BENTUK-BENTUK BADAN
USAHA DALAM
KEWIRAUSAHAAN
BADAN USAHA :
MERUPAKAN KESATUAN
YURIDIS EKONOMIS YANG
TUJUANNYA UNTUK
MENCARI KEUNTUNGAN DAN
BERFUNGSI SEBAGAI BADAN
TERT...
PERUSAHAAN
MERUPAKAN KESATUAN
TEKNIS DALAM PRODUKSI
YANG BERTUJUAN
MENGHASILKAN BARANG DAN
JASA DAN BERFUNGSI SEBAGAI
ALAT...
BUMN :
BADAN USAHA YANG DIDIRIKAN
PEMERINTAH DENGAN MODAL
PEMILIK PEMERINTAH/NEGARA.
MISAL:
PERKEBUNAN NEGARA (PTPN), PT
T...
BUMS :
BADAN USAHA YANG DIDIRIKAN PIHAK
SWASTA DENGAN MODAL SEPENUHNYA
MILIK SWASTA, BAIK PERORANGAN
MAJUPUN KERJA SAMA BE...
BADAN USAHA CAMPURAN :
BADAN USAHA YANG DIDIRIKAN DAN
DIUSAHAKAN PEMERINTAH DAN SWASTA
SECARA BERSAMA-SAMA. MODAL BERASAL ...
BADAN USAHA PERSEORANGAN :
BADAN USAHA YANG DIDIRIKAN SECARA
PERSEORANGAN. MODAL BERASAL DARI SATU ORANG
DAN PERUSAHAAN / ...
BADAN USAHA
PERSEORANGAN :
 KELEBIHAN :
1. PEMILIK SECARA OTOMATIS
SEBAGAI PEMIMPIN
PERUSAHAAN SEHINGGA IA
DAPAT MENGATUR...
FIRMA :
SUATU PERSEKUTUAN ATAU
PERJANJIAN ANTARA DUA
ORANG ATAU LEBIH UNTUK
MENJALANKAN
PERUSAHAAN DENGAN
NAMA BERSAMA.
FIRMA
 KELEBIHAN :
1. KEMUNGKINAN KEPEMIMPINAN DAN
MODAL LEBIH LUAS
2. TERDAPAT KEKAYAAN BERSAMA
DARI ANGGOTA FIRMA SEHIN...
PESEROAN KOMANDITER/CV :
SUATU PERSEKUTUAN
ANTARA DUA ORANG ATAU
LEBIH UNTUK MENJALANKAN
USAHA SEBAGIAN
SEKUTUNYA.
CV
 KELEBIHAN :
 1. TIDAK MEMIKUL SEMUA
 TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN
KARENA ADA PEMBAGIAN
 AKTIFITAS MENJALANKAN
 PERUS...
PESEROAN TERBATAS
(PT):
PERUSAHAAN YANG
MODALNYA BERASAL
ATAU TERBAGI ATAS
SAHAM-SAHAM.
PT
 KELEBIHAN PT :
1. MUDAH MENGUMPULKAN
MODAL DENGAN CARA
MENGELUARKAN SAHAM ATAU
OBLIGASI
2. RISIKO PARA PESERO TERBATA...
KOPERASI
MENURUT PASAL 1 UU NO. 25 TAHUN 1992
TENTANG PERKOPERASIAN :
KOPERASI ADALAH BADAN USAHA YANG
BERANGGOTAKAN ORANG...
SUMBER MODAL USAHA
KOPERASI :
1. DARI LUAR KOPERASI
2. DARI DALAM KOPERASI
KEKUASAAN
TERTINGGI
DALAM KOPERASI
ADALAH RAPAT
ANGGOTA.
PENGURUS DIANGKAT
DIBERHENTIKAN DAN
BERTANGGUNG JAWAB
KEPADA RAPAT
ANGGOTA SEBAGAI
PEMEGANG AMANAT
RAPAT ANGGOTA.
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×

Badanusaha Dalam Kewirausahaan

566 Aufrufe

Veröffentlicht am

Veröffentlicht in: Bildung
0 Kommentare
3 Gefällt mir
Statistik
Notizen
  • Als Erste(r) kommentieren

Keine Downloads
Aufrufe
Aufrufe insgesamt
566
Auf SlideShare
0
Aus Einbettungen
0
Anzahl an Einbettungen
10
Aktionen
Geteilt
0
Downloads
15
Kommentare
0
Gefällt mir
3
Einbettungen 0
Keine Einbettungen

Keine Notizen für die Folie

Badanusaha Dalam Kewirausahaan

  1. 1. BENTUK-BENTUK BADAN USAHA DALAM KEWIRAUSAHAAN
  2. 2. BADAN USAHA : MERUPAKAN KESATUAN YURIDIS EKONOMIS YANG TUJUANNYA UNTUK MENCARI KEUNTUNGAN DAN BERFUNGSI SEBAGAI BADAN TERTINGGI YANG MENGURUS PERUSAHAAN MISAL : PT, FIRMA, CV, KOPERASI
  3. 3. PERUSAHAAN MERUPAKAN KESATUAN TEKNIS DALAM PRODUKSI YANG BERTUJUAN MENGHASILKAN BARANG DAN JASA DAN BERFUNGSI SEBAGAI ALAT BADAN USAHA DALAM MENCARI KEUNTUNGAN. MISAL : PABRIK, TOKO, WARUNG, KIOS.
  4. 4. BUMN : BADAN USAHA YANG DIDIRIKAN PEMERINTAH DENGAN MODAL PEMILIK PEMERINTAH/NEGARA. MISAL: PERKEBUNAN NEGARA (PTPN), PT TELKOM, PT INTI, PT KAI, PERUM PEGADAIAN, PT SEMEN PADANG, PT PUPUK KUJANG, PT PUPUK SRIWIJAYA DLL.
  5. 5. BUMS : BADAN USAHA YANG DIDIRIKAN PIHAK SWASTA DENGAN MODAL SEPENUHNYA MILIK SWASTA, BAIK PERORANGAN MAJUPUN KERJA SAMA BEBERAPA ORANG. MISAL : PT INDOFOOD, CV KARYA KITA (PERCETAKAN), PT SARIWANGI, PT SOSRO, BANK CENTRAL ASIA, BANK SWASTA DAN PERUSAHAAN BESAR SWASTA LAINNYA.
  6. 6. BADAN USAHA CAMPURAN : BADAN USAHA YANG DIDIRIKAN DAN DIUSAHAKAN PEMERINTAH DAN SWASTA SECARA BERSAMA-SAMA. MODAL BERASAL DARI PEMERINTAH DAN SWASTA DENGAN PERSENTASE TERTENTU DAN UMUMNYA SEBAGIAN BESAR MODAL PEMERINTAH LEBIH BESAR DARI SWASTA. MISAL: PT GARUDA INDONESIA AIRWAYS
  7. 7. BADAN USAHA PERSEORANGAN : BADAN USAHA YANG DIDIRIKAN SECARA PERSEORANGAN. MODAL BERASAL DARI SATU ORANG DAN PERUSAHAAN / USAHANYA TIDAK BESAR (USAHA KECIL DAN MENENGAH) DAN MASIH DIKELOLA SECARA SEDERHANA. UNIT USAHA PERSEORANGAN PALING BANYAK TERDAPAT DI BERBAGAI NEGARA : AMERIKA (95 %), JEPANG (90 %), DAN INDONESIA (HAMPIR 80 %).
  8. 8. BADAN USAHA PERSEORANGAN :  KELEBIHAN : 1. PEMILIK SECARA OTOMATIS SEBAGAI PEMIMPIN PERUSAHAAN SEHINGGA IA DAPAT MENGATUR DAN MENGENDALIKAN SESUAI DENGAN PANDANGANNYA. 2. KEUNTUNGAN MENJADI MILIK SENDIRI YANG DIGUNAKAN SEBAGAI MODAL PENGEMBANGANNYA. 3. KEPUTUSAN DAPAT DIAMBIL CEPAT.  KELEMAHAN : 1. MODAL TERBATAS 2. KEMAMPUAN TENAGA TERBATAS 3. KELANGSUNGAN USAHA BERGANTUNG PADA KEMAMPUAN PEMILIK SEBAGAI PENGELOLA
  9. 9. FIRMA : SUATU PERSEKUTUAN ATAU PERJANJIAN ANTARA DUA ORANG ATAU LEBIH UNTUK MENJALANKAN PERUSAHAAN DENGAN NAMA BERSAMA.
  10. 10. FIRMA  KELEBIHAN : 1. KEMUNGKINAN KEPEMIMPINAN DAN MODAL LEBIH LUAS 2. TERDAPAT KEKAYAAN BERSAMA DARI ANGGOTA FIRMA SEHINGGA MEMPERKUAT KEPERCAYAAN PIHAK LAIN UNTUK MEMBERIKAN KREDIT 3. KELANGSUNGAN HIDUP PERUSAHAAN LEBIH TERJAMIN (BILA SALAH SEORANG MENINGGAL MAKA DAPAT DILANJUTKAN OLEH ANGGOTA LAIN 4. SETIAP ANGGOTA FIRMA BERSIKAP LEBIH HATI-HATI MENJALANKAN USAHANYA MENGINGAT BESARNYA RISIKO YANG DIHADAPI.  KELEMAHAN : 1. KEMUNGKINAN ADANYA PERBEDAAN PENDAPAT DI ANTARA ANGGOTA FIRMA. 2. ADANYA TANGGUNG JAWAB BERSAMA, AKIBAT KESALAHAN SEORANG ANGGOTA, ANGGOTA LAIN AKAN IKUT MENANGGUNG RISIKO.
  11. 11. PESEROAN KOMANDITER/CV : SUATU PERSEKUTUAN ANTARA DUA ORANG ATAU LEBIH UNTUK MENJALANKAN USAHA SEBAGIAN SEKUTUNYA.
  12. 12. CV  KELEBIHAN :  1. TIDAK MEMIKUL SEMUA  TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN KARENA ADA PEMBAGIAN  AKTIFITAS MENJALANKAN  PERUSAHAAN/USAHA.  2. SEMUA KEBIJAKAN  PERUSAHAAN DIJALANKAN  SEKUTU AKTIF  3. TANGGUNG JAWAB SEKUTU  AKTIF TIDAK HANYA TERBATAS PADA MODAL YANG  DISERTAKANNYA TERMASUK  KEKAYAAN PRIBADINYA.  KELEMAHAN : 1. KOMANDITER HANYA  MENYERTAKAN MODAL SAJA  2. TANGGUNG JAWAB TERBATAS  PADA MODAL YANG DISERTAKAN.  3. NAMA SEKUTU KOMANDITER  (SEKUTU PASIF) TIDAK BOLEH DIPAKAI SEBAGAI NAMA  PERSEROAN.  4. TIDAK BOLEH IKUT CAMPUR  DALAM PIMPINAN
  13. 13. PESEROAN TERBATAS (PT): PERUSAHAAN YANG MODALNYA BERASAL ATAU TERBAGI ATAS SAHAM-SAHAM.
  14. 14. PT  KELEBIHAN PT : 1. MUDAH MENGUMPULKAN MODAL DENGAN CARA MENGELUARKAN SAHAM ATAU OBLIGASI 2. RISIKO PARA PESERO TERBATAS MODAL YANG DISERTAKAN 3. KELANJUTAN USAHA TIDAK BERGANTUNG PADA SESEORANG 4. PESERO DAPAT MENJUAL SAHAMNYA JIKA MEMBUTUHKAN UANG.  KELEMAHAN PT : 1. ADANYA TANGGUNG JAWAB YANG TERBATAS DAPAT MELAHIRKAN ECEROBOHAN 2. BENTUK PT SERING DIPAKAI UNTUK MENDIRIKAN USAHA YANG BERSIFAT SPEKULATIF 3. KARENA SAHAM DAN OBLIGASI DAPAT DIPERJUALBELIKAN, DAPAT MENIMBULKAN BANYAK SPEKULASI.
  15. 15. KOPERASI MENURUT PASAL 1 UU NO. 25 TAHUN 1992 TENTANG PERKOPERASIAN : KOPERASI ADALAH BADAN USAHA YANG BERANGGOTAKAN ORANG SEORANG ATAU BADAN HUKUM KOPERASI DENGAN MELANDASKAN KEGIATANNYA BERDASARKAN PRINSIP KOPERASI SEKALIGUS SEBAGAI GERAKAN EKONOMI RAKYAT YANG BERDASAR ATAS ASAS KEKELUARGAAN
  16. 16. SUMBER MODAL USAHA KOPERASI : 1. DARI LUAR KOPERASI 2. DARI DALAM KOPERASI
  17. 17. KEKUASAAN TERTINGGI DALAM KOPERASI ADALAH RAPAT ANGGOTA.
  18. 18. PENGURUS DIANGKAT DIBERHENTIKAN DAN BERTANGGUNG JAWAB KEPADA RAPAT ANGGOTA SEBAGAI PEMEGANG AMANAT RAPAT ANGGOTA.

×