KONSTRUKSI SEKAT
PEMASANGAN SEKAT MELINTANG DAPAT
DIJUMPAI PADA SEMUA TIPE KAPAL DAN
MENJADI PERSYARATAN BIRO KLASIFIKASI,...
MACAM – MACAM SEKAT PADA BANGUNAN KAPAL
DITINJAU DARI FUNGSINYA ADALAH SEBAGAI SEBAGAI
BERIKUT:
-SEKAT KEDAP AIR (TIDAK TE...
DARI KEEMPAT JENIS SEKAT TERSEBUT, SEKAT
KEDAP AIR MERUPAKAN JENIS SEKAT YANG
PALING PENTING, TETAPI KALAU PADA KAPAL
YANG...
SEKAT KEDAP AIR MEMPUNYAI EMPAT FUNGSI UTAMA,
YAITU :
1.MEMBAGI BADAN KAPAL MENJADI RUANGAN-
RUANGAN YANG KEDAP AIR
2.MENA...
1. SEKAT MELINTANG
PERATURAN TENTANG JUMLAH SEKAT MELINTANG
KEDAP AIR PADA KAPAL-KAPAL TERCANTUM DALAM
BUKU PERATURAN BIRO...
BANYAKNYA SEKAT KEDAP AIR YANG HARUS DIPASANG
PADA KAPAL SESUAI DENGAN PERATURAN YANG
DIBERIKAN BIRO KLASIFIKASI,DIMANA TE...
JARAK SEKAT MELINTANG KEDAP AIR
SEDAPAT MUNGKIN DIBUAT SAMA DAN
TIDAK PERLU KURANG DARI LEBAR KAPAL.
UNTUK KAPAL-KAPAL PEN...
SEKAT MELINTANG YANG MEMBATASI TANGKI
CERUK HALUAN DAN RUANG MUAT DISEBUT SEKAT
CERUK HALUAN DAN PADA UMUMNYA DISEBUT
SEKA...
SEKAT MELINTANG KEDAP AIR YANG DIPASANG
PADA BAGIAN BURITAN KAPAL DISEBUT SEKAT
CERUK BURITAN, KARENA SELAIN UNTUK
MEMBATA...
PADA UMUMNYA SEKAT-SEKAT DIBUAT DARI
BEBERAPA LAJUR PELAT YANG DISUSUN SECARA
MENDATAR SAMPAI GELADAK LAMBUNG TIMBUL.
UNTU...
GAMBAR 11.54 KONSTRUKSI SEKAT KEDAP AIR
1. LUTUT 6. DASAR GANDA
2. PENUMPU GELADAK 7. WRANG KEDAP AIR
3. PENEGAR SEKAT 8. ...
2. SEKAT BERGELOMBANG
DENGAN ADANYA MUATAN YANG BERMACAM-
MACAM JENISNYA, DIPERLUKAN PEMBAGIAN
RUANGAN KAPAL YANG MAKIN EF...
SEKAT INI TERDIRI DARI BEBERAPA BAGIAN ELEMEN
PELAT YANG MEPUNYAI LEKUKAN (GELOMBANG)
DAN DISAMBUNG DENGAN SYSTEM PENGELAS...
MODULUS PENAMPANG ELEMEN SEKAT BERGELOM-
BANG DITENTUKAN MENURUT RUMUS MODULUS
PENAMPANG PENEGAR SEKAT RATA DENGAN
MENGGAN...
KEUNTUNGAN PEMAKAIAN SEKAT BERGELOMBANG
ANTARA LAIN ADALAH :
- PENGHEMATAN BERAT YANG RELATIF BESAR, BILA
DIBANDINGKAN DEN...
2. SEKAT MEMANJANG
DIJELASKAN BAHWA DINDING SEKAT MEMANJANG
HANYA DIPASANG PADA JENIS KAPAL - KAPAL
TERTENTU SAJA, MISALNY...
LUAS PERMUKAAN BEBAS MUATAN CAIR DAN
MUATAN CURAH PERLU DIPERKECIL DENGAN
PEMASANGAN SEKAT MEMANJANG KARENA
PERMUKAAN ZAT ...
JENIS SEKAT MEMANJANG YANG DIPASANG DAPAT
BERUPA SEKAT RATA ATAU SEKAT - SEKAT YANG
MEMPUNYAI KONSTRUKSI KHUSUS (SEKAT BER...
GAMBAR 11.55 PENAMPANG TENGAH KAPAL PADA SISTEM KONSTRUKSI
GAMBAR 11.55 PENAMPANG TENGAH KAPAL PADA SISTEM KONSTRUKSI MEMA...
ADA PERTANYAAN
YA
TERIMA KASIH
Jika tidak ada
Kostruksi sekat
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×

Kostruksi sekat

309 Aufrufe

Veröffentlicht am

Konstruksi Sekat Pada Kapal

Veröffentlicht in: Bildung
0 Kommentare
0 Gefällt mir
Statistik
Notizen
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Keine Downloads
Aufrufe
Aufrufe insgesamt
309
Auf SlideShare
0
Aus Einbettungen
0
Anzahl an Einbettungen
19
Aktionen
Geteilt
0
Downloads
3
Kommentare
0
Gefällt mir
0
Einbettungen 0
Keine Einbettungen

Keine Notizen für die Folie

Kostruksi sekat

  1. 1. KONSTRUKSI SEKAT PEMASANGAN SEKAT MELINTANG DAPAT DIJUMPAI PADA SEMUA TIPE KAPAL DAN MENJADI PERSYARATAN BIRO KLASIFIKASI, SEDANGKAN SEKAT MEMANJANG UMUM- NYA HANYA DIJUMPAI PADA KAPAL-KAPAL TERTENTU SAJA. MISALNYA KAPAL PENGANG- KUT MUATAN CAIR,DAN KAPAL PENGANGKUT MUATAN CURAH.
  2. 2. MACAM – MACAM SEKAT PADA BANGUNAN KAPAL DITINJAU DARI FUNGSINYA ADALAH SEBAGAI SEBAGAI BERIKUT: -SEKAT KEDAP AIR (TIDAK TEMBUS AIR) -SEKAT KEDAP MINYAK (TIDAK TEMBUS MINYAK) -SEKAT BIASA YANG HANYA DIGUANAKAN UNTUK MEMBAGI RUANG BAGI KEPERLUAN AKOMODASI -SEKAT BERLUBANG UNTUK MENGATASI PERMUKA- AN BEBAS ZAT CAIR.
  3. 3. DARI KEEMPAT JENIS SEKAT TERSEBUT, SEKAT KEDAP AIR MERUPAKAN JENIS SEKAT YANG PALING PENTING, TETAPI KALAU PADA KAPAL YANG MEMBAWA MUATAN MINYAK, MAKA SEKAT KEDAP MINYAK YANG MEMEGANG PERANAN UTAMA.
  4. 4. SEKAT KEDAP AIR MEMPUNYAI EMPAT FUNGSI UTAMA, YAITU : 1.MEMBAGI BADAN KAPAL MENJADI RUANGAN- RUANGAN YANG KEDAP AIR 2.MENAMBAH KEKUATAN MELINTANG KAPAL 3.MENCEGAH MENGALIRNYA AIR KERUANGAN LAIN BILA TERJADI KEBOCORAN PADA SALAH SATU RUANGAN 4.MENCEGAH MENJALARNYA API SAAT TERJADI KEBAKARAN
  5. 5. 1. SEKAT MELINTANG PERATURAN TENTANG JUMLAH SEKAT MELINTANG KEDAP AIR PADA KAPAL-KAPAL TERCANTUM DALAM BUKU PERATURAN BIRO KLASIFIKASI. KAPAL HARUS MEMPUNYAI PALING SEDIKIT TIGA SEKAT KEDAP AIR UNTUK KAMAR MESIN YANG TERLETAK DI BELAKANG DAN EMPAT SEKAT UNTUK KAMAR MESIN YANG TERLETAK DITENGAH
  6. 6. BANYAKNYA SEKAT KEDAP AIR YANG HARUS DIPASANG PADA KAPAL SESUAI DENGAN PERATURAN YANG DIBERIKAN BIRO KLASIFIKASI,DIMANA TERGANTUNG DARI PANJANG KAPAL. UNTUK L < 65 M HARUS MEMPUNYAI TIGA SEKAT MELINTANG. UNTUK L65≥ L≤ 85 M HARUS MEMPUNYAI EMPAT SEKAT MELINTANG DAN DITAMBAH SATU SEKAT UNTUK SETIAP 20 M PERPANJANGAN KAPAL.
  7. 7. JARAK SEKAT MELINTANG KEDAP AIR SEDAPAT MUNGKIN DIBUAT SAMA DAN TIDAK PERLU KURANG DARI LEBAR KAPAL. UNTUK KAPAL-KAPAL PENGANGKUT MUATAN BERAT (MISALNYA BIJI TAMBANG) PANJANG RUANG MUAT TIDAK BOLEH MELEBIHI 30 M.
  8. 8. SEKAT MELINTANG YANG MEMBATASI TANGKI CERUK HALUAN DAN RUANG MUAT DISEBUT SEKAT CERUK HALUAN DAN PADA UMUMNYA DISEBUT SEKAT TUBRUKAN. DISEBUT SEKAT TUBRUKAN KARENA BERFUNGSI UNTUK MELINDUNGI BAGIAN HALUAN KAPAL JIKA BERTUBRUKAN DENGAN BENDA LAIN. LETAK SEKAT INI DITENTUKAN OLEH BIRO KLASIFIKASI DAN MERUPAKAN FUNGSI PANJANG KAPAL.
  9. 9. SEKAT MELINTANG KEDAP AIR YANG DIPASANG PADA BAGIAN BURITAN KAPAL DISEBUT SEKAT CERUK BURITAN, KARENA SELAIN UNTUK MEMBATASI TANGKI CERUK BURITAN DAN RUANG MESIN JUGA BERFUNGSI SEBAGAI PEGANGAN UJUNG DEPAN TABUNG POROS BALING-BALING. SEKAT TABUNG BURITAN UMUMNYA DIPASANG PADA JARAK 3 - 5 KALI JARAK GADING, DIUKUR DARI UJUNG DEPAN BOSS POROS BALING-BALING. SEKAT MELINTANG YANG LAIN ADALAH SEKAT YANG MEMBATASI KAMAR MESIN DENGAN RUANG MUAT DISEBUT SEKAT DEPAN KAMAR MESIN
  10. 10. PADA UMUMNYA SEKAT-SEKAT DIBUAT DARI BEBERAPA LAJUR PELAT YANG DISUSUN SECARA MENDATAR SAMPAI GELADAK LAMBUNG TIMBUL. UNTUK PENGUATAN PELAT SEKAT DIPASANG PENEGAR-PENEGAR YANG DIPASANG SECARA TEGAK (VERTKAL). DI SAMPING ITU SEKAT MELINTANG DAPAT PULA DIBUAT DARI PELAT BERGELOMBANG TANPA PENEGAR.
  11. 11. GAMBAR 11.54 KONSTRUKSI SEKAT KEDAP AIR 1. LUTUT 6. DASAR GANDA 2. PENUMPU GELADAK 7. WRANG KEDAP AIR 3. PENEGAR SEKAT 8. SAMBUNGAN PELAT SEKAT 4. GELADAK KEDUA 9. PENUMPU SAMPING 5. SEKAT KEDAP AIR
  12. 12. 2. SEKAT BERGELOMBANG DENGAN ADANYA MUATAN YANG BERMACAM- MACAM JENISNYA, DIPERLUKAN PEMBAGIAN RUANGAN KAPAL YANG MAKIN EFISIEN. MUATAN MINYAK MEMERLUKAN TANGKI- TANGKI YANG MUDAH UNTUK DIBERSIHKAN. UNTUK INI, DIPAKAI SEKAT BERGELOMANG (CORRUGATED BULKHEAD), YAITU JENIS SEKAT YANG TIDAK MEMILIKI PENEGAR-PENEGAR.
  13. 13. SEKAT INI TERDIRI DARI BEBERAPA BAGIAN ELEMEN PELAT YANG MEPUNYAI LEKUKAN (GELOMBANG) DAN DISAMBUNG DENGAN SYSTEM PENGELASAN. SUDUT-SUDUT ELEMEN PELAT GELOMBANG (ALPHA) MINIMUM 45 DERAJAT ,KETEBALAN SEKAT BERGELOMBANG TIDAK BOLEH KURANG DARI PERSYARATAN YANG DITENTUKAN PADA TEBAL PELAT SEKAT RATA KARENA PADA SEKAT BERGELOMBANG TIDAK MEMILIKI PENEGAR. UNTUK ITU, JARAK ANTARA PENEGAR A DIAMBIL NILAI TERBESAR DARI B ATAU F (M). HAL TERSEBUT DAPAT DILIHAT PADA GAMBAR 11.56
  14. 14. MODULUS PENAMPANG ELEMEN SEKAT BERGELOM- BANG DITENTUKAN MENURUT RUMUS MODULUS PENAMPANG PENEGAR SEKAT RATA DENGAN MENGGANTI NILAI JARAK PENEGAR (a) DENGAN ELEMEN (e) (M). MODULUS PENAMPANG SEKAT BERGELOMBANG DAPAT JUGA DITETAPKAN MENU- RUT RUMUS BERIKUT : W = t d (b + f/3) (cm3) NILAI t,d,b,f DAN e (m) SEPERTI DITUNJUKKAN PADA GAMBAR SEKAT BERGELOMBANG.
  15. 15. KEUNTUNGAN PEMAKAIAN SEKAT BERGELOMBANG ANTARA LAIN ADALAH : - PENGHEMATAN BERAT YANG RELATIF BESAR, BILA DIBANDINGKAN DENGAN SEKAT RATA BERPENEGAR. - PENGELASANNYA BERKURANG. - MEMPUNYAI KONSTRUKSI YANG LEBIH SEDERHANA. - SEKAT LEBIH MUDAH DIBERSIHKAN, TERUTAMA PADA KAPAL-KAPAL TANGKI. - MEMPERMUDAH PEMUATAN BARANG PADA KAPAL- KAPAL KARGO. KONSTRUKSI SEKAT BERGELOMBANG DIPERLIHATKAN SEPERTI PADA GAMBAR 11.56
  16. 16. 2. SEKAT MEMANJANG DIJELASKAN BAHWA DINDING SEKAT MEMANJANG HANYA DIPASANG PADA JENIS KAPAL - KAPAL TERTENTU SAJA, MISALNYA KAPAL TANGKI MINYAK, KAPAL MUATAN CURAH, DAN KAPAL PENGANGKUT BIJI-BIJIAN. SEKAT MEMANJANG PADA KAPAL TANGKI DAN MUATAN CURAH SELAIN UNTUK MENGURANGI LUAS PERMUKAAN BEBAS JUGA BERFUNGSI UNTUK MENAMBAH KEKUATAN MEMANJANG KAPAL.
  17. 17. LUAS PERMUKAAN BEBAS MUATAN CAIR DAN MUATAN CURAH PERLU DIPERKECIL DENGAN PEMASANGAN SEKAT MEMANJANG KARENA PERMUKAAN ZAT CAIR ATAU MUATAN CURAH AKAN BERUBAH DENGAN KEMIRINGAN KAPAL. PERUBAHAN LUAS PERMUKAAN BEBAS YANG CUKUP BESAR AKAN MENGURANGI STABILITAS KAPAL TERSEBUT, TERUTAMA PADA KAPALKAPAL TANPA SEKAT MEMANJANG.
  18. 18. JENIS SEKAT MEMANJANG YANG DIPASANG DAPAT BERUPA SEKAT RATA ATAU SEKAT - SEKAT YANG MEMPUNYAI KONSTRUKSI KHUSUS (SEKAT BERGE - LOMBANG). SUSUNAN KONSTRUKSI PADA SEKAT RATA SAMA DENGAN SUSUNAN KONSTRUKSI PADA LAMBUNG KAPAL. JIKA LAMBUNG MENGGUNAKAN GADING-GADING TEGAK, PADA SEKAT MEMANJANG DIPASANG PENEGARPENEGAR TEGAK.
  19. 19. GAMBAR 11.55 PENAMPANG TENGAH KAPAL PADA SISTEM KONSTRUKSI GAMBAR 11.55 PENAMPANG TENGAH KAPAL PADA SISTEM KONSTRUKSI MEMANJANG. 1. GELADAK 3. PELAT SISI 5. PEMBUJUR SISI 7. PENEGAR MEMANJANG 2. PELINTANG SISI 4. SENTA 6. SEKAT MEMANJANG 8. PEMBUJUR ALAS
  20. 20. ADA PERTANYAAN
  21. 21. YA TERIMA KASIH Jika tidak ada

×