RIDHO AFWAN
TEKNIK INFORMATIKA
E
SISTEM INFORMASI
ENTERPRISE ?
SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN ADALAH SUATU SISTEM BERBASIS COMPUTER
YANG DAPAT MELAKUKAN SEMUA...
MANFAAT JARINGAN SI
DALAM PERUSAHAAN ?
1. MENINGKATKAN EFISIENSI OPERASIONAL
INVESTASI DI DALAM TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI...
PENERAPAN SISTEM
INFORMASI PERUSAHAAN
SAMPAI PADA TAHUN 1960-AN, PERAN SISTEM INFORMASI MASIH SEDERHANA YAKNI,
MEMPROSES T...
PERUSAHAAN YANG ADA DI
DUNIA
PENUTUP
SEKIAN
&
TERIMA KASIH
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×

Sistem informasi enterprise

377 Aufrufe

Veröffentlicht am

tugas PTI

Veröffentlicht in: Präsentationen & Vorträge
0 Kommentare
0 Gefällt mir
Statistik
Notizen
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Keine Downloads
Aufrufe
Aufrufe insgesamt
377
Auf SlideShare
0
Aus Einbettungen
0
Anzahl an Einbettungen
2
Aktionen
Geteilt
0
Downloads
1
Kommentare
0
Gefällt mir
0
Einbettungen 0
Keine Einbettungen

Keine Notizen für die Folie

Sistem informasi enterprise

  1. 1. RIDHO AFWAN TEKNIK INFORMATIKA E
  2. 2. SISTEM INFORMASI ENTERPRISE ? SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN ADALAH SUATU SISTEM BERBASIS COMPUTER YANG DAPAT MELAKUKAN SEMUA TUGAS AKUNTANSI STANDATR BAGI SEMUA UNIT ORGANISASI SECARA TERINTEGRASI DAN TERKOORDINASI. SIM PERUSAHAAN SAAT INI MENGAKUMULASI SELURUH DATA TRANSAKSI AKUNTANSI DARI BAGIAN MANU FAKTUR , PENJUALAN , PEMBELIAN , SUMBER DAYA MANUSIA, DAN BERBAGAI FUNGSI BISNIS LAIN. DATA ITU BERHUBUNGAN DENGAN SUMBER DAYA ORGANISASI DAN PERENCANAAN TIDAK DAPAT DILAKUKAN TANPA MEMAHAMI BAGAIMANA TIAP PENJUALAN. TIAP UNIT YANG DIPRODUKSI ,DAN TIAP TINDAKAN TANPA MEMPENGARUHI KESELURUHAN ORGANISASI. SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN DAPAT DISEBUT JUGA (ENTERPRISE INFORMATION SYSTEM). TUJUAN DARI ENTIS ADALAH UNTUK MENGUMPULKAN DAN MENYEBARKAN DATA KE SELURUH PROSES YANG TERDAPAT DI SEBUAH ORGANISASI, ENTSI MENYEDIAKAN DATA YANG DIGUNAKAN MANAJER UNTUK MEMBUAT SEBUAH KEPUTUSAN DALAM MERENCANAKAN DAN MENGENDALIKAN PROSES BISNIS.
  3. 3. MANFAAT JARINGAN SI DALAM PERUSAHAAN ? 1. MENINGKATKAN EFISIENSI OPERASIONAL INVESTASI DI DALAM TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAPAT MENOLONG OPERASI PERUSAHAAN MENJADI LEBIH EFISIEN. EFISIENSI OPERASIONAL MEMBUAT PERUSAHAAN DAPAT MENJALANKAN STRATEGI KEUNGGULAN BIAYA LOW-COST LEADERSHIP. 2. MEMPERKENALKAN INOVASI DALAM BISNIS PENGGUNAAN ATM. AUTOMATED TELLER MACHINE DALAM PERBANKAN MERUPAKAN CONTOH YANG BAIK DARI INOVASI TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI. DENGAN ADANYA ATM, BANK-BANK BESAR DAPAT MEMPEROLEH KEUNTUNGAN STRATEGIS MELEBIHI PESAING MEREKA YANG BERLANGSUNG BEBERAPA TAHUN. 3. MEMBANGUN SUMBER-SUMBER INFORMASI STRATEGIS TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI MEMAMPUKAN PERUSAHAAN UNTUK MEMBANGUN SUMBER INFORMASI STRATEGIS SEHINGGA MENDAPAT KESEMPATAN DALAM KEUNTUNGAN STRATEGIS. HAL INI BERARTI MEMPEROLEH PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK, MENGEMBANGKAN JARINGAN TELEKOMUNIKASI, MENYEWA SPESIALIS SISTEM INFORMASI, DAN MELATIH END USERS. E FUNGSI DARI SISTEM INFORMASI TIDAK LAGI HANYA MEMPROSES TRANSAKSI, PENYEDIA INFORMASI, ATAU ALAT UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN. SEKARANG SISTEM INFORMASI DAPAT BERFUNGSI UNTUK MENOLONG END USER MANAJERIAL MEMBANGUN SENJATA YANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DARI PERSAINGAN YANG KETAT. PENGGUNAAN YANG EFEKTIF DARI SISTEM INFORMASI STRATEGIS MENYAJIKAN END USERSMANAJERIAL DENGAN TANTANGAN MANAJERIAL YANG BESAR.
  4. 4. PENERAPAN SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN SAMPAI PADA TAHUN 1960-AN, PERAN SISTEM INFORMASI MASIH SEDERHANA YAKNI, MEMPROSES TRANSAKSI, MENYIMPAN DATA, ACCOUNTING DAN APLIKASI PROSES DATA ELEKTRONIK (ELECTRONIC DATA PROCESSING) LAINNYA. KEMUDIAN PADA TAHUN 1970-AN, INFORMASI SPESIFIKASI AWAL PRODUK YANG DIBUAT OLEH INFORMATION REPORTING SYSTEMS TIDAK DAPAT MEMENUHI KEBUTUHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN. OLEH KARENA ITU DIBUATLAH KONSEP DECISION SUPPORT SYSTEMS (DSS). PERANAN BARU INI ADALAH MENYEDIAKAN DUKUNGAN INTERAKTIF KEPADA MANAJEMEN UNTUK PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEREKA. ADAPUN PERANAN DAN FUNGSI UTAMA DARI SISTEM INFORMASI ADALAH : 1. MENDUKUNG OPERASI BISNIS . MULAI DARI AKUNTANSI SAMPAI DENGAN PENELUSURAN PESANAN PELANGGAN, SISTEM INFORMASI MENYEDIAKAN DUKUNGAN BAGI MANAJEMEN DALAM OPERASI/KEGIATAN BISNIS SEHARI-HARI. KETIKA TANGGAPAN/RESPON YANG CEPAT MENJADI PENTING, MAKA KEMAMPUAN SISTEM INFORMASI UNTUK DAPAT MENGUMPULKAN DAN MENGINTEGRASIKAN INFORMASI KEBERBAGAI FUNGSI BISNIS MENJADI KRITIS/PENTING. 2. MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAGERIAL. SISTEM INFORMASI DAPAT MENGKOMBINASIKAN INFORMASI UNTUK MEMBANTU MANAGER MENJALANKAN MENJALANKAN BISNIS DENGAN LEBIH BAIK, INFORMASI YANG SAMA DAPAT MEMBANTU PARA MANAJER MENGIDENTIFIKASIKAN KECENDERUNGAN DAN UNTUK MENGEVALUASI HASIL DARI KEPUTUSAN SEBELUMNYA. SISTEM INFORMASI AKAN MEMBANTU PARA MANAJER MEMBUAT KEPUTUSAN YANG LEBIH BAIK, LEBIH CEPAT, DAN LEBIH BERMAKNA. 3. MENDUKUNG KEUNGGULAN STRATEGIS. SISTEM INFORMASI YANG DIRANCANG UNTUK MEMBANTU PENCAPAIAN SASARAN STRATEGIS PERUSAHAAN DAPAT MEN-CIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING DI PASAR
  5. 5. PERUSAHAAN YANG ADA DI DUNIA
  6. 6. PENUTUP SEKIAN & TERIMA KASIH

×