KINESIC
THEORY
RAY BIRDWHISTELL
NURUL KUSUMAH DEWI
210110120018
MANKOM A
DOSEN PENGAMPU :
DR. ANTAR VENUS .M.A.COM.M
MERIA...
RAY BIRDWHISTELL
• THE KINESICS ISTILAH INI AWALNYA DICIPTAKAN OLEH BIRDWHISTELL , YANG BERARTI " EKSPRESI WAJAH , GERAK T...
PETUNJUK KINESIK (KINESIC CUES)
PETUNJIK KINESIK ADALAH PERSEPSI YANG DIDASARKAN KEPADA GERAKAN
ORANG LAIN YANG DITUNJUKAN...
PETUNJUK KINESIK TERBAGI MENJADI 3
YAITU
1. PESAN FASIAL
PESAN INI MENGGUNAKAN AIR MUKA UNTUK MENYAMPAIKAN MAKNA TERTENTU.
BAGI PENELITIAN MENUNJUKAN BAHWA WAJAH D...
5 KESIMPULAN LEATHERS TENTANG WAJAH
1. WAJAH MENGKOMUNIKASIKAN PENILAIAN TENTANG EKSPRESI SENANG DAN
TAK SENANG, YANG MENU...
2. PESAN
GESTURAL
MENUNJUKAN GERAKAN SEBAGIAN ANGGOTA BADAN SEPERTI MATA DAN TANGAN UNTUK
MENGKOMUNIKASIKAN BERBAGAI MAKNA...
3.PESAN
POSTURAL
BERKAITAN DENGAN KESELURUHAN ANGGOTA BADAN . MEHRABIAN
MENYEBUTKAN 3 MAKNA YANG DAPAT DISAMPAIKAN POSTUR:...
RAY BIRDWHISTELL DENGAN 7 ASUMSI
KINESIK
7 ASUMSI
• SEMUA KEJADIAN ALAM MEMPUNYAI ARTI DAN MAKNA TERTENTU, SAMA
DENGAN SETIAP GERAKAN TUBUH ATAU SETIAP PERNYATAAN ...
7
ASUMSI
• ADA KESAMAAN ANTARA AKTIVITAS TUBUH DENGAN AKTIVITAS GELOMBANG
SUARA. SECARA SISTEMATIS DUA BENTUK AKTIVITAS TE...
3 TINGKAT PENGGUNAAN KINESIK
3
TINGKAT
•PREKINESIK: MERUPAKAN STUDI PSIKOLOGIS TENTANG
AKTIVITAAS GERAKAN TUBUH . AKTIVITAS-AKTIVITAS TERSEBUT MERUPAKA...
ANALISIS KASUS
Kinesic Theory
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×

Kinesic Theory

897 Aufrufe

Veröffentlicht am

Presentasi Kinesic Theory oleh Nurul Kusuamah Dewi Mankom A Fikom Unpad

Veröffentlicht in: Bildung
0 Kommentare
0 Gefällt mir
Statistik
Notizen
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Keine Downloads
Aufrufe
Aufrufe insgesamt
897
Auf SlideShare
0
Aus Einbettungen
0
Anzahl an Einbettungen
50
Aktionen
Geteilt
0
Downloads
16
Kommentare
0
Gefällt mir
0
Einbettungen 0
Keine Einbettungen

Keine Notizen für die Folie

Kinesic Theory

  1. 1. KINESIC THEORY RAY BIRDWHISTELL NURUL KUSUMAH DEWI 210110120018 MANKOM A DOSEN PENGAMPU : DR. ANTAR VENUS .M.A.COM.M MERIA OKTAVIANY S.SOS,.M.IKOM DEPARTEMEN MANAJEMEN KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PADJADJARAN
  2. 2. RAY BIRDWHISTELL • THE KINESICS ISTILAH INI AWALNYA DICIPTAKAN OLEH BIRDWHISTELL , YANG BERARTI " EKSPRESI WAJAH , GERAK TUBUH, POSTUR TUBUH DAN GAYA BERJALAN , DAN TERLIHAT. LENGAN DAN GERAKAN TUBUH " .BIRDWHISTELL MEMPERKIRAKAN BAHWA " TIDAK LEBIH DARI 30 SAMPAI 35 PERSEN DARI MAKNA SOSIAL PERCAKAPAN ATAU INTERAKSI DILAKUKAN DENGAN KATA-KATA . " LAIN LEBIH LUAS , IA BERPENDAPAT BAHWA " KATA-KATA TIDAK HANYA WADAH PENGETAHUAN SOSIAL . " IA MENGUSULKAN ISTILAH TEKNIS LAINNYA, TERMASUK KINEME , DAN BANYAK LAINNYA JARANG DIGUNAKAN SAAT INI .MENARIKNYA , BIRDWHISTELL TELAH DI SETIDAKNYA SAMA BANYAK DAMPAK PADA STUDI BAHASA DAN INTERAKSI SOSIAL KOMUNIKASIUMUMNYA HANYA SEBAGAI NONVERBAL KARENA IA TERTARIK DALAM STUDI KOMUNIKASI YANG LEBIH LUAS DARIPADA YANG SERING DIAKUI . BIRDWHISTELL MEMAHAMI GERAKAN- GERAKAN TUBUH YANG AKAN BUDAYA BERPOLA DARIPADA UNIVERSAL.MURID-MURIDNYA DIMINTA UNTUK MEMBACA SECARA LUAS , SUMBER TIDAK HANYA DALAM KOMUNIKASI TETAPI JUGA ANTROPOLOGI DAN LINGUISTIK . KOLABORASI DENGAN ORANG LAIN , TERMASUK AWALNYA MARGARET MEAD DAN GREGORY BATESON , DAN KEMUDIAN, ERVING GOFFMAN DAN DELL HYMES MEMILIKI PENGARUH BESAR PADA KARYANYA . MISALNYA, BUKU ITU DIA TERKENAL KARENA , KINESICS DAN KONTEKS , " TIDAK AKAN MUNCUL JIKA BELUM DIPERTIMBANGKAN OLEH ERVING GOFFMAN " DAN IA SECARA EKSPLISIT MENYATAKAN " PENGARUH PENTING DAN MEMPERTAHANKAN ATAS DASAR KARYA SAYA TELAH BAHWA DARI LINGUISTIKANTROPOLOGI " , TRADISI YANG PALING LANGSUNG DIWAKILI DI UNIVERSITY OF PENNSYLVANIA OLEH HYMES
  3. 3. PETUNJUK KINESIK (KINESIC CUES) PETUNJIK KINESIK ADALAH PERSEPSI YANG DIDASARKAN KEPADA GERAKAN ORANG LAIN YANG DITUNJUKAN KEPADA KITA. BEBERPA PENELITIAN MEMBUKTIKAN BAHWA PERSEPSI YANG CERMAT TENTANG SIFAT-SIFAT DARI PENGAMATAN PETUNJUK KINESIK. BEGITU PENTINGNYA PETUNJUK KINESIK, SEHINGGA APABILA PETUNJUK-PETUNJUK LAIN (SEPERTI UCAPAN) BERTENTANGAN DENGAN PETUNJUK KINESIK, ORANG MEMPERCAYAI YANG TERAHIR, MENGAPA ? KARENA PETUNJUK KINESIK ADALAH YANG PALING SUKAR UNTUK DIKENDALIKAN SECARA SADAR OLEH ORANG YANG MENJADI STIMULI (SELANJUTNYA DISEBUT PESONA STIMULI ORANG YANG DIPERSEPSI ; LAWAN DARI PESONA PENANGGAP).
  4. 4. PETUNJUK KINESIK TERBAGI MENJADI 3 YAITU
  5. 5. 1. PESAN FASIAL PESAN INI MENGGUNAKAN AIR MUKA UNTUK MENYAMPAIKAN MAKNA TERTENTU. BAGI PENELITIAN MENUNJUKAN BAHWA WAJAH DAPAT MENYAMPAIKAN PALINGG SEDIKIT SEPULUH KELOMPOK MAKNA : • KEBAHAGIAAN, RASA TERKEJUT, KETAKUTAN KEMARAHAN, KESEDIHAN, KEMUAKAN, PENGECAMAN, MINAT, KETAKJUBAN, DAN TEKAD. LATHERS (1976) MENYIMPULKAN PENELITIAN TENTANG WAJAH SEBAGAI BERIKUT.
  6. 6. 5 KESIMPULAN LEATHERS TENTANG WAJAH 1. WAJAH MENGKOMUNIKASIKAN PENILAIAN TENTANG EKSPRESI SENANG DAN TAK SENANG, YANG MENUNJUKAN KOMUNIKATOR MEMANDANG OBJEK PENELITIANNYA BAIK ATAU BURUK. 2. WAJAH MENGKOMUNIKASIKAN MINAT SESEORANG KEPADA ORANG LAIN ATAU LINGKUNGANNYA 3. WAJAH MENGKOMUNIKASIKAN INTENSITAS KETERLIBATAN DALAM SATU SITUASI 4. WAJAH MENGKOMUNIKASIKAN TINGKAT PENGENDALIAN INDIVIDU TERHADAP PERNYATAANNYA SENDIRI 5. WAJAH MENGKOMUNIKASIKAN ADANYA ATAU KURANGNYA PERHATIAN.
  7. 7. 2. PESAN GESTURAL MENUNJUKAN GERAKAN SEBAGIAN ANGGOTA BADAN SEPERTI MATA DAN TANGAN UNTUK MENGKOMUNIKASIKAN BERBAGAI MAKNA. MENURUT GALLOWAY, PESAN INI BERFUNGSI UNTUK MENGUNGKAPKAN: • MENDORONG/MEMBATASI • MENYESUAIKAN / MEMPERTENTANGKAN • RESPONSIF / TAK RESPONSIVE • PERASAAN POSITIF / NEGATIVE • MEMPERHATIKAN / TAK MEMPERHATIKAN • MELANCARKAN / TIDAK RESEPTIF • MENTETUJUI / MENOLAK PESAN GESTURAL YANG MEMPERTENTANGKAN TERJADI BILA PESAN GESTURAL MEMBERIKAN ARTI LAIN DARI PESAN VERBAL ATAU PESAN LAINYA. PESAN GESTURAL TIDAK RESPONSIVE MENUNJUKAN GESTURE YANG TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN PESAN YANG DIRESPONNYA. PESAN GESTURAL NEGATIVE MENGUNGKAPKAN SIKAP DINGIN, MERENDAHKAN,ATAU MENOLAK. PESAN GESTURAL TIDAK RESPONSIVE MENGABAIKAN PERMINTAAN UNTUK BERTINDAK.
  8. 8. 3.PESAN POSTURAL BERKAITAN DENGAN KESELURUHAN ANGGOTA BADAN . MEHRABIAN MENYEBUTKAN 3 MAKNA YANG DAPAT DISAMPAIKAN POSTUR: 1. IMMEDIACY: MERUPAKAN UNGKAPAN KESUKAAN ATAU KETIDAK SUKAAN TERHADAP INDIVIDU YANG LAIN. POSTUR YANG CONDONG KE ARAH LAWAN BICARA MENUNJUKAN KESUKAAN ATAU PENILAIAN POSITIVE. 2. POWER: MENGUNGKAPKAN STATUS YANG TINGGI PADA DIRI KOMUNIKATOR 3. RESPONSIVENESS: INDIVIDU MENGKOMUNIKASIKANNYA BILA IA BEREAKSI SECARA EMOSIONAL PADA LINGKUNGANNYA , BAIK POSITIF MAUPUN NEGATIF
  9. 9. RAY BIRDWHISTELL DENGAN 7 ASUMSI KINESIK
  10. 10. 7 ASUMSI • SEMUA KEJADIAN ALAM MEMPUNYAI ARTI DAN MAKNA TERTENTU, SAMA DENGAN SETIAP GERAKAN TUBUH ATAU SETIAP PERNYATAAN MANUSIA TIDAK MUNGKIN TIDAK MEWAKILI DAN MENAMPILKAN MAKNA TERTENTU. • SAMA SEPERTI ASPEK-ASPEK PRILAKU MANUSIA YANG LAIN YANG TELAH TERPOLA, MAKA PENAMPILAN TUBUH, GERAKAN TUBUH DAN ANGGOTA TUBUH, PERNYATAAN WAJAH JUGA MERUPAKAN SUATU POLA YANG MEMPUNYAI REGURALISASI SEHINGGA DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI OBJEK PENELITIAN YANG DAPAT DITELAAH SECARA SISTEMATIS. • SEMUA GERAKAN TUBUH DAN ANGGOTA TUBUH DAPAT DIJELASKAN SECARA BIOLOGIS. NAMUN KARENA GERAKAN-GERAKAN ITU DILAKUKAN OLEH MANUSIA YANG MEMPUNYAI RELASI SOSIAL DAN BUDAYA, MAKA SISTEMATIKA GERAKAN-GERAKAN TERSEBUT DAPAT DIJELASKAN DARI SUDUT PANDANG SOSIAL DAN BUDAYA. SISTEMATIKA GERAKAN TUBUH DAN ANGGOTA TUBUH DIPANDANG SEBAGAI FUNGSI SOSIALISASI DAN PEMBUDAYAAN YANG BERLAKU PADA KELOMPOK TERTENTU.
  11. 11. 7 ASUMSI • ADA KESAMAAN ANTARA AKTIVITAS TUBUH DENGAN AKTIVITAS GELOMBANG SUARA. SECARA SISTEMATIS DUA BENTUK AKTIVITAS TERSEBUT BERPENGARUH TERHADAP POLA-POLA AKTIVITAS TUBUH DAN SUARA DARI PARA ANGGOTA SUATU KELOMPOK SOSIAL DAN BUDAYA TERTENTU. • DEMIKIAN PULA, APABILA MASIH ADA BENTUK-BENTUK PERILAKU LAIN MANUSIA YANG BELUM DITAMPILKAN MAKA HAL ITU DAPAT DIJELASKAN MELALUI PENELITIAN YANG MENDALAM TENTANG FUNGSI KOMUNIKASI DAN PERILAKU TERSEBUT. • MAKNA SUATU PESAN DAPAT DIPEROLEH DARI FUNGSI-FUNGSI PERILAKU YANG DITAMPILKAN MANUSIA, MAKNA TERSEBUT MASIH BISA DIJADIKAN SEBAGAI OBJEK PENYELIDIKAN LANJUTAN • SEBAGAI SYSTEM BIOLOGIS DAN PENGALAMAN KHUSUS MANUSIA MENENTUKAN UNSUR-UNSUR IDEOSINKRATIK PAA SYSTEM KINESIK.
  12. 12. 3 TINGKAT PENGGUNAAN KINESIK
  13. 13. 3 TINGKAT •PREKINESIK: MERUPAKAN STUDI PSIKOLOGIS TENTANG AKTIVITAAS GERAKAN TUBUH . AKTIVITAS-AKTIVITAS TERSEBUT MERUPAKAN REPRESENTASI DARI PRILAKU SATU KELOMPOK SOSIAL TERTENTU. •MIKROKINESIK : MERUPAKAN STUDI YANG KHUSUS MENGKAJI UNIT-UNIT PERILAKU KINESIK. •KINESIK SOSISAL : MERUPAKAN STUDI TENTANG PERILAKU KINESIK DALAM KONTEKS SOSIAL TERTENTU.
  14. 14. ANALISIS KASUS

×