UNTUK SPONTAN DAN NYANTAI.
  17. 17. KURANG DISIPLIN • SETAN DARI SEGALA SETAN PENGHAMBAT KEEFEKTIFAN ORANG MENJALANKAN MANAJEMEN ADALAH KETIDAKDISIPLINAN. TANPA DISIPLIN SEMUA HANYA TINGGAL DI ATAS KERTAS. • DISIPLIN BERARTI TAAT DAN TUNDUK PADA MISI DAN TUJUAN HIDUP KITA. KETIDAKDISIPLINAN SEBALIKNYA, MERUPAKAN SIKAP MENGINGKARI MISI DAN TUJUAN HIDUP TERSEBUT. • KETIDAKDISIPLINAN MERUPAKAN “SETAN BESAR” YANG MEMBUNUH SEGALA KEMUNGKINAN PERBAIKAN YANG SEHARUSNYA MENJADI SUATU KEHARUSAN BAGI SIAPAPUN.

×