DASAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI MAHASISWA /
MAHASISWI
KELOMPOK 1
NAMAANGGOTA KELOMPOK :
1. DANAR MAHESAAGNI ( D11011...
LATAR BELAKANG
MAHASISWA ADALAH SUBJEK PELAJAR YANG TELAH MEMASUKI PERIODE DIMANA PADA USIANYA DIA
DAPAT MELAKUKAN PILIHAN...
TUJUAN MAHASISWA MEMPELAJARI DASAR PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
1. MAHASISWA MAMPU MENJADI WARGA NEGARA YANG MEMILIKI PANDAN...
PENTINGKAH ETIKA
UNTUK MAHASISWA/I !!!
MAHASISWA PADA DASARNYA MERUPAKAN SUBJEK ATAU PELAKU DIDALAM
PERGERAKKAN PEMBAHARUA...
APABILA MAHASISWA ATAU MAHASISWI MASIH BELUM MENYADARI BETAPA
PENTINGNYA ETIKA DIDALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER-KARAKTER SEOR...
DENGAN MEMAHAMI PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI
MAHASISWA, DIHARAPKAN KITA DAPAT MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN-
KEMAMPUA...
PERLU DI INGAT !!!
MAHASISWA MERUPAKAN KELOMPOK TERPENTING DALAM SEBUAH
MASYARAKAT MEMILIKI KEWAJIBAN YAITU UNTUK MENUNTUT...
Nächste SlideShare
Wird geladen in …5
×

Dasar pendidikan kewarganegaraan bagi mahasiswa

494 Aufrufe

Veröffentlicht am

Pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk mahasiswa, karena mahasiswa merupakan pencetus perubahan untuk negara nya dan mahasiswa haruslah ber etika baik sesuai dengan norma-norma yang diajarkan dalam pendidikan kewarganegaraan, pancasila uud 1945 dan lain-lain.

Veröffentlicht in: Bildung
0 Kommentare
0 Gefällt mir
Statistik
Notizen
  • Als Erste(r) kommentieren

  • Gehören Sie zu den Ersten, denen das gefällt!

Keine Downloads
Aufrufe
Aufrufe insgesamt
494
Auf SlideShare
0
Aus Einbettungen
0
Anzahl an Einbettungen
4
Aktionen
Geteilt
0
Downloads
1
Kommentare
0
Gefällt mir
0
Einbettungen 0
Keine Einbettungen

Keine Notizen für die Folie

Dasar pendidikan kewarganegaraan bagi mahasiswa

  1. 1. DASAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI MAHASISWA / MAHASISWI KELOMPOK 1 NAMAANGGOTA KELOMPOK : 1. DANAR MAHESAAGNI ( D1101141001 ) 2. ADINDA PUTRI ( D1101141007 ) 3. DESI APRIANTO ( D1101141038 )
  2. 2. LATAR BELAKANG MAHASISWA ADALAH SUBJEK PELAJAR YANG TELAH MEMASUKI PERIODE DIMANA PADA USIANYA DIA DAPAT MELAKUKAN PILIHAN TINDAKAN YANG BERTANGGUNG JAWAB, KARENA ITULAH PENDIDIKAN MORAL DAN AKADEMIS SANGATLAH MENUNJANG PRIBADI SEORANG MAHASISWA. KEPRIBADIAN MAHASISWA AKAN TUMBUH SEIRING DENGAN WAKTU DAN MENGALAMI PROSES PEMBENAHAN, PEMBEKALAN, PENENTUAN, DAN AKHIRNYA PEMUTUSAN PRINSIP DIRI. PENDIDIKAN DISINI ADALAH SUMBER HIDUP MAHASISWA, KARENA DALAM PROSESNYA MENJADI PENGELOLA NEGARA, MASYARAKAT MASA DATANG, DIPERLUKAN ILMU YANG CUKUP UNTUK DAPAT MENDUKUNG KOKOHNYA PENDIRIAN SUATU NEGARA. PENDIDIKAN MATERI ATAU AKADEMIS DIBERIKAN MAHASISWA UNTUK MELAKSANAKAN TUGASNYA PADA JURUSAN TERTENTU AGAR DAPAT TURUT MEMAJUKAN BANGSA DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL. PIHAK UNIVERSITAS BERFUNGSI UNTUK MENYEDIAKAN ATAU MEMFASILITASI MAHASISWA MENJADI SEORANG YANG MANDIRI, TERPELAJAR, BERMORAL, DAN BERETIKA. UNIVERSITAS DAN FAKULTAS BERKEWAJIBAN UNTUK MENGATUR KURIKULUM SEDEMIKIAN RUPA AGAR DAPAT MEMASUKAN KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI AWAL MASA PERKULIAHAN MAHASISWA.
  3. 3. TUJUAN MAHASISWA MEMPELAJARI DASAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 1. MAHASISWA MAMPU MENJADI WARGA NEGARA YANG MEMILIKI PANDANGAN DAN KOMITMEN TERHADAP NILAI-NILAI DEMOKRASI DAN HAM 2. MAHASISWA MAMPU BERPARTISIPASI DALAM UPAYA MENCEGAH DAN MENGHENTIKAN BERBAGAI TINDAK KEKERASAN DENGAN CARA CERDAS DAN DAMAI 3. MAHASISWA MEMILIK KEPEDULIAN DAN MAMPU BERPARTISIPASI DALAM UPAYA MENYELESAIKAN KONFLIK DI MASYARAKAT DENGAN DILANDASI NILAI-NILAI MORAL, AGAMA, DAN NILAI-NILAI UNIVERSAL 4. MAHASIWA MAMPU BERPIKIR KRITIS DAN OBJEKTIF TERHADAP PERSOALAN KENEGARAAN, HAM, DAN DEMOKRASI, AGAR MAHASISWA MAMPU MEMEBRIKAN KONTRIBUSI DAN SOLUSI TERHADAP BERBAGAI PERSOALAN KEBIJAKAN PUBLIC
  4. 4. PENTINGKAH ETIKA UNTUK MAHASISWA/I !!! MAHASISWA PADA DASARNYA MERUPAKAN SUBJEK ATAU PELAKU DIDALAM PERGERAKKAN PEMBAHARUAN ATAU SUBJEK YANG AKAN MENJADI GENERASI- GENERASI PENERUS BANGSA DAN MEMBANGUN BANGSA DAN TANAH AIR KEARAH YANG LEBIH BAIK DITUNTUT UNTUK MEMILIKI ETIKA. ETIKA BAGI MAHASISWA DAPAT MENJADI ALAT KONTROL DIDALAM MELAKUKAN SUATU TINDAKAN. ETIKA DAPAT MENJADI GAMBARAN BAGI MAHASISWA DALAM MENGAMBIL SUATU KEPUTUSAN ATAU DALAM MELAKUKAN SESUATU YANG BAIK ATAU YANG BURUK, OLEH KARENA ITU MAKNA ETIKA HARUS LEBIH DIPAHAMI KEMBALI DAN DIAPLIKASIKAN DIDALAM LINGKUNGAN MAHASISWA YANG REALITANYA LEBIH BANYAK MAHASISWA YANG TIDAK SADAR DAN TIDAK MENGETAHUI MAKNA ETIKA DAN PERANAN ETIKA ITU SENDIRI.
  5. 5. APABILA MAHASISWA ATAU MAHASISWI MASIH BELUM MENYADARI BETAPA PENTINGNYA ETIKA DIDALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER-KARAKTER SEORANG PENERUS BANGSA DAN NEGARA, AKANKAH BANGSA INDONESIA UNTUK DIMASA YANG AKAN DATANG DI ISI OLEH PENERUS-PENERUS BANGSAYANG BERETIKA ...??? AKAN DILETAKKAN DIMANAKAH WAJAH INDONESIA NANTI APABILA BANGSA INDONESIA DIBANGUN OLEH JIWA-JIWA YANG PENUH DENGAN KECURANGAN DAN TIDAK BERETIKA ...???
  6. 6. DENGAN MEMAHAMI PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI MAHASISWA, DIHARAPKAN KITA DAPAT MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN- KEMAMPUAN, SEBAGAI BERIKUT : 1. BERPIKIR SECARA KRITIS, RASIONAL, DAN KREATIF DALAM MENGHADAPI BERBAGAI MASALAH KEWARGANEGARAAN. 2. BERPATISIPASI SECARA AKTIF DAN BERTANGGUNG JAWAB, SERTA BERTINDAK SECARA CERDAS DALAM KEGIATAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA. 3. BERKEMBANG SECARA POSITIF DAN DEMOKRATIS UNTUK MEMBENTUK DIRI BERDASARKAN PADA KARAKTER-KARAKTER MASYARAKAT INDONESIA AGAR DAPAT HIDUP SECARA BERDAMPINGAN DENGAN SESAMA.
  7. 7. PERLU DI INGAT !!! MAHASISWA MERUPAKAN KELOMPOK TERPENTING DALAM SEBUAH MASYARAKAT MEMILIKI KEWAJIBAN YAITU UNTUK MENUNTUT ILMU, MENGUASAI ILMU DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH AGAR MENJADI SEORANG YANG BERGUNA YANG MENGAPLIKASIKAN ATAU MENGEMBANGKAN DISIPLIN ILMUNYA BAGI LINGKUNGAN TEMPAT IA TINGGAL, MEMATUHI PERARTURAN YANG BERLAKU, SEBUAH PERARTURAN YANG TIDAK MENYIMPANG DARI KETETAPAN HUKUM-HUKUM ALLAH DAN NILAI-NILAI SERTA NORMA-NORMA YANG ADA, SELAIN ITU MAHASISWA JUGA HARUS MEMAINKAN PERANAN PENTING SEBAGAI PENCETUS PERUBAHAN DAN REVOLUSI.

×