TUGAS 
SISTEM OPERASI 
II 
Iryani S. Kandope 
121055520111052
LATAR BELAKANG 
& 
SEJARAH 
“SmartOS”
SMART OS 
SMART OS ADALAH SISTEM OPERASI OPEN SOURCE UNIX-LIKE YANG BERBASIS ILLUMOS, 
VERSI KOMUNITASNYA DARI OPENSOLARIS...
SMART OS ADALAH LIVE OS. SAHABAT BISA MENJALANKANNYA LEWAT PXE, ISO, ATAU USB 
FLASHDRIVE. BEGITU SELESAI BOOTING, SMART O...
ORACLE SOLARIS, SEBELUMNYA DIKENAL SEBAGAI SUN SOLARIS MERUPAKAN SEBUAH SISTEM OPERASI KELUARGA 
UNIX YANG SEBELUMNYA DIKE...
SOLARIS DALAM SEJARAHNYA DIKENAL SEBAGAI PERANGKAT LUNAK YANG DIKEMBANGKAN BERBASIS KODE 
SUMBER TERTUTUP, KEMUDIAN PADA B...
ATAS KEPUTUSAN ORACLE TERSEBUT, KOMUNITAS OPENSOLARIS KEMUDIAN MENANGGAPINYA 
DENGAN MEMBUAT TURUNAN DISTRIBUSI OPENSOLARI...
TAHUN 1987, AT&T DAN SUN MENGUMUMKAN BAHWA MEREKA BEKERJASAMA DALAM 
SEBUAH PROYEK UNTUK MENGGABUNGKAN VARIAN UNIX YANG PA...
VERSI MINOR SUNOS YANG DIRILIS OLEH SUN DISERTAKAN DALAM PENAMAAN 
SOLARIS; MISALNYA SOLARIS 2.4 YANG MERUPAKAN SUN OS 5.4...
SCREENSHOOT
CARA MENDAPATKAN 
SmartOS 
http://wiki.smartos.org/display/DOC/Download 
+SmartOS
CARA PENGINSTALAN 
SMART OS
INSTALASI SOLARIS DIBEDAKAN DARI BEBERAPA KELOMPOK PERANGKAT LUNAK 
YANG DIPAKETKAN MENURUT TIPIKALNYA YANG DAPAT DIPILIH ...
PENGGUNAAN DENGAN 
INSTALASI
SOLARIS DAPAT DIINSTAL DARI MEDIA FISIK ATAUPUN JARINGAN YANG 
DIGUNAKAN PADA DESKTOP ATAU SERVER. SOLARIS DAPAT DIINSTAL ...
SOLARIS SECARA OTOMATIS DAPAT DIINSTAL MELALUI JARINGAN. 
ADMINISTRATOR SISTEM DAPAT MENGKUSTOMISASI INSTALASI DENGAN 
SCR...
PENGINSTALAN TANPA INSTALASI
SOLARIS DAPAT DIGUNAKAN TANPA MENGINSTAL SISTEM OPERASI SECARA 
TERPISAH PADA DESKTOP ATAU SERVER. SOLARIS DAPAT DITUKARKA...
(WORKSTATION DAPAT DIGULIRKAN DARI LOADING DOCK, ALAMAT MAC YANG 
TEREGISTRASI PADA PUSAT SERVER, TERPASANG, DAN DIGUNAKAN...
APLIKASI, SISTEM OPERASI, WINDOW MANAGER DAN MEMBERIKAN GRAFIS 
BERJALAN PADA SATU ATAU LEBIH REMOTE SISTEM. ADMINISTRATOR...
SEKIAN 
& 
TERIMA KASIH
Iryani kandope tugas so ii
Iryani kandope tugas so ii
Iryani kandope tugas so ii
Iryani kandope tugas so ii
Iryani kandope tugas so ii
Iryani kandope tugas so ii
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×

Iryani kandope tugas so ii

250 Aufrufe

Veröffentlicht am

Tugas 1 SO II

Veröffentlicht in: Präsentationen & Vorträge
0 Kommentare
0 Gefällt mir
Statistik
Notizen
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Keine Downloads
Aufrufe
Aufrufe insgesamt
250
Auf SlideShare
0
Aus Einbettungen
0
Anzahl an Einbettungen
2
Aktionen
Geteilt
0
Downloads
5
Kommentare
0
Gefällt mir
0
Einbettungen 0
Keine Einbettungen

Keine Notizen für die Folie

Iryani kandope tugas so ii

  1. 1. TUGAS SISTEM OPERASI II Iryani S. Kandope 121055520111052
  2. 2. LATAR BELAKANG & SEJARAH “SmartOS”
  3. 3. SMART OS SMART OS ADALAH SISTEM OPERASI OPEN SOURCE UNIX-LIKE YANG BERBASIS ILLUMOS, VERSI KOMUNITASNYA DARI OPENSOLARIS. DI DALAMNYA TERDAPAT EMPAT TEKNOLOGI YAITU ZFS (KOMBINASI FILE SYSTEM DAN LOGICAL VOLUME MANAGER), DTRACE (SISTEM PENELUSURAN DINAMIS YANG DIPERGUNAKAN UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH APLIKASI DAN KERNEL, ZONE (SOLUSI VIRTUALISASI YANG RINGAN), DAN KVM (SOLUSI VIRTUALISASI LENGKAP YANG DAPAT MENJALANKAN BERBAGAI SISTEM OPERASI, TERMASUK LINUX, WINDOWS, BSD, DAN PLAN9). SMART OS DIDESAIN UNTUK KEBUTUHAN MEMBANGUN CLOUD DAN PERLENGKAPAN TERTANAM.
  4. 4. SMART OS ADALAH LIVE OS. SAHABAT BISA MENJALANKANNYA LEWAT PXE, ISO, ATAU USB FLASHDRIVE. BEGITU SELESAI BOOTING, SMART OS LANGSUNG DIJALANKAN DI MEMORI UTAMA. DENGAN DEMIKIAN HARDDISK YANG BIASANYA DIINSTALLKAN SISTEM OPERASI TIDAK DIPERGUNAKAN. TAPI DIGUNAKAN UNTUK TEMPAT SISTEM OPERASI GUEST / VIRTUAL SEHINGGA RUANG HARDDISK MENJADI LEBIH HEMAT. SMART OS MERUPAKAN KOMPONEN UTAMA DARI JOYENT SMART DATA CENTER.
  5. 5. ORACLE SOLARIS, SEBELUMNYA DIKENAL SEBAGAI SUN SOLARIS MERUPAKAN SEBUAH SISTEM OPERASI KELUARGA UNIX YANG SEBELUMNYA DIKEMBANGKAN OLEH SUN MICROSYSTEMS INC. SUN MICROSYSTEM MENGGANTIKAN SUN OS SEBELUMNYA YANG TELAH ADA PADA TAHUN 1993. SETELAH PROSES AKUISISI SUN OLEH ORACLE PADA BULAN JANUARI 2010, SOLARIS MENJADI LEBIH DIKENAL SEBAGAI ORACLE SOLARIS. SISTEM OPERASI SOLARIS DIKENAL SECARA LUAS KARENA SKALABILITAS YANG DIMILIKINYA, UTAMANYA PADA SISTEM KOMPUTER BERBASIS SPARC, DAN SEJUMLAH FITUR-FITUR INOVATIF YANG DIBAWANYA SEPERTI DTRACE, ZFS (ZETTABYTE FILE SYSTEM), DAN TIME SLIDER. SISTEM OPERASI INI DAPAT DIJALANKAN DI ATAS PROSESOR X86 BAIK 32BIT ATAU 64BIT (BERBASIS INSTRUKSI AMD64), SERTA PROSESOR SPARC BAIK YANG DIPRODUKSI OLEH SUN ATAUPUN FUJITSU. SOLARIS TERDAFTAR SEBAGAI SISTEM OPERASI YANG KOMPATIBEL DAN MEMENUHI SPESIFIKASI SINGLE UNIX SPECIFICATION.
  6. 6. SOLARIS DALAM SEJARAHNYA DIKENAL SEBAGAI PERANGKAT LUNAK YANG DIKEMBANGKAN BERBASIS KODE SUMBER TERTUTUP, KEMUDIAN PADA BULAN JUNI 2005 SUN MICROSYSTEM MERILIS SEBAGIAN BESAR BASIS KODE DI BAWAH LISENSI CDDL DAN MENDIRIKAN PROYEK SUMBER TERBUKA OPENSOLARIS. MELALUI OPENSOLARIS SUN INGIN MEMBUAT SEBUAH KOMUNITAS PENGEMBANG DAN PENGGUNA ATAS SISTEM OPERASI TERSEBUT. SETELAH ORACLE MELAKUKAN AKUISISI SUN MICROSYSTEM PADA BULAN JANUARI 2010, ORACLE MEMUTUSKAN UNTUK MENGHENTIKAN DISTRIBUSI OPENSOLARIS DAN MODEL PENGEMBANGANNYA.
  7. 7. ATAS KEPUTUSAN ORACLE TERSEBUT, KOMUNITAS OPENSOLARIS KEMUDIAN MENANGGAPINYA DENGAN MEMBUAT TURUNAN DISTRIBUSI OPENSOLARIS MELALUI PROYEK OPENINDIANA YANG MERUPAKAN BAGIAN DARI YAYASAN ILLUMOS. NAMUN MESKI DEMIKIAN, DI MULAI DARI RILIS SOLARIS 11, PEMBARUAN ATAS KODE-KODE SUMBER SOLARIS AKAN TETAP DIDISTRIBUSIKAN OLEH ORACLE DIBAWAH LISENSI CCDL SETELAH VERSI PENUH BINER DIRILIS. ORACLE JUGA AKAN MEMULAI PROGRAM MITRA TEKNOLOGI SEPERTI YANG TELAH DILAKUKAN PADA PRODUK-PRODUK ORACLE LAINNYA DENGAN NAMA ORACLE TECHNOLOGY NETWORK (OTN) YANG MEMBERIKAN AKSES SERTA IZIN ATAS KODE SUMBER SOLARIS YANG TENGAH DIKEMBANGKAN KEPADA PARA MITRA BISNIS.
  8. 8. TAHUN 1987, AT&T DAN SUN MENGUMUMKAN BAHWA MEREKA BEKERJASAMA DALAM SEBUAH PROYEK UNTUK MENGGABUNGKAN VARIAN UNIX YANG PALING POPULAR DI PASARAN SAAT ITU: BSD, SYSTEM V, DAN XENIX. SEHINGGA TERBENTUKLAH UNIX SYSTEM V RELEASE 4 (SVR4). PADA TANGGAL 4 SEPTEMBER 1991, SUN MENGUMUMKAN BAHWA MEREKA AKAN MENGGANTIKAN UNIX YANG DIKEMBANGKAN DARI BSD, SUNOS4, DENGAN SEBUAH PRODUK BERBASIS SVR4 YANG SECARA INTERNAL DINAMAI SEBAGI SUNOS 5, NAMUN NAMA BARU YANG DIKENALKAN SAAT PRODUK TERSEBUT MULAI DIPASARKAN ADALAH SOLARIS 2. SEMENTARA ITU SUNOS 4.1.X RILIS MIKRO DINAMAI SEBAGAI SOLARIS 1, NAMA SOLARIS DIGUNAKAN OLEH SUN SECARA KHUSUS MERUJUK PADA PRODUK YANG BERBASIS SRV4, SUNOS 5.0, DAN RILIS-RILIS BERIKUTNYA.
  9. 9. VERSI MINOR SUNOS YANG DIRILIS OLEH SUN DISERTAKAN DALAM PENAMAAN SOLARIS; MISALNYA SOLARIS 2.4 YANG MERUPAKAN SUN OS 5.4. NAMUN SETELAH VERSI SOLARIS 2.6, SUN MENGHILANGKAN ANGKA "2" DI DEPAN KODIFIKASI VERSINYA, SEHINGGA RILIS SUNOS 5.7 DINAMAI SEBAGAI SOLARIS 7 DAN RILIS SUNOS 5.10 SEBAGAI SOLARIS 10.
  10. 10. SCREENSHOOT
  11. 11. CARA MENDAPATKAN SmartOS http://wiki.smartos.org/display/DOC/Download +SmartOS
  12. 12. CARA PENGINSTALAN SMART OS
  13. 13. INSTALASI SOLARIS DIBEDAKAN DARI BEBERAPA KELOMPOK PERANGKAT LUNAK YANG DIPAKETKAN MENURUT TIPIKALNYA YANG DAPAT DIPILIH SESUAI DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA, RAGAM PILIHAN YANG ADA MULAI DARI REDUCED NETWORK SUPPORT HINGGA VERSI YANG PALING LENGKAP ENTIRE PLUS OEM. BEBERAPA PERANGKAT LUNAK TAMBAHAN LAIN SEPERTI APACHE, MYSQL DAN LAINNYA DAPAT DIINSTAL BAIK MELALUI PAKET APLIKASI YANG DISERTAKAN OLEH SUN, ATAUPUN MELALUI PENYEDIA EKTERNAL SEPERTI SUNFREEWARE, OPENCSW, DAN BLASTWAVE.
  14. 14. PENGGUNAAN DENGAN INSTALASI
  15. 15. SOLARIS DAPAT DIINSTAL DARI MEDIA FISIK ATAUPUN JARINGAN YANG DIGUNAKAN PADA DESKTOP ATAU SERVER. SOLARIS DAPAT DIINSTAL SECARA INTERAKTIF DARI KONSOL TEKS PADA PLATFORM TANPA TAMPILAN VIDEO DAN MOUSE. HAL INI MUNGKIN DIPILIH UNTUK SERVER, DALAM TATANAN, DI DALAM REMOTE PUSAT DATA, DARI TERMINAL SERVER ATAU BAHKAN DIAL-UP MODEM. SOLARIS JUGA DAPAT DIINSTAL SECARA INTERAKTIF DARI KONSOL GRAFIS. HAL INI BISA DIPILIH UNTUK WORKSTATION PRIBADI ATAU LAPTOP, DI LOKAL AREA, DIMANA KONSOL BIASA DIGUNAKAN.
  16. 16. SOLARIS SECARA OTOMATIS DAPAT DIINSTAL MELALUI JARINGAN. ADMINISTRATOR SISTEM DAPAT MENGKUSTOMISASI INSTALASI DENGAN SCRIPT DAN FILE KONFIGURASI, TERMASUK KONFIGURASI DAN INSTALASI OTOMATIS DARI PERANGKAT LUNAK THIRD-PARTY, TANPA MEMBELI TAMBAHAN PERANGKAT LUNAK . KETIKA SOLARIS TERINSTAL, SISTEM OPERASI AKAN BERADA PADA SISTEM YANG SAMA DIMANA INSTALASI DILAKUKAN. APLIKASI SECARA INDIVIDUAL DIINSTAL PADA SISTEM LOKAL, ATAU DAPAT DIPASANG MELALUI JARINGAN DARI REMOTE SISTEM.
  17. 17. PENGINSTALAN TANPA INSTALASI
  18. 18. SOLARIS DAPAT DIGUNAKAN TANPA MENGINSTAL SISTEM OPERASI SECARA TERPISAH PADA DESKTOP ATAU SERVER. SOLARIS DAPAT DITUKARKAN DARI SEBUAH REMOTE SERVER YANG MENYEDIAKAN TAMPILAN OS DALAM KEADAAN SEDIKTNYA KETERSEDIAAN CAKRAM, ATAU DALAM KEADAAN DIMANA INTERNAL CAKRAM HANYA DIGUNAKAN SEBAGAI TEMPAT SWAP. DALAM KONFIGURASI INI MAKA SISTEM OPERASI MASIH DAPAT BERJALAN SECARA LOKAL DALAM SISTEM. APLIKASI DIMUNGKINKAN ATAUPUN TIDAK DIMUNGKINKAN BERADA PADA LOKAL AREA KETIKA APLIKASI DIJALANKAN. HAL TERSEBUT MUNGKIN DIPILIH UNTUK AREA BISNIS DAN LEMBAGA PENDIDIKAN DIMANA PENGATURAN AWAL YANG CEPAT DIPERLUKAN
  19. 19. (WORKSTATION DAPAT DIGULIRKAN DARI LOADING DOCK, ALAMAT MAC YANG TEREGISTRASI PADA PUSAT SERVER, TERPASANG, DAN DIGUNAKAN SECARA LEBIH CEPAT) ATAU PENGGANTIAN SECARA CEPAT DIPERLUKAN ( APABILA TERJADI KEGAGALAN PADA DESKTOP PERANGKAT KERAS, SEBUAH WORKSTATION BARU DITARIK DARI CLOSET, DIPASANG, DAN PENGGUNA DAPAT MELANJUTKAN PEKERJAANNYA PADA TAHAP TERAKHIR PENGERJAANNYA DISIMPAN..
  20. 20. APLIKASI, SISTEM OPERASI, WINDOW MANAGER DAN MEMBERIKAN GRAFIS BERJALAN PADA SATU ATAU LEBIH REMOTE SISTEM. ADMINISTRATOR DAPAT MENAMBAHKAN SEBUAH AKUN PENGGUNA UNTUK SISTEM UTAMA SOLARIS, DILETAKKAN PADA DESKTOP, DAN PENGGUNA DAPAT MEMULAI KERJA SECEPATNYA. APABILA TERDAPAT KEGAGALAN PERANGKAT KERAS, MAKA HAL TERSEBUT DAPAT DITUKARKAN DAN PENGGUNA DAPAT MELANJUTKAN PEKERJAANNYA DARI TITIK POIN KEGAGALAN, APAKAH PEKERJAAN TERSEBUT MASIH DAPAT DISIMPAN.
  21. 21. SEKIAN & TERIMA KASIH

×