Komunikasi Pemerintahan

1.080 Aufrufe

Veröffentlicht am

Veröffentlicht in: Bildung
0 Kommentare
0 Gefällt mir
Statistik
Notizen
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Keine Downloads
Aufrufe
Aufrufe insgesamt
1.080
Auf SlideShare
0
Aus Einbettungen
0
Anzahl an Einbettungen
2
Aktionen
Geteilt
0
Downloads
19
Kommentare
0
Gefällt mir
0
Einbettungen 0
Keine Einbettungen

Keine Notizen für die Folie

Komunikasi Pemerintahan

  1. 1. KARAKTARISTIK KOMUNIKASIDALAM PELAYANAN PENERBITAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KLUNGKUNG
  2. 2. KARAKTARISTIK KOMUNIKASI DI DINAS KEPENDUDUKANDAN CATATAN SIPIL DI KABUPATEN KLUNGKUNG ADALAH : PERSIAPAN STAF PADA DINAS SANGAT JARANG MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MELAKUKAN KOMUNIKASI DENGAN MASYARAKAT. HAL-HAL YANG AKAN DIKOMUNIKASIKAN KHUSUSNYA TENTANGPELAYANAN ADALAH HAL-HAL YANG RUTIN DAN SUDAH DIANGGAP HAFALAN. PERMASALAHAN PELAYANANHANYA BERKIRA PADA PERSYARATAN DAN TATA CARA, TOPIK ITU SLALU BERULANG-ULANG DENGAN KOMUNIKAN YANG BERBEDA.
  3. 3. KESUNGGUHAN, STAF PADA DINAS SELALU BERSUNGGUH-SUNGUH MELAYANI WARGA, TERUTAMA MASALAH KETEPATAN, KECEPATAN DAN BIAYA YANG DIKELUARKAN. HAL-HAL TERSEBUT SUDAH DIATUR DALAM PERATURAN DAERAHKABUPATEN KLUNGKUNG NOMOR 2 TAHUN 2010 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN KLUNGKUNG DAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN KLUNGKUNG NO. 16TAHUN 2012 TENTANG RETRIBUSI PENGGANTIAN BIAYA CETAK KTP DAN AKTA CATATAN SIPIL.
  4. 4. KETULUSAN KETULUSAN MERUPAKAN HAL YANG SANGATSUBYEKTIF, HAL ITU SANGAT DIPENGARUHI OLEH INTERAKSI APARATUR DI LUAR DAN DI DALAM KANTOR. KETULUSAN APARATUR MELAKUKAN KOMUNIKASI SANGAT FLUKTUATIF.
  5. 5. KEPERCAYAAN DALAM ERA SEKARANG KEPERCAYAAN MASYARAKATTERHADAP PELAYANAN SUDAH MULAI TUMBUH. DINAS SEBAGAI INSTANSI MONOPOLI YANG MENYELENGGARAKAN PELAYANAN PENERBITANDOKUMEN KEPENDUDUKAN MENGAMBIL MOMENT INI UNTUK MELAKSANAKAN PELAYANAN YANG BAIK.
  6. 6. KESEDERHANAAN, STAF PADA DINAS SELALU MENGGUNAKAN BAHASA YANG SEDERHANA, KARENA SEBAGAIAN BESAR STAFPADA PELAYANAN HANYA TAMATAN SMU. BAHASA YANGDIGUNAKAN CUKUP MUDAH DICERNA OLEH KELOMPOK MASYARAKAT MANAPUN.
  7. 7. KETENANGAN, STAF PADA DINAS KETENANGAN DALAM BERKOMUNIKASI. LEBIH SERING TERLIHAT SANTAIDARIPADA SERIUS. HAL TERSEBUT KADANG MENIMBULKAN SALAH PERSEPSI DIKIRA MENGABAIKAN MASYARAKAT.
  8. 8. KERAMAHAN STAF PADA DINAS SUDAH BISA RAMAH DALAM KONDISI TERTENTU. KARENA KARAKTER MASYARAKAT BERBEDA-BEDA, MAKA KERAMAHAN MENJADI SANGAT VARIATIF. STAF PELAYAN ADALAHMANUSIA BIASA YANG BISA EMOSIONAL JUGA. MASIH TERDAPAT PERBEDAAN YANG SIGNIFIKAN KETIKA BERHADAPAN DENGAN ORANG-ORANG PENTING,MAUPUN BERHADAPAN DENGAN MASYARAKAT AWAN.
  9. 9. B. PHATOS STAF PADA DINAS BELUM MEMILIKI KEMAMPUANEMOSIONAL YANG DITUNJUKAN DENGAN MENAMPILKAN GAYA DAN BAHASA YANG MAMPU MEMBANGKITKAN GAIRAH MASYARAKAT. MASIH SERING TERKESAN MENGABAIKAN MASYARAKAT, TERUTAMA DISAATMAASYARAKAT DATANG SECARA BERGELOMBANG TANPA HENTI ATAU KEDATANGAN MASYARAKAT SEKALIGUS DALAM JUMLAH YANG BANYAK.
  10. 10. C. LOGOS STAF PADA DINAS KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN SUATU PESAN ATAU MATERI YANG MASUK AKALSEHINGA DAPAT DIIKUTI DAN DILAKSANAKAN OLEHMASYARAKAT, WALAUPUN KEMAMPUAN TERSEBUT DIIKUTI SECARA TERPAKSA, KARENA KEBUTUHANAKAN DOKUMEN YANG MENJADI PRIORITAS WARGA, SEHINGGA APAPUN YANG DIKATAKAN OLEH STAF PADA PELAYANAN AKAN SELALU DIIKUTI OLEH MASYARAKAT.
  11. 11. PENTINGNYA KOMUNIKASIKOMUNIKASI DIANGGAP PENTING BUKAN OLEHPETUGAS PELAYAN, MELAINKAN OLEHMASYARAKAT. PETUGAS MERASA DIRINYA BERADAPADA POSISI PASIF. PELAYANAN AKAN TERJADIKETIKA MASYARAKAT BERKEINGINAN MEMILIKIDOKUMEN KEPENDUDUKAN, SEHINGGAMASYARAKAT MELAKUKAN PENDAFTARAN ATASPERISTIWA KEPENDUDUKAN DAN PERISTIWAPENTING YANG DIALAMINYA.
  12. 12. KOMITMEN PADA KOMUNIKASI DUA ARAH.DALAM PROSES KOMUNIKASI, PETUGAS PELAYANANHANYA MEMBERIKAN KEPUTUSAN AKAN SYARATDAN TATA CARA, TETAPI BELUM BISA MENERIMAMASUKAN ATAUPUN PENDAPAT DARI MASYARAKAT,KARENA PETUGAS TERIKAT PADA STANDAROPERASINAL PROSEDUR YANG TELAH DITETAPKAN.
  13. 13. PENEKANAN KOMUNIKASI LEBIH DIUTAMAKAN PADABENTUK KOMUNIKASI TATAP MUKA.KOMUNIKASI SECARA TATAP MUKA ATAU LANGSUNGTETAP MENJADI PILIHAN UTAMA DARIPADAKOMUNIKASI MELALUI MEDIA, KARENA PETUGASPERLU MEMPERIFIKASI KELENGKAPAN PERSYARATANDAN MEMVALIDASI DATA PADA PERSYARATAN YANGDIAJUKAN.
  14. 14. TRANSPARANSI DAN KETERBUKAANPETUGAS PELAYANAN SUDAH SANGAT TERBUKAMENGENAI TATA CARA DAN PERSYARATAN SERTABIAYA YANG DIKELUARKAN UNTUK MENDAPATKANDOKUMEN KEPENDUDUKAN. INFORMASI TERSEBUTJUGA SUDAH TERTEMPEL PADA TEMPAT YANGSTRATEGIS DI DINAS.
  15. 15. KEPIAWAIAN DALAM MENANGANI KONDISI SEBURUK. KEPIAWAIAN DALAM MENANGANI SITUASI BURUKSANGAT PERLU DITINGKATKAN, KETIKA TERJADIPERMASALAHAN STAF PELAYANAN SELALU MEMBAWAPERSOALAN TERSEBUT PADA ATASAN LANGSUNG.DEMIKIAN SETERUSNYA SAMPAI PADA KEPALA DINAS.NAMUN SECARA UMUM SITUASI BURUK TERSEBUTMEMANG TIDAK PERNAH DIPREDIKSIKAN SEBELUMNYA.OLEH KEPALA DINAS SELALU DIJADIKAN STANDARDBARU DALAM PELAYANAN.
  16. 16. KOMUNIKASI SEBAGAI PROSES BERKELANJUTANKOMUNIKASI DALAM PELAYANAN TIDAK PERNAHMENJADI BERKELANJUTAN, KARENA MASYARAKATYANG DATANG SILIH BERGANTI, MEREKA SELALUMENANYAKAN HAL-HAL YANG BERBEDA, BAHKANSESUATU YANG SUDAH TERTULIS PADA PAPANPENGUMUMANPUN MASIH TETAP PERLUDITANYAKAN.

×