KAZAN GERBANG ISLAM DI RUSIA
BERTAMASYA KE RUSIA, BIASANYA YANG ADA DI BENAK KITA ADALAH BERKUNJUNG KE MOSKOW DAN
ST PETER...
1. SEJARAH KAZAN
KAZAN ADALAH IBUKOTA TATARSTAN DAN SALAH SATU KOTA TERBESAR DI RUSIA. MERUPAKAN PUSAT
INDUSTRI, PERDAGANG...
2. KAZAN, KOTA SANTRI DI RUSIA
KEHARMONISAN DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA SANGAT JELAS TERLIHAT DI JANTUNG KOTA. DI
KOMPLEKS PE...
3. WISATA MASJID DI KAZAN
MENURUT MASYARAKAT SETEMPAT, MASJID KUL SYARIF MERUPAKAN MASJID PALING INDAH DAN
TERBESAR DI ERO...
4. CANTIKNYA KOTA KAZAN DIMUSIM PANAS
BILA MUSIM PANAS TIBA, WAJAH KOTA KAZAN BENAR-BENAR BERSOLEK DENGAN CANTIKNYA, PENUH...
5. KULINER KHAS KAZAN
BERKUNJUNG KE KAZAN, TIDAK LENGKAP RASANYA BILA TIDAK MENCICIPI KULINER KHAS KOTA INI.
SALAH SATUNYA...
5. KULINER KHAS KAZAN
BERKUNJUNG KE KAZAN, TIDAK LENGKAP RASANYA BILA TIDAK MENCICIPI KULINER KHAS KOTA INI.
SALAH SATUNYA...
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×

Kazan Gerbang Islam di Rusia

1.068 Aufrufe

Veröffentlicht am

Veröffentlicht in: Reisen
0 Kommentare
0 Gefällt mir
Statistik
Notizen
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Keine Downloads
Aufrufe
Aufrufe insgesamt
1.068
Auf SlideShare
0
Aus Einbettungen
0
Anzahl an Einbettungen
2
Aktionen
Geteilt
0
Downloads
6
Kommentare
0
Gefällt mir
0
Einbettungen 0
Keine Einbettungen

Keine Notizen für die Folie

Kazan Gerbang Islam di Rusia

  1. 1. KAZAN GERBANG ISLAM DI RUSIA BERTAMASYA KE RUSIA, BIASANYA YANG ADA DI BENAK KITA ADALAH BERKUNJUNG KE MOSKOW DAN ST PETERSBURG. TETAPI, JIKA KITA INGIN MELIHAT RUSIA DALAM SUASANA YANG BERBEDA, MUNGKIN KAZAN ADALAH KOTA YANG TEPAT. KOTA YANG DIHUNI OLEH MAYORITAS MUSLIM INI AKAN BISA DIJUMPAI KERUKUNAN YANG INDAH SEKALI, BAHKAN KETIKA KITA PULANG DARI SHALAT JUM’AT MISALNYA, SERINGKALI PENDUDUK NON-MUSLIM AKAN MENGUCAPKAN SELAMAT KEPADA PARA JAMAAH. MEREKA MENGANGGAP IBADAH JUMAT SEBAGAI SEBUAH PRASNIK YANG BERARTI PESTA ATAU PERAYAAN. DARI BERBAGAI LITERATUR YANG ADA, UMAT ISLAM DI KAZAN MEMANG MEMILIKI TRADISI LAMA YANG SUDAH BERSIFAT TURUN TEMURUN. DALAM SEBUAH BUKU YANG BERJUDUL ISLAM WE TATASTAN ATAU ISLAM DI TATARSTAN MISALNYA, DARI BERBAGAI FOTO DAN GAMBAR YANG ADA, SEKILAS SAJA ORANG AKAN MEMAHAMI BAHWA ISLAM DISANA SUDAH EKSIS SEJAK LAMA. SEBUAH TRADISI YANG SUDAH TURUN-TEMURUN DENGAN MASA LALU YANG CUKUP GEMILANG. SEMUA INI MEWARISI SEMANGAT ISLAM HINGGA SEKARANG. NAH, BILA ANDA INGIN TAHU LEBIH BANYAK TENTANG KOTA KAZAN, JANGAN LEWATKAN TAYANGAN KAMI BERIKUT INI, KARENA, KAMI AKAN MENGAJAK ANDA BERKELILING KOTA KAZAN SAMBIL MENIKMATI KEARIFAN BUDAYA LOKALNYA. SELAMAT MENYAKSIKAN.
  2. 2. 1. SEJARAH KAZAN KAZAN ADALAH IBUKOTA TATARSTAN DAN SALAH SATU KOTA TERBESAR DI RUSIA. MERUPAKAN PUSAT INDUSTRI, PERDAGANGAN, DAN BUDAYA, TERUTAMA BUDAYA TATAR. KAZAN TERLETAK DI BELAHAN EROPA TENGAH. MERUPAKAN KOTA DENGAN PENGANUT ISLAM TERBESAR DI RUSIA. "QAZAN" ARTINYA ADALAH PANCI MASAK KHUSUS ORANG TATAR. DIPERCAYA KOTA KAZAN DINAMAI MENURUT BENDA INI KARENA KEMIRIPAN GEOGRAFISNYA DENGAN PANCI "QAZAN", KARENA KOTA INI TERLETAK DI DATARAN RENDAH BERBENTUK U. LEGENDA LAINNYA YANG LEBIH ROMANTIS MENGATAKAN TENTANG SEORANG PUTERI TATAR BERNAMA SÖYEMBIKÄ, YANG SECARA TIDAK SENGAJA MENJATUHKAN PANCI QAZAN BERISI EMAS KE DALAM SUNGAI DI MANA KOTA INI TERLETAK SAAT MEMBERSIHKANNYA. NAMUN, LEGENDA BANGSA CHUVASH MERUJUK PADA PANGERAN BULGARIA KHUSAN TERJEMAHAN BAHASA CHUVASH UNTUK NAMA ISLAM HASSAN DAN BANGSA CHUVASH MENYEBUT KOTA INI KHUSAN SESUAI NAMA PANGERAN ITU. ISLAM DATANG DI TATARSTAN PADA ABAD VII, WAKTU ITU DISEBUTKAN TATARSTAN DIKUASAI OLEH KERAJAAN KHAZARI KAGAN, SEBUAH SUKU DARI TURKI YANG MEMEGANG KEKUASAAN ANTARA ABAD VII HINGGA IX MASEHI. PENETRASI ISLAM KE WILAYAH YANG DIKUASAI OLEH KHAZARI INI DIMULAI PADA ABAD VII DENGAN DATANGNYA PARA PEDAGANG ISLAM DARI ARAB SAUDI. NAMUN DALAM WAKTU YANG RELATIF CUKUP LAMA, PEMELUK AGAMA ISLAM MASIH MERUPAKAN MINORITAS DAN MERUPAKAN MASYARAKAT PAPAN BAWAH. DENGAN ADANYA PEPERANGAN ANTARA BANGSA ARAB DAN KAUM KHAZARI PADA AWAL ABAD KE VIII TELAH MEMBAWA PERUBAHAN KONSTELASI YANG CUKUP SIGNIFIKAN. MARWAN BIN MUHAMMAD, SEORANG KOMANDAN PERANG DARI ARAB YANG MAMPU MENAKLUKKAN BEBERAPA WILAYAH DISANA MEMBUAT ISLAM NAIK DAUN DI KALANGAN MASYARAKAT. PADA ABAD X, SINAR ISLAM MULAI MENCORONG DI SEMUA NEGERI DAN MENJADI FAKTOR PENTING DALAM KERAJAAN KHAZARI KAGAN YANG SAAT ITU KEKUASAANNYA DIPEGANG OLEH KAUM YAHUDI. DALAM PERKEMBANGANNYA, MENURUT SEORANG AHLI GEOGRAFI ASAL ARAB, ABU ISKHAK AL-ISTARKHI, DI IBUKOTA TERDAPAT LEBIH DARI 8000 PEMELUK ISLAM DENGAN 30 MASJID. KELOMPOK TERBESAR KEDUA ADALAH KRISTEN OTHODOKS DAN DIIKUTI OLEH YAHUDI. MULAI SAAT ITULAH TERJADI SEBUAH PERIMBANGAN KEKUATAN DEMOGRAFIS PEMELUK ISLAM DAN KRISTEN YANG HINGGA SAAT INI TERUS TERJAGA.
  3. 3. 2. KAZAN, KOTA SANTRI DI RUSIA KEHARMONISAN DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA SANGAT JELAS TERLIHAT DI JANTUNG KOTA. DI KOMPLEKS PEMERINTAHANNYA YANG BIASA DISEBUT KREMLIN DALAM BAHASA RUSIA, TERDAPAT KATEDRAL TUA KRISTEN ORTODOKS, PERKANTORAN, DAN MASJID NAN INDAH YANG BERNAMA KUL SYARIF. BAHKAN, DI DEPAN GEREJA TUA TERSEBUT BERDIRI TEGAK DUA PATUNG TOKOH AGAMA ISLAM YANG SEDANG MEMEGANG ALQURAN. INILAH SATU-SATUNYA KREMLIN DI RUSIA YANG DIDALAMNYA ADA MASJIDNYA. SEKITAR 50 PERSEN PENDUDUK KOTA KAZAN MEMELUK AGAMA ISLAM SEDANGKAN MAYORITAS KEDUA ADALAH KAUM ORTODOKS. SETIAP TAHUN, DI KAZAN DILAKUKAN ANEKA KEGIATAN KEISLAMAN SEPERTI HALAL EXPO, PERAGAAN BUSANA MUSLIMAH, MUSLIM FILM FESTIVAL HINGGA KONFERENSI TENTANG HAJI TINGKAT DUNIA. DI KOTA INI, KEMANAPUN ANDA PERGI AKAN MELIHAT MASJID DAN WANITA BERJILBAB CUKUP MODIS. BAHKAN SAAT BERSUA, UCAPAN SALAM DENGAN JELAS MENGEMUKA. ADAPUN UNGKAPAN YANG PALING TERKENAL YAITU RAHMAT YANG BERARTI TERIMA KASIH. KALAU BEGINI, TIDAK MENGHERANKAN BANYAK TURIS KEMUDIAN MENYEBUT KAZAN SEBAGAI THE GATE OF ISLAM IN RUSSIA.
  4. 4. 3. WISATA MASJID DI KAZAN MENURUT MASYARAKAT SETEMPAT, MASJID KUL SYARIF MERUPAKAN MASJID PALING INDAH DAN TERBESAR DI EROPA. MEMANG SIH, DARI SISI ARSITEKTUR RUMAH IBADAH YANG DIDOMINASI WARNA BIRU INI TERASA SANGAT MENONJOL DENGAN MENARA-MENARANYA YANG SANGAT TINGGI. ARSITEK DI DALAMNYA SANGAT UNIK: LANGIT-LANGIT BERTATAHKAN AYAT-AYAT SUCI BERWARNA EMAS, MIHRAB YANG DIHIASI KISWAH KA'BAH, MIMBAR YANG MENJULANG SERTA KARPET YANG SANGAT HALUS. DALAM RUANGAN DENGAN TIGA TINGKAT DI BAGIAN PINGGIRNYA INI DIHIASI KALIGRAFI NAMA-NAMA ALLAH, MUHAMMAD SERTA PARA SAHABAT NABI. KHUSUS DI BAGIAN TENGAHNYA, SEBUAH LAMPU KRISTAL BESAR MENGGANTUNG DENGAN CANTIKNYA. JANGAN SALAH, MESKI SEDANG DIPAKAI UNTUK IBADAH, UMAT NON ISLAM BISA MASUK KE MASJID INI, DENGAN SYARAT RAPI, MENUTUP AURAT DAN WANITANYA DIPINJAMI KERUDUNG. KEPADA MEREKA DISEDIAKAN TANGGA KHUSUS UNTUK MASUK DAN BISA MENIKMATI KEINDAHAN MASJID SERTA MELIHAT PROSESI IBADAH SECARA LANGSUNG. PENGAMBILAN FOTO JUGA DIPERBOLEHKAN SELAMA TIDAK MENGGANGGU DAN TIDAK MENGGUNAKAN BLITZ. MASJID KEBANGGAAN INI PERSIS BERADA DI PUNCAK BUKIT YANG DIKELILINGI DANAU DAN SUNGAI. ADAPUN KOTA KAZAN BERADA DI LEMBAH DARI BUKIT DIMAKSUD. DENGAN DEMIKIAN, MASJID KUL SYARIF MENJADI SANGAT MENYOLOK, BISA DILIHAT DARI SEMUA ARAH, DAN DI MALAM HARI SUNGGUH SANGAT MENARIK MATA KARENA DISOROT LAMPU WARNA WARNI DARI SEMUA PENJURU. KUL SYARIF ADALAH NAMA IMAM MASJID YANG JUGA PEJUANG KAZAN PADA ABAD 16. SETELAH KERUNTUHAN UNI SOVIET, RERUNTUHAN MASJID TEMPATNYA MEMIMPIN SALAT DIBANGUN KEMBALI. ADA YANG MENYEBUT MASJID ITU BERKIBLAT KE MASJID BIRU DI TURKI. MASJID KUL SYARIF MULAI DIBANGUN KEMBALI TAHUN 1995 SETELAH KEJATUHAN UNI SOVIET. MASJID INI TAK SEKADAR TEMPAT IBADAH, NAMUN JUGA MENJADI TEMPAT KULTURAL, PENDIDIKAN DAN PUSAT PERINGATAN KEAGAMAAN.
  5. 5. 4. CANTIKNYA KOTA KAZAN DIMUSIM PANAS BILA MUSIM PANAS TIBA, WAJAH KOTA KAZAN BENAR-BENAR BERSOLEK DENGAN CANTIKNYA, PENUH BUNGA YANG BERTEBARAN DI SETIAP SUDUT KOTA UNTUK MENYEMARAKKAN MUSIM PANAS DI KAZAN YANG MEMANG DIKENAL CANTIK DI MUSIM PANAS. JALANAN KREMLIN YANG LEBAR DIHIASI DENGAN BERBAGAI BUNGA ANEKA WARNA DI KIRI KANANNYA, SERTA BANGKU-BANGKU UNTUK REHAT SEJENAK. MENYUSURI KREMLIN KAZAN MEMANG TIDAK AKAN TERASA LELAH KARENA LANDSKAP YANG INDAH SEPANJANG MATA MEMANDANG, DI SINI, BANYAK PASANGAN MUDA-MUDI BERGANDENGAN TANGAN MENYUSURI KREMLIN SAMBIL BERCENGKRAMA. SUNGGUH ROMANTIS!, PADA KETINGGIAN KREMLIN, KITA JUGA BISA MELIHAT PEMANDANGAN KAZAN YANG DILEWATI SUNGAI LEBAR DENGAN LELUASA. HAWA YANG SEJUK TERASA MENYEGARKAN. PADA TAHUN 2000, KREMLIN KAZAN MASUK DAFTAR UNESCO SEBAGAI WARISAN BUDAYA DAN ALAM DUNIA. KREMLIN KAZAN KINI MENJADI TUJUAN WISATA FAVORIT DI TATARSTAN. DI SINI KITA BISA MENIKMATI SEJARAH YANG TERBANGUN SEJAK ABAD SEBELUM MASEHI SERTA KEINDAHAN ARSITEKTUR BANGUNAN-BANGUNAN YANG TERSEBAR. KREMLIN KAZAN YANG MEMILIKI LUAS 13 HEKTAR DAN DIKELILINGI TEMBOK PUTIH SEPANJANG 1.800 METER DILENGKAPI DENGAN BANGUNAN- BANGUNAN BERARSITEKTUR INDAH SEPERTI SELAIN MASJID KUL SYARIF, KATEDRAL ANNUNCIATION, MENARA SPASSKAYA, MUSEUM SENI NASIONAL 'KHAZINA', KANTOR PRESIDEN TATARSTAN, MENARA SYUYUMBIKE, MESOLEUM, DAN MASIH BANYAK LAGI.
  6. 6. 5. KULINER KHAS KAZAN BERKUNJUNG KE KAZAN, TIDAK LENGKAP RASANYA BILA TIDAK MENCICIPI KULINER KHAS KOTA INI. SALAH SATUNYA ADALAH KAZY, MAKANAN APETISER INI ADALAH MAKANAN TRADISIONAL SEPERTI- SOSIS YANG BERAKAR DARI MASAKAN TRADISIONAL TURKI. KAZY BIASA DISAJIKAN PADA DASTARKHAN, YAITU KOMPOSISI MENU LENGKAP YANG BIASA DISAJIKAN PADA SETIAP FESTIVAL MAKANAN // KAZY DIBUAT DARI DAGING RUSUK KUDA YANG DIPOTONG DAN DIGANTUNG SELAMA 5 SAMPAI 7 JAM UNTUK MENIRISKAN DARAHNYA. USUS KUDA KEMUDIAN DICUCI BERSIH DAN DIRENDAM DALAM AIR GARAM SELAMA 1 SAMPAI 2 JAM. DAGING DARI RUSUK YANG TELAH DIGANTUNG DIBERI GARAM DAN BUMBU DENGAN LADA DAN BAWANG PUTIH, DAN DITUTUP DENGAN KAIN SELAMA 2 SAMPAI 3 JAM. KEMUDIAN USUS YANG SUDAH DIBERSIHKAN DIISI DENGAN DAGING DARI RUSUK TERSEBUT DAN KEDUA UJUNG USUS DIIKAT. SETELAH SELESAI PERSIAPAN INI, KAZY DAPAT DIASAPKAN ATAU DIGANTUNG SAJA SAMPAI KERING SELAMA SEMINGGU DI BAWAH CAHAYA MATAHARI DAN DIBIARKAN TERBUKA UNTUK DIANGIN-ANGINKAN. PENGASAPAN DILAKUKAN DALAM ASAP TEBAL 50 SAMPAI 60 DERAJAT SELAMA 12 SAMPAI 18 JAM. SEBELUM DISAJIKAN, KAZY DIMASAK TERLEBIH DAHULU DALAM AIR MENDIDIH SELAMA 2 JAM. KAZY YANG TELAH MATANG DIIRIS DENGAN KETEBALAN 1 CM DAN DISAJIKAN DENGAN BAWANG MERAH DAN SAYURAN MUSIMAN.
  7. 7. 5. KULINER KHAS KAZAN BERKUNJUNG KE KAZAN, TIDAK LENGKAP RASANYA BILA TIDAK MENCICIPI KULINER KHAS KOTA INI. SALAH SATUNYA ADALAH KAZY, MAKANAN APETISER INI ADALAH MAKANAN TRADISIONAL SEPERTI- SOSIS YANG BERAKAR DARI MASAKAN TRADISIONAL TURKI. KAZY BIASA DISAJIKAN PADA DASTARKHAN, YAITU KOMPOSISI MENU LENGKAP YANG BIASA DISAJIKAN PADA SETIAP FESTIVAL MAKANAN // KAZY DIBUAT DARI DAGING RUSUK KUDA YANG DIPOTONG DAN DIGANTUNG SELAMA 5 SAMPAI 7 JAM UNTUK MENIRISKAN DARAHNYA. USUS KUDA KEMUDIAN DICUCI BERSIH DAN DIRENDAM DALAM AIR GARAM SELAMA 1 SAMPAI 2 JAM. DAGING DARI RUSUK YANG TELAH DIGANTUNG DIBERI GARAM DAN BUMBU DENGAN LADA DAN BAWANG PUTIH, DAN DITUTUP DENGAN KAIN SELAMA 2 SAMPAI 3 JAM. KEMUDIAN USUS YANG SUDAH DIBERSIHKAN DIISI DENGAN DAGING DARI RUSUK TERSEBUT DAN KEDUA UJUNG USUS DIIKAT. SETELAH SELESAI PERSIAPAN INI, KAZY DAPAT DIASAPKAN ATAU DIGANTUNG SAJA SAMPAI KERING SELAMA SEMINGGU DI BAWAH CAHAYA MATAHARI DAN DIBIARKAN TERBUKA UNTUK DIANGIN-ANGINKAN. PENGASAPAN DILAKUKAN DALAM ASAP TEBAL 50 SAMPAI 60 DERAJAT SELAMA 12 SAMPAI 18 JAM. SEBELUM DISAJIKAN, KAZY DIMASAK TERLEBIH DAHULU DALAM AIR MENDIDIH SELAMA 2 JAM. KAZY YANG TELAH MATANG DIIRIS DENGAN KETEBALAN 1 CM DAN DISAJIKAN DENGAN BAWANG MERAH DAN SAYURAN MUSIMAN.

×